Connect with us

TNI-Polri

Ombudsman Apresiasi Pencapaian Polda Banten Berantas Mafia Tanah

Published

on

SERANG, CAKRATARA – Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten Dedy Irsan menyampaikan apresiasi atas pencapaian dan inovasi yang dilakukan Polda Banten soal mafia tanah.

Kapolda Banten, Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho melalui Ditreskrimum Polda Banten yang dipimpin Kombes Martri Soni selaku Dirreskrimum menangkap sindikat pemalsu ratusan dokumen tanah berupa girik. Sindikat mafia tanah ini bekerja berdasarkan pesanan dengan keuntungan jutaan rupiah.

“Modusnya mencari keuntungan pribadi. Setelah ada permohonan ingin membuat girik palsu, dibuatkan oleh yang bersangkutan beserta jaringannya,” ujar Martri di Mapolda Banten Jalan Syekh Nawawi Al Bantani, Serang, Kamis (25/3/2021).

Dari laporan masyarakat itu, polisi bergerak menyelidiki kasus tersebut. Dari hasil penyelidikan mereka ternyata sindikat pembuat girik palsu yang bekerja di Banten dengan dugaan telah memalsukan ratusan dokumen girik.

“Ada 57 berkas baku tanah sudah siap didistribusikan ke pemesan. Cuma keburu ketangkap, ini sudah atas nama semua,” jelasnya.

Menurutnya, pemalsuan girik oleh sindikat ini hampir sempurna. Para tersangka memiliki blanko girik, jenis dokumen tanah, dokumen girik tahun 70 hingga 80-an. Bahkan, mereka mengumpulkan contoh tanda tangan pejabat-pejabat tanah di masa lalu.

“Sesuai arahan dari Presiden dan Kapolri untuk memberantas mafia tanah maka Kapolda Banten dan jajaran peka dan cepat mencium gerakan gerakan yang dilakukan oleh mafia tanah yang ada di Banten mengingat Provinsi Banten sebagai penyangga ibu kota dan masih banyak terdapat hamparan hamparan tanah yang luas yang bisa disalahgunakan oleh para mafia tanah dan dapat merugikan masyarakat,” tutur Martri.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI perwakilan Banten, Dedy mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan oleh Kapolda Banten dan jajarannya dalam memberantas sindikat pemalsu dokumen pertanahan serta mafia tanah yang ada di Banten.

Dedy juga meminta kepada BPN selaku stake holder bidang pertanahan untuk bersama-sama mendukung pemberantasan mafia tanah di Provinsi Banten.

“Kami juga siap berkolaborasi dengan Polda Banten untuk memberikan data data dan informasi terkait dugaan praktik mafia tanah yang perlu ditangani lebih lanjut untuk penegakan hukumnya agar masyarakat tidak mengalami kerugian yang besar,” tutup Dedy.

Samsuni
Cakratara.com 2021

 

 

Redaksi Cakratara.com melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI, apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Ciptakan Lingkungan Aman di Papua, TNI-Polri Wujudkan Sinergitas

Published

on

Tujuannya, untuk ciptakan lingkungan yang aman di wilayah Kabupaten Tolikara, khususnya Distrik Karubaga, sebagai wujud sinergitas TNI-Polri

TOLIKARA, CAKRATARA – Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS yang bertugas di wilayah Tolikara, Distrik Karubaga, Papua berkunjung ke kantor Polres Tolikara untuk menjalin hubungan kerja di lapangan dalam ciptakan lingkungan masyarakat yang aman dan damai.

Dalam kunjungan tersebut, Pos Satgas Pamrahwan TNI dipimpin Lettu Inf M. Iqbal Vahlepi dan diterima langsung oleh Wakapolres Tolikara Kompol Yosep Goran Geleuk di ruang kerjanya, Senin (21/6/2021).

Adapun maksud dan tujuan dari acara pertemuan antara Pos Satgas Pamrahwan dan Polres Tolikara adalah silaturahmi antara personel Satgas Yonif 751/VJS dengan unsur Polri yang berada di wilayah tersebut.

Tujuannya, untuk ciptakan lingkungan yang aman di wilayah Kabupaten Tolikara, khususnya Distrik Karubaga, sebagai wujud sinergitas TNI-Polri.

Dalam kesempatan kunjungan ini, Personel Polres Tolikara sedang melaksanakan kegiatan vaksinasi massal di wilayah Kabupaten Tolikara.

Wakapolres Tolikara mengapresiasi dengan baik maksud dan tujuan kedatangan Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS, dengan mengucapkan selamat datang di Tolikara, Distrik Karubaga yang merupakan daerah pusat pemerintahan Kabupaten Tolikara.

“Apa yang menjadi arahan pimpinan pusat TNI-Polri harus kita laksanakan dengan cara berbuat baik terhadap masyarakat karena di wilayah Tolikara ini masyarakat percaya terhadap TNI-Polri dalam menciptakan stabilitas keamanan. Jalin komunikasi yang baik dan lakukan pertukaran informasi yang positif dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Pos Karubaga merupakan Satgas Organik Kodam XVII/Cenderawasih yang selalu dekat dengan masyarakat Papua.

Dengan keberadaan Satgas Yonif RK 751/VJS diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat Distrik Karubaga dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Asep Supena
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

HUT Kodam I/BB, Kapolres Batu Bara Wujudkan Sinergitas TNI-Polri

Published

on

Kapolres Batu Bara bersama para Pejabat Utama melaksanakan kunjungan mewujudkan sinergitas dalam rangka merayakan HUT Kodam I Bukit Barisan

BATU BARA, CAKRATARA – Kapolres Batu Bara bersama para Pejabat Utama melaksanakan kunjungan mewujudkan sinergitas dalam rangka merayakan HUT Kodam I Bukit Barisan ke – 71 tanggal 20 Juni 1950 – 20 Juni 2021 ke Kodim 0208 / AS bertempat di Mako Kodim 0208/AS, Senin (21/6/21) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kegiatan sinergisitas TNI-Polri dalam rangka HUT Kodam I/BB tersebut dihadiri Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis,SH,MH, Wakapolres Batu bara Kompol Rudy Candra,SH,MM., Kabag Ops Polres batu bara Kompol Hendri Nupia Dinka Barus,SH,S.I.K,. Kabag Sumda Kompol Elfrida Lumba Raja,SE,.Kasat Binmas Akp M.Safi’i,.Kasat Narkoba Akp Sastrawan Tarigan,SH,MH,.Kasubbag Polres Batu bara Akp Zulham,(Plh) Kasdim Kapten. Inf. Jamil,Pasi Intel Kapten. Kav. Basri Lubis,Pasi Ops. Letda. S.M. Butar Butar,Pasi Ter. Letda. R. Damanik,Danramil 13/BP Kapten. Inf. Mulyanto,Personil Polres Batu Bara yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Serta Mitra Wartawan.

Rombongan Polres Batu Bara Tiba di Mako Kodim 0208/AS disambut oleh beberapa personel Kodim diantaranya, (plh) Kasdim Kapten. Inf. Jamil,Pasi Intel Kapten. (Kav)Basri Lubis,Pasi Ops. Letda. S.M. Butar Butar,Pasi (Ter) Letda. R. Damanik,Danramil 13/BP Kapten.(Inf) Mulyanto.

Dalam sambutannya, Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis,SH, MH,.mengucapkan selamat HUT TNI Kodam I/BB Ke 71. Kepada seluruh rekan-rekan kodim 0208/AS yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Asahan dan Batu Bara telah hadir menjalin sinergisitas TNI- Polri.

“Sejak saya resmi menjabat sebagai Kapolres Batu Bara sudah membuat agenda untuk selalu menjalin kekompakan serta meningkatkan sinergisitas dalam segala hal terutama menyambut HUT Kodam I/BB Ke 71 sekaligus pemotongan kue HUT Kodam I Bukit Barisan,” cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Polres Batu Bara melaksanakan pemotongan kue bersama PJU dan jajaran Kodim 0208/AS seraya mengucapkan rasa syukur masih bisa diberikan kesempatan dalam kunjungan ini.

Pisah sambut serta ucapan selamat dari Polres Batu Bara mengakhiri kunjungan sinergisitas TNI-Polri. Kegiatan ini berjalan lancar serta dalam situasi kondusif.

Rudi
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi