BANYUWANGI, CAKRATARA – Proyek pembangunan rabat jalan dengan volume kurang lebih 400 meter yang berlokasi di Dusun Pancoran RT 002 RW 002 Desa Ketapang Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi dari anggaran Pemerintah Desa tahun 2021 diduga sangat jauh dari kelayakan.

Di lokasi pembangunan rabat jalan tersebut tidak ada papan Informasi proyek. Setelah ditanyakan kepada pelaksana kegiatan mengenai nilai anggaran pembangunan tersebut pelaksana menyampaikan bahwa masyarakat tidak perlu mengetahui nilai anggaran.

“Masyarakat tidak perlu tahu, karena rahasia negara,” katanya.

Sementara itu, warga sekitar saat di temui awak media sebut saja namanya Dino yang ditemui di seputar lokasi jalan, mengaku ada kejanggalan dari proses pekerjaan proyek rabat jalan tersebut.

“Ada pembangunan rabat jalan namun tidak ada transparansi dari pemerintah desa yang menjadi pelaksana kegiatan ini, baik berupa papan informasi, mengenai volume, nilai anggaran, dan waktu pengerjaan,” terang Dino.

Dikatakannya, masyarakat geram karena pembangunan ini dikerjakan asal jadi tidak sesuai dengan ketentuan, dan sekarang jalan yang seharusnya mengenakkan warga malah membahayakan seperti ini sangat memperihatinkan.

“Kami khawatir karena semenjak jalan ini bisa dilalui pasirnya keluar semua jadi jalannya menjadi licin, kami sangat menyayangkan adanya pengerjaaan yang tawur seperti ini,” ujarnya.

“Kami berharap aparat penegak hukum dan pihak terkait atau pengawas lapangan dapat turun langsung ke lokasi melihat kondisi jalan sebenarnya, dan segera menindak tegas petugas yang menjadi pelaksana pembangunan jalan tersebut karena sudah tidak sewajarnya proyek jalan karena ini jalan akses aktivitas masyarakat,” tutupnya.

Satrawi (Darwis)
Cakratara