SUKABUMI, CAKRATARA – Agro wisata Gunung wayang di Desa Gunung endut Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi terus berbenah agar semakin mempesona. Alam segar di kawasan kaki gunung menyajikan suasana penyejuk yang bernuansa hiburan dan kuliner membuat kenyamanan dan pengunjung semakin betah.

Kreatif para pemuda desa gunung endut menjadikan sebuah wahana mempesona dengan gaya paduan alam dan konsep modern, berdiri pesolek diantara sawah dan gunung agro wisata gunung wayang semakin menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Selain pas untuk rekreasi keluarga, agro wisata gunung wayang juga pas untuk acara acara reuni ataupun silaturahmi, gerbang dengan paduan suasana bali dan sunda menambahkan ke elokan tersendiri di lokasi tersebut.

Dede Kepala desa gunung endut, Dede yang aktif dan kreatif mengelola wahana agro wisatagunung wayang menjadi sekarang ini menuturkan di tempat wisata gunung wayang saat ini tengah dalam tahap pembangunan wisata water boom.

“Ke depanya para pengunjung selain menikmati pemandangan dan kuliner bisa main air juga dengan air pegunungan yang jernih dan bersih , selain water boom juga sekarang disini sudah ada flaying fox, dengan tarip sangat terjangkau pengunjung dapat melayang di ketinggian untuk melihat pemandangan dari atas langsung, disini sudah disiapkan para tenaga ahli yang sudah berpengalaman untuk memberikan keamanan pada pengunjung yang ingin mencoba sensasi ketinggian” tutur dede kepala desa gunung endut.

Ujil salah satu tangan kreative di gunung wayang menjelaskan di bawah arahan kepala desa gunung endut kami para pemuda disini dan juga warga sekitar sangat terbantu, para pemuda secara bertahap jumlahnya sudah jadi bagian pekerja, para warga bisa menghasilkan uang juga dengan berjualan di tempat kuliner yang di sediakan” terang ujil

Hal positip dan terobosan pemikiran yang berupa ide kepala desa gunung endut menjadikan inspirasi bagi desa desa lain untuk menciptakan sesuatu yang bisa memberdayakan dan memberikan penghasilan bagiwisata yang kini tengah gencar di gemborkan pemerintah menjadi salah satu yang sebaiknya di terapkan bagi desa desa yang puya potensi tempat wisata,

Nandang Setiawan (Meionk)
Cakratara