Connect with us

Metropolitan

Inpres Nomor 2 instruksikan Perlindungan Pekerja

Published

on

Inpres Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) setelah disahkan

JAKARTA, CAKRATARA – Inpres Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) setelah disahkan menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk memastikan perlindungan jaminan sosial kepada pekerja di wilayahnya tanpa terkecuali pekerja rentan dan pegawai pemerintahan non-ASN.

Dalam Inpres Nomor 2 Tahun 2021 tersebut ditujukan kepada seluruh elemen pemerintahan, yakni 19 Menteri, Jaksa Agung, 3 Kepala Badan termasuk Ketua DJSN tingkat pusat, 34 Gubernur, 416 Bupati dan 98 Walikota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya Sugiarto menyambut baik.

Menurutnya, Inpres Nomor 2 tahun 2021 ini berkomitmen sangat kuat untuk melindungi tenaga kerja, baik formal, nonformal, rentan hingga pegawai pemerintah Non ASN.

“Ada beberapa hal yang akan kami lakukan, salah satunya mensosialisasikan substansi Inpres ke seluruh anggota, karena ini merupakan landasan bagi kita,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor saat ditemui di kediamannya, Rabu (7/4/2021).

Kedua, sambung Bima, dirinya bakal melakukan perencanaan penganggaran, melakukan komunikasi dengan para stakeholder agar pola jaminan ini bisa diterapkan tidak hanya mengandalkan APBD, termasuk mensosialisasikan ke masyarakat luas terutama segmen pekerja.

Disinggung mengenai upaya mendorong kepesertaan khususnya pekerja rentan, Bima mengaku, sudah melakukan komunikasi dengan anggota DPRD Kota Bogor dalam menyusun Peraturan Daerah.

“Saya sudah meminta untuk disusun regulasinya, kita sudah komunikasi dengan dewan agar segera disusun Perda, karena sudah ada Inpresnya.  Semua akan kita lakukan, karena ini juga dalam rangka mengentaskan kemiskinan,” tegas Bima.

Di tempat yang sama, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin menjelaskan, pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi, promosi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait program ini serta manfaatnya bagi masyarakat.

“Kami juga akan berkolaborasi dan menjaring partnership. Seperti hari ini, kita saat ini ketemu dengan ketua Apeksi Bima Arya Sugiarto. Kita tidak bisa sendiri, ada tiga pihak yang bakal kita gandeng. Yaitu, pemerintah, pengusaha dan teman-teman serikat pekerja,” kata dia.

Ke depan, masih kata dia, pihaknya akan melakukan komunikasi, menggerakan tim dari pusat dan daerah, agar segera melakukan koordinasi dengan pemerintah di masing-masing daerah.

“Karena pimpinan daerah merupakan sosok pengambil kebijakan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat, salah satunya jaminan sosial,” ujarnya.

Sejalan dengan Zainudin, Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Asep Rahmat Suwandha yang turut hadir pada pertemuan itu berharap, apa yang akan dilakukan oleh Bima Arya mampu menjadikan Kota Bogor sebagai barometer pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan dan menjadi contoh bagi pemerintah kota lainnya di Indonesia.

“Sebagai badan penyelenggara tentunya kami akan melaksanakan apa yang sudah diamanahkan kepada kami, tujuan Inpres ini sangat mulia untuk kesejahteraan seluruh pekerja. Kami sangat mengapresiasi komitmen dari Pak Bima sebagai Walikota Bogor sekaligus sebagai Ketua Apeksi dan semoga optimalisasi program jamsostek segera terwujud di seluruh Indonesia,” kata Asep.

Eko Nugriyanto Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten menambahkan untuk mensukseskan Inpres tersebut internal BPJAMSOSTEK membuat gerakan yang diberi nama I-Project.

“Kami ikut mensukseskan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dengan gerakan yang kami beri nama I-Project,” tutup Eko.

Samsuni
Cakratara.com

Redaksi Cakratara.com melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI, apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Metropolitan

Badak Banten DPD Kota Tangerang Berbagi Tali Asih di Cibodas

Published

on

Badak Banten DPD Kota Tangerang bekerja sama dengan wonder food dan Karang Taruna Cibodas berbagi nasi box dan snack berjumlah 300 kotak

TANGERANG, CAKRATARA – Ormas Badak Banten DPD Kota Tangerang bekerja sama dengan wonder food dan Karang Taruna Cibodas berbagi nasi box dan snack berjumlah 300 kotak yang berlangsung di Cibodas kecil, Kelurahan Cimone, Kota Tangerang, Banten pada Rabu (16/6/2021).

Pembagian nasi box dan snack dimulai pukul 11.00 WIB dengan menerjunkan sedikitnya 50 Anggota Badak Banten Kota Tangerang dari Ketua sampai pengurus semuanya ikut andil dalam membagikan nasi box dan snack.

Ketua Badak Banten DPD Kota Tangerang, Gilang mengatakan, kegiatan bakti sosial ini dengan tema “berbagi tak pernah rugi”.

“Dengan ini kita berbagi nasi box dan 300 snack semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua pada khususnya warga sekitar dan pengguna jalan pada umumnya,” ucapnya.

Dikatakannya, kegiatan ini bagian dari program DPD Badak Banten Kota Tangerang yang kerja sama dengan wonder food dan Karang Taruna Cibodas.

“Kegiatan ini menjadi program dan agenda bagi Badak Banten Kota Tangerang. Semoga dengan adanya kegiatan berbagi nasi kotak dan sncak bisa membantu warga yang membutuhkanya,” harapnya.

“Dalam kegiatan pembagian nasi box dan snack kami tetap mematuhi protokol kesehatan yang tidak lupa dengan 3 M,” tutupnya.

Pembagian nasi box dan snack berjumlah 300 kotak yang dilakukan oleh Ormas Badak Banten Kota Tangerang tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah Cibodas Kota Tangerang.

Anton Hermawan
Cakratara

Continue Reading

Metropolitan

Ketum IKKT PWA Pimpin Sertijab Ketua Harian

Published

on

(Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Nanny Hadi Tjahjanto memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab)

JAKARTA, CAKRATARA – Ketua Umum (Ketum) Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) Ny. Nanny Hadi Tjahjanto memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua Harian IKKT Pragati Wira Anggini dan Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Gabungan I Staf Umum TNI dari Ny. Ati Ganip Warsito kepada Ny. Atiek Eko Margiyono, bertempat di Kantor IKKT Pusat, Jln Proklamasi No.33 Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/6/2021).

Dalam sambutannya Ketum IKKT PWA menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letjen TNI Ganip Warsito, yang telah dengan tulus ikhlas memberikan segenap dedikasinya dalam membina IKKT Pragati Wira Anggini Gabungan 1 Staf umum TNI sehingga organisasi berjalan menjadi semakin baik dan berperan nyata dalam lingkungan TNI.

“Terima kasih tak terhingga juga saya sampaikan kepada Ny. Ati Ganip Warsito, atas segala kerja nyata yang telah Ibu berikan sehingga IKKT PWA mendapat tempat yang istimewa di hati anggotanya. Tak lupa pula saya mengucapkan selamat menjalankan tugas di satuan yang baru, semoga senantiasa diberikan kesuksesan,” ujarnya.

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa walaupun Ny. Ati Ganip sudah tidak tergabung dalam IKKT PWA lagi, mengharapkan bantuan pemikiran dan ide-ide dari Ny. Ganip untuk kemajuan organisasi. “Maka dengan diangkatnya Ny. Ati Ganip sebagai Staf Ahli IKKT PWA, saya berharap Ibu dapat terus memberikan inspirasi dan ide-ide yang ibu miliki demi kepentingan kesejahteraan anggota IKKT PWA khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya,” ujarnya.

“Saya juga mengucapkan selamat atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada Bapak Letjen TNI Eko Margiyono sebagai Pembina IKKT PWA Gabungan 1 serta Ny. Atiek Eko Margiyono sebagai Ketua Harian IKKT PWA juga selaku Ketua Gabungan 1.

Ketum IKKT PWA yakin dan percaya bahwa dengan bekal pengalaman yang bapak-Ibu miliki selama ini dan didasari komitmen, rasa tulus ikhlas, serta kerja keras dalam melaksanakan tugas, maka amanah ini dapat dilaksanakan dan dipertanggung jawabkan dengan sebaik-baiknya.

“Kita semua menyadari bahwa dalam memajukan dan meningkatkan organisasi tentunya tidak selamanya dapat berjalan dengan mulus sesuai yang kita harapkan, ada saja kendala dan hambatan yang kita hadapi bersama. Namun kesemuanya itu dapat kita selesaikan dengan bekerjasama yang harmonis,” tutupnya.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, M.A. ( Pembina harian IKKT), Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., Aslog Panglima TNI Marsda TNI Sujatmiko G.S.,M.Sc dan Kolonel Caj H.M. Zaid (Pembina IKKT Gabungan I Staf Umum TNI.

Asep Supena
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending