Connect with us

Metropolitan

Pemkab Tangerang Amankan Kebutuhan Pangan Menjelang HKBN

Published

on

(Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengamankan kebutuhan pangan untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok

KABUPATEN TANGERANG, CAKRATARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) mengamankan kebutuhan pangan untuk mengetahui ketersediaan bahan pokok pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.

Pemkab Tangerang, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Dr. Aziz Gunawan, MM menjelaskan, berdasarkan perhitungan prognosa kebutuhan dan ketersediaan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) tahun 2021 ada peningkatan kebutuhan pangan sebesar 5-10 % jika dibandingkan dengan bulan biasa.

“Berdasarkan analisis prognosa kebutuhan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), kebutuhan pangan di bulan April dan Mei 2021 meningkat sebesar 10% dikarenakan bertepatan dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” ucap Aziz saat di wawancarai tim liputan Diskominfo Pemkab Tangerang.

Dikatakannya, ada 11 komoditas pangan strategis yang digunakan untuk menghitung neraca antara ketersediaan dan kebutuhan pangan di suatu daerah, yaitu beras, jagung, cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula pasir dan minyak goreng.

“Untuk komoditas beras, jagung, daging ruminansia (sapi, kerbau, kambing dan domba), daging unggas (ayam dan itik) serta telur dalam kondisi mencukupi, sedangkan untuk komoditas cabe merah, cabe rawit, bawang merah serta bawang putih karena produksi lokal di Kabupaten Tangerang tidak mencukupi kebutuhan masyarakat, maka komoditas tersebut didatangkan dari luar Wilayah Kabupaten Tangerang,” terangnya.

Alih fungsi lahan pertanian menyebabkan jumlah produk pertanian tidak sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Tangerang. Selain itu, kondisi geografis Kabupaten Tangerang serta rendahnya minat masyarakat untuk menekuni bidang pertanian (tanaman pangan dan hortikiltura) menjadi kendala lain rendahnya produksi hasil pertanian.

Estiminasi ketersediaan pangan pada bulan April-Mei hingga Hari Raya Idul Fitri 1442 H untuk beras mencapai kurang lebih 79.000 ton sedangkan cabe merah sebanyak kurang lebih 2.300 ton dan bawang merah 1.800 ton dengan tambahan pasokan dari luar Wilayah Kabupaten Tangerang.

Jika dilihat dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala yang berarti dalam penyediaan komoditas pangan pokok.

“Dari aspek rantai tata niaga tidak ada kendala dalam penyediaan komoditas pangan pokok tetapi berdasarkan kondisi tahun sebelumnya, dikarenakan masih dalam kondisi pandemi COVID-19 maka terjadi penurunan daya beli konsumen,” tutupnya.

Anton Hermawan
Cakratara.com

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Metropolitan

MKD Bojonggede Salurkan Santunan ke Anak Yatim

Published

on

Mitra Kamtibmas Depok (MKD) Sektor Bojonggede melaksanakan amanat dari donatur untuk menyalurkan bantuan santunan kepada anak yatim

DEPOK, CAKRATARA – Mitra Kamtibmas Depok (MKD) Sektor Bojonggede melaksanakan amanat dari donatur untuk menyalurkan bantuan santunan kepada anak yatim di wilayah Perumahan HTM Resident 2 Pabuaran Bojonggede, Kota Depok, Jawa Barat pada Sabtu (15/1/22).

Dalam acara silahturahmi bulanan MKD Sektor Bojonggede memberikan santunan kepada 15 anak yatim.

Saat dikonfirmasi melalui telepon, Ketua Umum Mitra Kamtibmas Depok, Yayat Supriyatna mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kegiatan bulanan yang dilakukan Mitra Kamtibmas Depok Sektor Bojonggede dengan berbagi santunan kepada anak anak yatim.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan Mitra Kamtibmas Depok Sektor Bojonggede untuk menyalurkan rezekinya sehingga sampai kepada yang membutuhkan yaitu anak anak yatim dan bisa terlaksana dengan sukses,” kata Yayat Supriyatna.

“Pesan saya agar menjaga nama baik MKD, karena kalian juga MKD ini menjadi dikenal warga masyarakat khususnya di Kota Depok. Tetap kompak saling memberi dukungan dan kerjasama yang baik kepada semua sektor se-Kota Depok dengan menjaga aturan dan Tupoksi organisasi MKD sendiri,” tambah Yayat Supriyatna.

Senada dengan Yayat Supriyatna, Ketua MKD Sektor Bojonggede, Arisanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada donatur yang telah mempercayakan amanat untuk memberikan bantuan kepada anak yatim.

“Saya mensuport semua kegiatan kegiatan yang sekiranya baik buat kebaikan bersama. Saya mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah mempercayakan amanat kepada Mitra Kamtibmas Depok khususnya Sektor Bojonggede untuk memberikan santunannya kepada yang membutuhkan. Semoga amal baik kita semua diterima oleh AllAh SWT,” ucap Arisanto.

“Dari hasil evaluasi kita tadi dari sektor akan mencoba menyantuni anak yatim per 3 bulan yang akan disesuaikan dari dana yang masuk,” tutupnya.

Frans AP
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading

Metropolitan

Karang Taruna Jatiuwung Adakan Rapat Pra Temu Karya

Published

on

Pengurus Karang Taruna Kecamatan Jatiuwung mengadakan rapat pra temu karya yang dipimpin oleh ketua dihadiri jajarannya

TANGERANG, CAKRATARA – Pengurus Karang Taruna Kecamatan Jatiuwung mengadakan rapat pra temu karya yang dipimpin oleh ketua dihadiri jajarannya di Aula Kantor Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang pada Jumat (14/1/22).

Sebagai Ketua Karang Taruna masa khidmat 2016-2021, A. Nur Syarif mempersilahkan kepada teman-teman untuk membentuk susunan panitia pelaksana temu karya yang benar-benar berkompeten dan mampu melaksanakan kegiatan ini.

“Saya menyampaikan kepada kawan-kawan agar segera membentuk susunan panitia pelaksana, setelah terbentuk nanti dibuat susunan acaranya yang benar-benar baik. Semua bekerja secara profesional, karena karang taruna ini tonggak kegiatan pemuda khususnya,” ucap Nur Syarif

Mengenai pertanyaan pencalonan dirinya maju kembali menjadi Ketua Karang Taruna periode berikutnya, Nur Syarif hanya tersenyum dan mengatakan bagaimana nanti.

“Saya pribadi belum menentukan sikap mengenai mencalonkan menjadi karang taruna periode yang akan datang, kita lihat nanti bagaimana situasinya, jika memang sudah ketentuannya saya maju, insya Allah saya akan maju kembali,” kata Nur Syarif.

Nur Syarif berharap, semuanya kondusif tidak ada perpecahan di internal Karang Taruna Jatiuwung. Kegiatan temu karya menghasilkan ide-ide yang baik untuk masa depan karang taruna Jatiuwung.

“Saya berharap kegiatan temu karya nanti berjalan dengan baik, mengahasilkan gagasan untuk kemajuan karang taruna, serta bisa menghasilkan pemimpin yang baik juga, panitia harus netral jika memang nanti ada beberapa yang mencalonkan Ketua Karang Taruna untuk periode berikutnya,” tutup Nur Syarif.

Rapat Pra Temu Karya ini menunjuk Sahrul sebagai ketua pelaksana, Dicky sebagai sekretaris dan mustofa sebagai bendahara, serta bidang-bidang lainnya.

Mustofa Ali
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending