Cakratara.com – Proyek bendungan tanggap darurat Situ Cicinta yang berlokasi di Kampung Cicinta RT 06/RW 01, Desa Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak Banten, diduga proyek siluman.

Pasalnya, pada hari Kamis (13/06/24), beberapa gabungan dari Lembaga dan organisasi masyarakat selaku kontrol sosial saat mendatangi langsung ke lokasi proyek pembangunan Situ Cicinta, tidak melihat papan informasi pekerjaan yang dipasang, sehingga patut diduga ini adalah proyek siluman.

Berdasarkan Perpres nomor 54 tahun 2010, dan nomor 70 tahun 2012, dimana setiap pekerjaan pembangunan Fisik yang dibiayai Negara wajib memasang papan nama proyek dan memuat jenis kegiatan,lokasi proyek,nomor kontrak,waktu pelaksanaan proyek,waktu pengerjaan dan juga nilai biaya pembangunannya.

Proyek pembangunan bendungan ini merupakan proyek tanggap darurat yang di bangun langsung oleh Balai Serang, namun proyek pembangunan tidak ada keterbukaan untuk publik, bahkan Mastur yang merupakan salah satu pelaksana pengawas lapangan saat ditemui dilokasi, mengaku bukanlah seorang mandor dari kegiatan pembangunan tersebut, padahal jelas dia merupakan tim pengawas dan penanggung jawab kegiatan pekerjaan di lapangan.

Selain proyek tersebut tidak memasang papan informasi bangunan, proyek tersebut juga menggunakan material batu yang ada di lokasi, padahal jelas proyek pembangunan tersebut menggunakan Dana dan anggaran yang besar.

Maman selaku Ketua PAC Ormas GAIB 212 Maja angkat bicara,” Saya selaku Ketua Ormas GAIB 212 sangat menyayangkan atas proyek pembangunan Bendungan Situ Cicinta ini, karena pembangunan ini tidak dilengkapi dengan papan informasi publik,” beber Maman

Bahkan proyek pembangunan ini merupakan proyek tanggap darurat yang di bangun oleh Balai Serang dengan memakan  Dana anggaran yang besar,namun pelaksana pekerjaan di lakukan tidak sesuai dengan spesifikasi  pembangunan,bahkan material Batu pun menggunakan batu-batu yang ada di sekitar Bendungan ini,” imbuhnya.

Saya berharap kepada Pemerintah Dinas Balai Serang untuk bisa turun langsung meninjau pelaksanaan pekerjaan di lapangan agar bisa lebih meningkatkan lagi kualitas dan kuantitas pembangunannya. Jika pembangunannya seperti ini, Kami dan Ormas lainnya serta rekan-rekan dari Media agar turun langsung ke lokasi proyek pembangunan, dan menindak lanjutinya ke Dinas terkait,” tutupnya.

Hingga berita ditayangkan, pihak Balai Serang belum dapat dikonfirmasi dan akan dimuat di running berikutnya.

Reporter;

Cs Suteja