Connect with us

Metropolitan

Badak Banten Ranting Cibodas Surati Lurah Cibodas Soal Pemilihan RT-RW

Published

on

(Badak Banten) Ranting Kelurahan Cibodas Kecamatan Cibodas Kota Tangerang menyurati dan mendatangi Lurah Cibodas bentuk apresiasi

TANGERANG, CAKRATARA – Pengurus Ormas Badan Aspirasi Dan Apresiasi Kemajemukan Banten (Badak Banten) Ranting Kelurahan Cibodas Kecamatan Cibodas Kota Tangerang menyurati dan mendatangi Lurah Cibodas bentuk apresiasi dan aspirasi Badak Banten kepada Lurah Cibodas terkait surat yang di layangkan oleh Lurah Cibodas kepada Pengurus RT/RW se Kelurahan Cibodas perihal rencana peremajaan Pengurus RT/RW se Kelurahan Cibodas.

Menurut Ues selaku Ketua Ranting Badak Banten Kelurahan Cibodas yang juga Tokoh Pemuda Cibodas, bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua RT/RW harus mengacu kepada Peraturan Daerah Walikota Tangerang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga, Juncto Peraturan Walikota Tangerang Nomor 24 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011.

“Badak Banten adalah ormas yang salah satu visi dan misinya mengawal, dan mengkritisi kebijakan Pemerintah dalam hal ini mendapatkan pengaduan dari beberapa warga yang ada di Kelurahan Cibodas terkait adanya indikasi beberapa Ketua RT/RW untuk melanggengkan jabatan padahal sudah menjabat selama 3 periode bahkan lebih,” kata Ues kepada wartawan pada Senin (22/11/21).

Dikatakannya, sebagaimana Perwal, hal tersebut tidak di perbolehkan kecuali setelah dilakukan penjaringan oleh Panitia tetapi tidak ada yang mencalonkan, maka Ketua RT/RW tersebut diperbolehkan mencalonkan kembali walaupun sudah menjabat 3 (tiga) periode.

Menurutnya, yang sudah-sudah ada beberapa RT/RW yang tidak membentuk kepanitiaan dan tidak terbuka untuk melakukan penjaringan calon ketua RT/RW akan tetapi membuat berita acara seolah-olah sudah di laksanakan pemilihan dan tetap memilih kembali Ketua RT/RW yang masih menjabat.

“Mirisnya hal tersebut diketahui bahkan diberikan SK Pengangkatan kembali sebagai RT/RW oleh oknum Lurah yang sebelum-sebelumnya, hal ini mengakibatkan kerugian bagi masyarakat yang mempunyai hak untuk di pilih, karena tidak mempunyai kesempatan untuk mencalonkan dikarenakan tidak jelasnya kepanitiaan dan prosesur pelaksanaan pemilihan,” ujar Ues.

Dalam surat tersebut Badak Banten Ranting Cibodas memperingatkan kepada Lurah Cibodas agar memperhatikan;

1) Mendata para Ketua RT/RW yang jabatannya sudah lebih dari 3 (tiga) periode berturut-turut atau lebih, serta menggali dan mencari informasi terkait dengan wilayah-wilayah potensi konflik karena menurut hasil pulbaket ada beberapa warga yang akan mencaonkan sebagai Ketua RT/RW akan tetapi hak nya tersebut selalu terhalangi karena ulah beberapa oknum RT/RW yang ingin melanggengkan jabatan dengan tanpa membentuk dan tanpa melakukan proses yang sesuai dengan Perda dan Perwal, dan hal tersebut sudah terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, dan parahnya lagi hal tersebut diketahui bahkan diberikan SK oleh oknum lurah sebelum-sebelumnya, dan agar hal tersebut tidak terjadi lagi;

2) Menolak pengajuan Ketua RT/RW terpilih apabila tidak dilakukan tanpa Kepanitiaan dan Prosesi Pemilihan yang benar sesuai Perda dan Perwal;

3) Tidak memberikan Surat Penetapan untuk Ketua RT/RW terpilih yang mengajukan kepada Lurah tanpa Kepanitiaan dan Prosesi Pemilihan yang tidak benar dan tidak sesuai Perda dan Perwal, apabila dilakukan maka Badak Banten akan mengadakan Aksi Massa dan juga mengawal masyarakat yang hak nya di rugikan dengan menempuh jalur hukum baik itu pidana maupun gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara;

4) Bahwa Badak Banten sebagai Organisasi Kemasyarakatan di lingkungan Kelurahan Cibodas siap berpartisipasi dan bersinergi serta mengawal prosesi pemilihan Ketua RT/RW se Kelurahan Cibodas agar sesuai dengan Perda dan Perwal, baik mengawal Pemerintah maupun mengawal masyarakat agar hak-hak nya tidak dirugikan untuk memilih dan dipilih.

“Surat tersebut ditujukkan kepada Lurah Cibodas dan kami tembuskan kepada Camat, Inspektorat, Walikota dan DPRD Kota Tangerang dengan maksud agar hal ini benar-benar menjadi perhatian Pemkot Tangerang secara serius,” tutup Ues.

Azis Fuad
Cakratara

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Metropolitan

Ormas dan Komunitas Kota Depok Salurkan Bantuan ke Korban Gempa Banten

Published

on

Ormas dan komunitas Kota Depok menyalurkan bantuan kemanusian bagi korban gempa di Kampung Cikaung Desa Ujung jaya

DEPOK, CAKRATARA – Ormas dan komunitas Kota Depok menyalurkan bantuan kemanusian bagi korban gempa di Kampung Cikaung Desa Ujung jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Minggu (23/1/22).

Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh ormas dan komunitas Kota Depok tersebut tidak melihat sejauh atau seberat apapun tetap dilakukan dengan dasar kepedulian sosial terhadap sesama.

Diketahui, beberapa minggu lalu terjadi gempa yang mengguncang dan memporak porandakan sebagian bangunan warga yang berada di wilayah Kampung Cikaung Desa Ujung jaya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang yang mengakibatkan rumahnya hancur dan sebagian hanya retak tak beraturan.

Organisasi masyarakat (Ormas) dan komunitas Kota Depok yang peduli kemanusiaan bersama sama merapatkan barisan berkumpul untuk menyatukan persepsi mengumpulkan sebagian rezeki untuk membantu korban yang terkena dampak akibat gempa bumi di wilayah Banten yang diserahkan secara langsung kepada korban gempa yang dikawal dan diarahkan oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang pada Minggu (23/01/2022).

Organisasi masyarakat dan komunitas yang tergabung dalam aksi kemanusiaan membantu korban gempa di Pandeglang Banten dikoordinasikan oleh
MKD : Mitra Kamtibmas Depok
KAC : Komunitas Anak Citayam
YAAD: Yayasan Abbas Amanah Depok
Bonponter :Bojong Pondok Terong
GSD: Guyub Sahabat Depok
KCT : Kamtibmas Cimanggis Tapos

Bantuan yang rencana langsung diberikan kepada warga masyarakat yang terdampak gempa bumi diterima langsung oleh Sardan selaku kepala desa (Kades) Ujung jaya dan disaksikan dari BPBD, BNPB Banten dan dari warga masyarakat yang terkena dampak gempa.

“Saya akan sampaikan amanah dari warga dan komunitas kota depok dan dari BPBD Banten akan saya sampaikan. Karena itu hak warga dan masyarakat mutlak yang terkena dampak gempa bumi,” ucap Sardan mengakhiri.

Frans AP
Cakratara

Continue Reading

Metropolitan

Turnamen Futsal Nias Faomakhoda Cup 21 Tangerang Resmi Ditutup

Published

on

Turnamen Futsal Faomakhoda Cup Open 2021 yang dimulai pelaksanaan kegiatan pada 12 Desember 2021 telah menghasilkan

TANGERANG, CAKRATARA – Turnamen Futsal Faomakhoda Cup Open 2021 yang dimulai pelaksanaan kegiatan pada 12 Desember 2021 telah menghasilkan pemenang dengan mendulang prestasi gemilang resmi ditutup.

Pertandinganyang sengit dan menegangkan telah dilalui dalam 5 kali pertemuan, semua tim yang turut dalam turnamen ini sebanyak 40 club telah menampilkan performa terbaik, terbukti hari ini telah terlaksana pertandingan Juara 1,2,3 dan harapan 4, Minggu (23/1/22).

Ketua Panitia Turnamen Futsal Faomakhöda Cup Open 2021, Septian Krisman Gulo S.E., merasa puas, bangga dan senang akan turnamen yang sudah berjalan. Mulai dari babak penyisihan, perempatan final, semi final dan hingga akhirnya final. Bahkan, Septian mengungkapkan bahwa panitia berusaha membuat kegiatan ini menjadi sebuah referensi bagi club lainnya dan membuat turnamen ini menjadi ajang bergengsi.

“Hal ini dibuktikan dengan menghadirkan wasit profesional yang bersertifikat disertai dengan pengalaman yang patut dibanggakan, bahkan dalam mempersiapkan turnamen ini, panitia menggandeng banyak pihak dalam memberikannya dukungan baik dana, maupun pemikiran positif yang membuat panitia makin bersemangat dan antusias,” kata Septian.

Salah satu pihak yang menjadi motivator bagi panitia pelaksana adalah TNI Ono Niha Jakarta Utara yang digawangi oleh Lettu Laut Pelaut Arisman Zalukhu, Serma Sukron Zebua, Sertu Flekmatis Gulö, Sersa Ken Gea Ken, Serka Lulusokhi Waruwu.

Dalam kesempatan ini, TNI Ono Niha Jakarta Utara menyumbangkan tropi kemenangan yakni juara 1, juara 2 dan 3 dari selonsong meriam dengan tipe yang berbeda Serta di desain dengan sangat Mewah.

Kesuksesan kegiatan ini juga tidak dapat dilepaskan dari dukungan Penasihat dan Pengurus Harian Faomakhöda yang tidak henti-hentinya mengawal dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Hal ini dibenarkan oleh Yarman Lombu Sebagai Ketua Pengurus Harian Faomakhöda bahwa seluruh pengurus dan anggota juga penasihat Faomakhöda tak henti-hentinya memberikan support sehingga kegiatan ini berjalan baik dan sukses.

Sertu FlekMatis Gulo selaku penasehat mengungkapkan sebaris pepatah Nias yang berbunyi “Aoha noro nilului wahea, aoha noro nilului faoso, alisisi tafadayadaya, hulu tafaolowaolo” yang berarti bahwa ketika semuanya bekerjasama dan turut mengambil bagian, maka apa yang direncanakan dapat dilaksanakan dan menjadi sebuah kesuksesan dan kebanggaan.

“Kami menghimbau agar para pemuda Ono Niha yang berada di perantauan tetap memelihara semangat muda yang kreatif dan inovatif,” ujar Sertu Flekmatis Gulo.

Teringat dengan ucapan seorang pesepakbola legendaris dari Jerman yang bernama Franz Anton Beckenbauer pernah berkata, “Bukan yang paling kuat yang akan menang, tetapi yang menang akan jadi yang kuat” dan perkataan tersebut telah dibuktikan oleh setiap peserta dalam turnamen ini. Sedaya upaya memberikan yang terbaik, permainan yang prima dengan polesan kekompakan.

“Semoga Turnamen Futsal Faomakhöda Cup Open 2021 menjadi inspirasi bagi banyak orang dan membawa manfaat bagi persatuan dan persaudaraan Ono Niha serta menambah kekayaan wacana dalam dunia olahraga,” tutupnya.

“Mens sana in corpore sano” adalah sebuah kutipan yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Semboyan olahraga ini menjadi salah satu inspirasi bagi Faomakhöda untuk menggalang semangat berolahraga dan giat dalam membina kerukunan kehidupan di tengah bangsa yang pluralis ini melalui Turnamen Futsal Faomakhöda Cup Open 2021 dalam rangka HUT FAOMAKHÖDA KE-IX.

Dalam memaknai sukacita akan usia Faomakhöda yang semakin bertambah, maka pengurus membentuk sebuah kepanitiaan yang diharapkan mampu untuk membakar semangat muda patriotis yang hidup dalam jiwa olahraga yang jujur dan sportivitas.

Anak-anak muda bangsa khususnya Ono Niha dalam perantau adalah generasi muda yang diharapkan kedepannya membawa angin segar dalam prestasi dan menjadi duta-duta perubahan dalam reformasi mental dan karakter. Terlebih dalam menyikapi perkembangan zaman dan teknologi yang semakin pesat setiap harinya.

Antorius Gulo
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending