PANDEGLANG, CAKRATARA – Tim relawan kesehatan Respon Cepat Badan Darurat Kemanusiaan (RC Badak) cabang Kabupaten Pandeglang menyediakan Rumah Singgah Pasien (RSP) gratis bagi keluarga pasien yang kurang mampu guna mengoptimalkan pelayanan pasien dan keluarga pasien.

Pengadaan unit RSP tersebut diinisiasi langsung oleh para relawan pendamping kesehatan warga Kabupaten Pandeglang yang beralamat di depan RS Berkah Jalan Labuan Kampung Cikoneng, Desa Palurahan, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Salah seorang penggagas, Robi mengatakan, bahwa memang masih membutuhkan bantuan dan perhatian dari Pemkab Pandeglang melalui Dinas terkait. Karena, kata dia, selama ini pengadaan RSP masih membiayai sendiri atau gotong royong swadaya para anggota relawan.

“Pemerintah Kabupaten Pandeglang memang memiliki rumah singgah yang terletak di Kadu pereng Pandeglang, namun lokasi tersebut terlalu jauh sehingga keluarga pasien harus merogo uang transportasi yang cukup lumayan. Bukan hanya itu saja, waktu juga habis di jalan sehingga kita tidak bisa nungguin pasien,” kata Robi pada Senin (29/3/21).

Dikatakan Robi, RSP ini sudah ada 3 bulan dengan biaya murni hasil swadaya para relawan, tidak menggunakan dana anggaran dari pemerintah.

”RSP ini gratis, bila memang ada masyarakat (pasien) dari dalam atau luar Pandeglang, yang berobat ke RSUD pandeglang, namun tidak punya biaya untuk menginap atau tidur selama pasien dirawat, silahkan saja pakai RSP yang sudah disediakan,” kata Robi.

Pihak pengelola menyebutkan, RSP ini sewa perbulannya sekitar Rp 1.5 juta, uangnya berasal dari sumbangan beberapa relawan kesehatan (pendamping).

”Tidak hanya gratis menginap saja, pasien yang bersangkutan juga mendapatkan pelayanan lainnya, seperti makan dan minum seadanya,” ujarnya.

Sementara, Warga Pandeglang, Yeni membenarkan adanya rumah singgah gratis untuk pasien yang hendak berobat ke RSUD Pandeglang.

“Bagi yang membutuhkan bantuan kekurangan biaya silahkan saja datang ke RSP gratis tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Karena kami bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan untuk membantu warga tidak mampu yang memerlukan pendampingan kesehatan,” kata Yeni.

”Dalam sehari ada sekitar dua sampai tiga pasien, kalau seminggu bisa mencapai puluhan dengan berbagai macam penyakit yang kita bantu sesuai kemampuan. Nah, dengan pendampingan kesehatanlah kami bantu warga yang memang tidak mampu itu,” imbuhnya.

Sumimah yang salah seorang relawan RSP mengharapkan adanya bantuan dari Pemkab Pandeglang melalui dinas terkait.

“Memang selama ini masih belum ada bantuan dari pihak manapun. Untuk diketahui, RSP ini murni hasil gagasan atau ide dari para relawan Pandeglang,” terangnya.

Diketahui, Rc Badak Pandeglang adalah satu wadah relawan yang membidangi kesehatan bagi warga masyarakat yang tidak mampu atau di bawah garis kemiskinan khususnya di Kabupaten Pandeglang dan umumnya Provinsi Banten dan siap bersinergi dengan pihak terkait.

Samsuni
Cakratara.com 2021