Connect with us

Metropolitan

Ahli Waris di Kedoya Memohon Walikota Jakbar Bongkar Tanah Salah Duduk

Published

on

Ahli waris tanah memohon Walikota Jakarta Barat agar membongkar lokasi bangunan yang diduga bermasalah di Jalan Pilar/Kampung

JAKARTA, CAKRATARA – Ahli waris tanah memohon Walikota Jakarta Barat agar membongkar lokasi bangunan yang diduga bermasalah di Jalan Pilar/Kampung Tipar RT004 RW 03 Kelurahan Kedoya Selatan, Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat yang telah terpasang papan segel dari pihak Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Kecamatan Kebon Jeruk.

Namun, selang sehari papan segel hilang atau dicopot dari dinding bangunan tersebut. Sampai saat ini belum diketahui siapa pelaku yang dengan sengaja mencopot papan segel tersebut.

Berdasarkan hasil investigasi dari berbagai sumber, lokasi kepemilikan tanah tersebut sedang dalam permasalahan yang mana telah terjadi pembangunan di atas tanah yang bermasalah terdapat bangunan yang diperkirakan berdiri di atas tanah seluas sekitar 550 meter persegi dan diperuntukan untuk sarana olahraga komersil.

Ahli waris tanah memohon Walikota Jakarta Barat agar membongkar lokasi bangunan yang diduga bermasalah di Jalan Pilar/Kampung

Dicopotnya papan segel tersebut pelaku telah melakukan pelanggaran sebagaimana diatur Perda nomor 1 tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Perda nomor 7 tahun 2010 tentang Bangunan Gedung dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 128 tahun 2012 tentang pengenaan sanksi pelanggaran penyelenggaraan bangunan gedung yang berbunyi ”Barang siapa dengan sengaja memutus, membuang atau merusak penyegelan suatu benda oleh atau atas nama penguasa umum yang berwenang dengan cara lain mengagalkan penutupan dengan segel diancam dengan pidana penjara paling lama 2 tahun 2 bulan (Pasal 232 ayat 1 KUHP).

Oleh karenanya, pihak CKTRP/Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat agar segera melaporkan ke pihak kepolisian guna mengejar siapa pelaku yang sengaja mencopot papan segel tersebut sekaligus memberi efek jera bagi masyarakat maupun oknum- oknum tertentu.

Advertisement

Permasalahan lain dari bangunan sarana olahraga tersebut sejak berbulan-bulan memasang papan IMB nomor 156 tertanggal 19 Agustus 2021 dengan peruntukan R5/Rumah Tinggal Besar.

Selama itu pihak CKTRP Kecamatan Kebon Jeruk Jakbar tidak melakukan pengawasan secara ketat atas keabsahan papan IMB tersebut yang diduga bodong.

Hal itu baru terungkap secara de fakto papan IMB itu benar-benar bodong. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Unit Pelaksana PTSP Kec Kebon Jeruk, Agus Darmawan yang menyatakan ”Tidak ada nomor izin dimaksud”.

Agus menegaskan hal itu dalam suratnya tertanggal 17 Desember 2021 membalas surat Sulaeman yang mengklaim atas nama ahli waris di atas tanah bangunan tersebut.

Karenanya oleh pemilik bangunan atau konstraktor papan IMB bodong itu langsung dicopot. Anehnya seminggu kemudian dipasang lagi papan IMB yang baru No.164 dengan R4/rumah tinggal sekala kecil tertanggal 26 Agustus 2021.

Advertisement

Sulaeman selaku atas nama ahli waris tanah dimaksud kepada pihak awak media mengatakan mengklaim bahwa tanah tersebut dalam keadaan bermasalah. Pihaknya telah mengirim surat ke BPN Jakarta Barat guna dilakukan pemblokiran atas sertifikat yang dikeluarkan BPN setempat.

“Kami selaku ahli waris tanah di daerah akan melayangkan surat ke Walikota Jakarta Barat agar membongkar bangunan yang salah duduk di lokasi tanah kita,” tandasnya.

Terpasang papan segel tanggal 18 Januari 2022 dari pihak CKTRP kecamatan Kebon Jeruk dan tanggal 19 Januari 2022 papan segel rahib atau hilang.

“Kami meminta kepada Walikota Jakarta Barat Cq Tramtib Kantor Walikota untuk segera membongkar bangunan dimaksud. Apalagi bangunan dimaksud jelas-jelas melanggar peruntukan yakni dari kawasan rumah tinggal kecil dibangun sarana olahraga komersil yang tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan gangguan bagi masyarakat sekitar karena kebisingan dan timbul kemacetan dengan banyaknya lalulalang kendaraan roda 2 maupun roda 4,” tutupnya.

Sementara kepala Unit CKTRP Kebon Jeruk, Citra yang dihubungi awak media, Jumat (23/1/22) kemaren sedang tidak ada di tempat hingga berita ini ditayangkan.

Advertisement

Achmad Sulaiman (Eman)
Cakratara

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications