LEBAK, CAKRATARA – Para pengusaha dan perwakilan perusahan luar memprotes lelang tender besi eks pabrik PT Samudra Banten Jaya (SBJ) yang berlokasi di blok Lebak Pucung Kampung Cikoneng Desa Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kabupaten LebakĀ  Provinsi Banten.

Pasalnya, lelang tender besi tersebut diduga ada rekayasa sehingga menuai protes dari para pengusaha.

Perwakilan pengusaha dari Kabupaten Pandeglang, Jhoni mengatakan, dugaan adanya rekayasa tersebut terlihat ketika humas perusahan yang memberikan informasi berbeda.

“Ketika dikonfirmasi via WA pagi hari meng-iyakan bahwa belum ada perusahaan manapun yang masuk atau pegang SPK dan akta notaris. Namun, saat ditemui langsung di rumahnya pada sore harinya memberikan keterangan yang sangat tidak masuk akal,” kata Jhoni kepada awak media, Rabu (24/3/2021).

Menurut Jhoni, Humas PT SBJ yang diberikan wewenang untuk mengumumkan lelang tender besi eks pabrik oleh manajemen atau pimpinan perusahaan kurang profesional dalam memberikan penjelasan yang kadang tidak bisa dimengerti.

“Kita tahu jumlah dan keadaan fisik barang dan jarak tempuh angkut, yang paling mencengangkan diharga,” papar Jhoni.

Lebih lanjut, Jhoni menuturkan, bahwa menurut keterangan ketua tim potong di lokasi mengatakan harga di lokasi/pabrik besi sudah dipotong di bawah Rp 5000,- ( lima ribu rupiah ) tapi ketika dikonfirmasi ke humas lebih dari Rp 5000,- ( lima ribu rupiah ).

“Kesal saya denger penjelasan dari humas ini. Sampai sampai ketua tim potong menyarankan agar saya langsung saja ke kantor ke Pak Bos-nya saja, kalau melalui TB ribet,” ketus Jhoni.

Hal serupa juga dialami warga setempat GN, ketika menanyakan terkait lelang tender, paginya TBE ngomong belum ada yang masuk/deal perusahaan manapun. Sore harinya saat ditemui di rumahnya memberikan keterangan bahwa sudah ada yang masuk salah satu perusahaan, bahkan akta notarisnya malam ini sudah ada.

“Sungguh sangat sangat tidak profesional TBE selaku humas sebuah perusahaan,” ujar GN.

Sementara itu, saat ditemui awak media, TBE mengatakan, bahwa memang ada 3 (tiga) perusahaan yang mau ikut lelang tender limbah besi yang ada di PT SBJ, tapi semuanya mentok di uang deposit.

“Tidak begitu juga kawanku, benar ada tiga perusahaan yang datang untuk mengajukan lelang tender eks besi PT SBJ ini, namun semuanya mentok di uang deposit yang 50 persen dari total barang yang jumlah barangnya sekitarĀ  1 milyar. Akhirnya pihak perusahaan menjual sendiri ke pabrik peleburan di Tangerang,” tutup TBE.

Asep D Mulyadi
Cakratara.com 2021