Cakratara.com – Resmi dilantik, pengukuhan pengurus Karang Taruna Rampak Desa Situregen Kecamatan Pangggarangan masa bakti 2024-2027 diselenggarakan di aula balai Desa, tepatnya pada Minggu (10/2/24), siap membangun Desa.

Acara diawali pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars Karang Taruna.

Pelantikan dihadiri dan disaksikan Ketua Karang Taruna Kecamatan panggarangan, Nazruli Dwi Wijaya, Kepala Desa Situregen diwakili Sekretaris Desa situregen Agus Tarmawan, Ketua BPD Situregen Dede Suryadi, Pegiat Desa tanggap bencana  Ahmad Firman Afandi , Ketua Domisioner Karangtaruna Sekaligus Ketua KNPI Kecamatan Panggarangan Dede Heriansah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda setempat.

Ketua Karang Taruna terpilih, Deni dalam sambutannya usai dilantik  mengatakan, Karang Taruna merupakan organisasi kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan masyarakat. Dengan adanya Karang taruna, menjadi wadah menampung aspirasi masyarakat khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

“Kami akan bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahtraan sosia,l terutama yang dihadapi generasi muda baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan generasi muda di Desa Situregen, kami siap membangun Desa,” lontar Deni.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Panggarangan, Nazruli mengapresiasi pengurus yang sudah dilantik dan berharap menjadi generasi yang bisa membawa perubahan di masyarakat.

Dia juga berpesan bahwa peran organisasi masyarakat dan organisasi pemuda diharapkan membantu kerja-kerja Pemerintah dalam berbagai aspek.

“Untuk itu Kami berharap Karang Taruna selalu bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintahan Desa, dan pemerintah Kelurahan, serta seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program Pemerintah dalam mengawal visi misi dalam menjalankan roda Pemerintahan,” pesannya.

Sementara Kepala Desa Sitturegen dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa Situregen Agus Tarmawan, berpesan usai Ketua Karang Taruna terpilih, jangan cuma sekedar seremonial belaka atau tuk cing, tetapi buatlah suatu gebrakan-gebrakan.

“Jadi tantangan untuk Karang Taruna yang baru saja dilantik ini, kita tunggu inovasi apa yang akan diberikan kepada Pemerintah,” ujarnya.

Agus Juga juga menginginkan pengurus untuk selalu bersinergi dengan pemerintah kecamatan, Desa/Kelurahan dalam membangun dan pembinaan UKM di masyarakat.

Reporter:
Dede