Connect with us

Metropolitan

Pemkab Tangerang Amankan Kebutuhan Pangan Menjelang HKBN

Published

on

(Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengamankan kebutuhan pangan untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok

KABUPATEN TANGERANG, CAKRATARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengamankan kebutuhan pangan untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.

Pemkab Tangerang, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Dr. Aziz Gunawan, MM menjelaskan, berdasarkan perhitungan prognosa kebutuhan dan ketersediaan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tahun 2021 ada peningkatan kebutuhan pangan sebesar 5-10 % jika dibandingkan dengan bulan biasa.

“Berdasarkan analisis prognosa kebutuhan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), kebutuhan pangan di bulan April dan Mei 2021 meningkat sebesar 10% dikarenakan bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” ucap Aziz saat di wawancarai tim liputan Diskominfo Pemkab Tangerang.

Dikatakannya, ada 11 komoditas pangan strategis yang digunakan untuk menghitung neraca antara ketersediaan dan kebutuhan pangan di suatu daerah, yaitu beras, jagung, cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

“Untuk komoditas beras, jagung, daging ruminansia (sapi, kerbau, kambing dan domba), daging unggas (ayam dan itik) serta telur dalam kondisi mencukupi, sedangkan untuk komoditas cabe merah, cabe rawit, bawang merah serta bawang putih karena produksi lokal di Kabupaten Tangerang tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka komoditas tersebut didatangkan dari luar Wilayah Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Alih fungsi lahan pertanian menyebabkan jumlah produk pertanian tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Tangerang. Selain itu, kondisi geografis Kabupaten Tangerang serta rendahnya minat masyarakat untuk menekuni bidang pertanian (tanaman pangan dan hortikiltura) menjadi kendala lain rendahnya produksi hasil pertanian.

Estiminasi ketersediaan pangan pada bulan April-Mei hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H untuk beras mencapai kurang lebih 79.000 ton sedangkan cabe merah sebanyak kurang lebih 2.300 ton dan bawang merah 1.800 ton dengan tambahan pasokan dari luar Wilayah Kabupaten Tangerang.

Jika dilihat dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala yang berarti dalam penyediaan komoditas pangan pokok.

“Dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala dalam penyediaan komoditas pangan pokok tetapi berdasarkan kondisi tahun sebelumnya, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi COVID-19 maka terjadi penurunan daya beli konsumen,” tutupnya.

Anton Hermawan
Cakratara.com

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Metropolitan

Polsek Cigeulis Menjelang Pilkades Gelar Apel Linmas

Published

on

Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Pandeglang, Polsek Cigeulis Polres Pandeglang

PANDEGLANG, CAKRATARA – Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Pandeglang, Polsek Cigeulis Polres Pandeglang melaksanakan apel Linmas di halaman Mapolsek Cigeulis, Jum’at ( 15/10/2021 ).

Menurut Kapolsek Cigeulis, apel Linmas yang dilakukan Polsek Cigeulis ini, berkenaan dengan tinggal beberapa hari lagi pelaksanaan Pilkades serentak 2021 di Kabupaten Pandeglang.

Dalam hal ini, tentunya dituntut untuk kesiapan pengamanan dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Pandeglang ini. Sehingga kesiapan anggota Linmas dalam membantu pengamanan di TPS perlu diberi bekal ilmu dan keterampilan supaya Pilkades serentak khususnya di Kecamatan Cigeulis aman dan kondusif, kata Kapolsek Cigeulis.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Cigeulis juga menekankan, agar Linmas ikut mensukseskan Pilkades yang aman dan damai, untuk itu diberikan pembekalan ilmu pengetahuan agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan di TPS nanti bisa maksimal.

Dalam arahannya Kapolsek Cigeulis
Iptu Bayu Triatmaka juga berpesan, agar anggota Linmas dalam melaksanakan tugasnya untuk menjaga ketertiban dan pengamanan di TPS harus peka dan tanggap. Mendahulukan yang lansia dan ibu hamil serta tetap menjaga protokol kesehatan, agar tidak terjadi kluster baru covid- 19 dan tetap melekat menjaga kotak suara dari TPS sampai di desa, katanya.

Kapolres pandeglang AKBP Belny Warlansyah, kepada seluruh Polsek jajaran Polres pandeglang menghimbau, guna memastikan kesiapan Linmas yang akan ditugaskan di TPS, agar dalam tugasnya nanti bisa menjadi mitra Polri dalam mengatasi gangguan Kamtibmas di lokasi TPS, ujar Kapolres Pandeglang.

Sebagai penutup sambutan, Kapolsek Cigeulis tidak lupa berdo’a bersama agar kita semua diberikan kesehatan serta kelancaran dalam pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Cigeulis,” pungkasnya.

yeyen Sudrajat
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading

Metropolitan

Silaturahmi ke Ulama Berharap Kamtibmas Aman

Published

on

ANDEGLANG, CAKRATARA – Mendekati Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 di Kabupaten Pandeglang yang direncanakan akan berlangsung pada 17 Oktober 2021, Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah lakukan silaturahmi kesejumlah tokoh agama dan masyarakat, Rabu (13/10/2021).

Kapolres didampingi Kasat Intel Polres Pandeglang AKP Sely melawat ke kediaman KH Abuya Muhtadi, pimpinan pondok pesantren salafi, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang-Banten

Selain bersilaturahmi, kunjungan Kapolres menemui tokoh agama dan masyarakat juga untuk menjalin sinergitas membantu dalam menjaga kamtibmas yang kondusif berkaitan akan diselenggarakannya Pilkades Serentak.

“Selain bersilaturahmi kunjungan kami menemui Abuya Muhtadi untuk membicarakan tentang situasi kamtibmas. Saya berharap doa dan dukungan dari para tokoh agama agar dalam gelaran pilkades serentak di wilayah hukum Polres Pandeglang selalu dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Kapolres.

Selain masalah kamtibmas, Kapolres juga berharap dukungan dari tokoh agama untuk menyukseskan program vaksinasi dengan menyampaikan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami meminta dukungan untuk disampaikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi itu aman dan halal untuk digunakan karena sudah melalui uji klinis dan fatwa MUI. Percepatan program vaksinasi harus sesuai target pemerintah,” ungkap Belny.

Yeyen Sudrajat
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending