Connect with us

Budaya dan Pariwisata

Pemancingan Sapuluh Ribeng Puas Dapat Lele di Cibadak

Published

on

Pemancingan Sapuluh Ribeng plesetan dari sepuluh ribu. Artinya tarif untuk bisa memancing ikan lele merogoh kocek Rp 10 ribu

LEBAK, CAKRATARA – Sesuai dengan namanya Pemancingan Sapuluh Ribeng plesetan dari sepuluh ribu. Artinya tarif untuk bisa memancing ikan lele di sini cukup hanya merogoh kocek Rp 10 ribu rupiah.

Achmad Syarif adalah pemilik bisnis pemancingan ikan lele Sapuluh Ribeng yang beralamat di Kp. Babakan Ilham Jaya Desa Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Memang pemancingan yang dimilikinya tidak terbilang besar, hanya seluas 14 x 14 m. Fasilitas di pemancingannya juga terbilang seadanya, hanya beratapkan asbes dan bambu. Bahkan, bisa dibilang, pemancingan sapuluh ribeng yang dibuat belum selesai, namun setiap hari beberapa pengunjung selalu ada.

Ketika dijumpai wartawan di pemancingannya, Syarif menjelaskan, pemancingannya belum resmi dibuka, namun tetap saja ada pengunjung yang datang.

Dikatakan Syarif, dibutuhkan dana sekitar Rp70 jutaan untuk membuat kolam pemancingannya. Biaya itu sudah termasuk budi daya 20.000 ekor lele yang juga dilakukannya.

Advertisement

“Untuk ikan saya tidak membeli dari luar, karena tak jauh dari lokasi kolam pancing, ada 3 kolam untuk pembesaran lele,” kata Syarif.

Syarif menjelaskan, untuk kedalaman kolam diperlukan sekitar 1,5 meter, hingga tersisa lumpur dengan ketebalan sekitar 10-15 cm. Selain itu dibutuhkan juga dana untuk membeli pompa air untuk mengisi empangnya. Air disedot dari Kali Ciujung yang berjarak 300 meter dari kolam.

Dia mengaku, selama puasa pemancing yang datang sekira 3 – 10 orang per hari karena memang belum dibuka resmi.

“Rencananya 2 minggu setelah lebaran Idul Fitri baru kita akan buka pemancingan ini, menunggu panen raya dari kolam pembesaran,” kata Syarif.

“Ukuran ikan yang dimasukkan kolam kata dia khusus ukuran lele konsumsi agar ikan yang dipancingnya banyak, kita pakai yang per kilogramnya 10-12 ekor,” tutupnya.

Advertisement

Anton Hermawan
Cakratara.com

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications