Connect with us

Pendidikan

Sekitar 18 PKBM Di Kabupaten Lebak Selenggarakan ANBK Mandiri

Herdi S

Published

on

By

Sekitar 18 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) menyelenggarkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK Pendidikan

Cakratara.com – Sekitar 18 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) menyelenggarkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK Pendidikan Kesetaraan Paket C, yang di selenggarakan secara mandiri di lembaganya masing-masing, tepatnya pada gelombang pertama sekitar tanggal 29 Agustus sampai dengan tanggal 1 September 2022, dan gelombang kedua pada tanggal 3-4 September 2022, dengan jadwal sesuai yang telah di tentukan oleh Kemendikbud Republik Indonesia.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat ANBK, merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk melakukan evaluasi dalam rangka pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan Pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

Salah satu satuan pendidikan yang menyelenggarakan ANBK adalah PKBM atau Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Termasuk PKBM yang ada di wilayah kabupaten Lebak. Habibullah selaku Ketua Forum Komunikasi PKBM (FK-PKBM) Lebak menuturkan pada awak media, bahwa ada 29 satdik PKBM yang menyelenggarakan ANBK dengan jumlah sampling 1145 siswa terdiri dari Paket A 24 siswa, Paket B 244 siswa, dan Paket C 877 siswa. Pelaksanaan ANBK dibagi 3 gelombang, dan sebagian besar satdik PKBM melaksanakan ANBK di gelombang Jalur Khusus (Sabtu-Minggu). Waktu pelaksanaan ANBK Jalur Khusus untuk Paket C pada tanggal 3-4 September, Paket B pada tanggal 24-25 September dan Paket A pada tanggal 29-30 Oktober. Tutur Habib pada awak media, Sabtu (03/09/2022).

“Alhamdulillah, tahun ini dari 29 PKBM, ada sekitar 18 PKBM yang menyelenggarakan ANBK secara mandiri, mudah-mudahan tahun depan semua PKBM dapat menyelenggarkan ANBK secara mandiri. Ini tentunya harus mendapat apresiasi dari kami pengurus Forum atas komitmen para pengelola PKBM untuk mensukseskan ANBK. Imbuhnya

Lebih lanjut Habib mengatakan, “Terkait kendala teknis dan dukungan sarana prasarana sarana, dapat dikordinasikan dengan tim teknis ANBK Kabupaten dan Dinas Pendidikan melalui bidang terkait yakni Bidang PAUD Dikmas agar pelaksanaan ANBK dapat berjalan optimal dan sesuai harapan,” terangnya.

Advertisement

Di tempat terpisah, Iim Saripudin selaku Ketua PKBM Cundamani Kecamatan Cihara Kabupaten Lebak, mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK Kesetaraan Paket C PKBM Cundamani Tahun ini di selenggarakan secara mandiri, dan dikuti oleh 45 siswa Paket C pada gelombang pertama 26-27 Agustus 2022 kemarin.

Sementara itu, di sela-sela monitoring kegiatan ANBK Pendidikan Kesetaraan Paket C, Eti Suhartini selaku Kasi Kurikulum Bidang PAUD Dikmas Kabupaten Lebak, menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pengelola PKBM yang telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan ANBK, serta mengapresiasi lembaga PKBM yang telah turut aktif dalam mengatasi anak usia sekolah yang tidak sekolah, sehingga ke depan tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak terlayani baik oleh sekolah formal maupun nonformal. Ujar Eti Suhartini

“Kami berterimakasih kepada seluruh Pengelola PKBM, Tutor dan Warga Belajar yang mengikuti ANBK Kesetaraan Paket C, semoga hasil Asesmen tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications