Cakratara.com – Akibat di guyur hujan yang sangat deras dari sore hingga malam, warga Kampung Keusal RT 01 RW 04 Desa Leuwidamar Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Banten, di landa banjir se-paha orang dewasa pada Jumat, (26/4/2024).

Banjir yang di akibatkan luapan air sungai yang tidak tertampung, membuat warga Kampung Keusal lumpuh total, karena warga sekitarnya menjadi sulit dan tidak bisa beraktivitas, seperti yang dialami Rasiti atau yang kerap di sapa ulung, merupakan salah satun korban kebanjiran.

Selain banjir, warga Kampung Keusal juga sangat menghawatirkan akan terjadinya longsor susulan, karena Kampung Keusal 2 atau Kiyatim merupakan daerah dataran tinggi yang banyak tebing dengan tanah yang labil, sehingga membuat warga ketakutan dan hawatir.

Dijelaskan Dede yang merupakan Ketua RT setempat, juga merasa sangat hawatir dengan keadaan cuaca seperti ini, karena selain halaman rumahnya yang longsor, rumahnya juga sudah ada retak panjang, sehingga tembus ke rumah Acang tetangganya, sehingga membuat ketakutan akan terjadi longsor.

“Saya selaku warga Kampung Keusal, sekaligus Ketuai RT 01, sangat menghawatirkan akan cuaca hujan seperti ini, karena halaman rumah saya sudah longsor, di tambah bangunan rumahpun sudah tembus retak-retak sampai ke rumah Pak Acang,”.ujar Dede.

Dikatakan Dede, “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada, dan semoga Pemerintahan Desa Leuwidamar, selalu siaga untuk memantau dan meninjau keadaannya, agar situasi tetap aman dan kondusif, sehingga masyarakat merasa tenang dan tidak ketakutan,” tutupnya.

Reporter:
CS. Suteja