Connect with us

TNI-Polri

Pangkogabwilhan I Hadiri Launching Penegakan Protokol Kesehatan

Published

on

TANJUNG PINANG, CAKRATARA – Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. bersama Gubernur Kepri dan para Pejabat FKPD Provinsi Kepri menghadiri launching Protokol Kesehatan di tempat umum dan pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Kamis (1/4/2021).

“Kita harus tetap waspada agar dapat terus menekan angka pandemi Covid-19 bahkan menghentikannya. Oleh karena itu kita melaunching petugas Satgas di tempat-tempat umum seperti di pelabuhan laut,” kata Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad.

“kita menempatkan beberapa tenaga dari TNI, Polri, Satpol PP. Bahkan di tiap-tiap Kapal kita menugaskan nakhoda dan satu ABK kapal yang akan kita lengkapi dengan atribut Satgas Covid-19,” tambahnya.

Lanjut dijelaskannya, bahwa saat ini Natuna, Anambas dan Lingga sudah menjadi zona hijau. Namun, 4 Kabupaten / Kota yang lain yaitu Tanjungpinang, Batam, Bintan dan Karimun masih berstatus zona kuning.

Untuk satgas pengawasan, di tempat-tempat umum yang biasanya pengawasannya dilaksanakan secara mobile, seperti pasar dan tempat keramaian. Mulai Kamis tanggal 1 April 2021 akan ditempatkan petugas Satgas Covid-19 secara permanen.

“Sejatinya petugas-petugas Satgas Covid-19 menghimbau untuk menjaga diri, keluarga, maupun masyarakat di sekitarnya agar tidak terjangkit oleh pandemi Covid ini,” ujar Gubernur Kepri.

Sedangkan bagi administrator Pelabuhan dan Dinas Perhubungan, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad berharap agar dapat membantu mengontrol protokol kesehatan di pelabuhan dan menyampaikan arahan dalam rangka menghadapi peak season menjelang lebaran nanti.

Pada kesempatan yang sama, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI IN.G. Ariawan bersama Gubernur Kepri serta para pemangku kepentingan akan terus mengevaluasi efektivitas kegiatan penegakan protokol kesehatan ini.

“Diharapkan akan berkelanjutan dan terus memberikan hasil yang baik dan efektif,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau Junaidi dalam laporannya menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan tanggal 26 Maret 2021 terkait Covid-19, maka perlu diberlakukan perpanjangan petunjuk perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi laut pada masa pandemi Covid-19.

“Untuk Pelabuhan Sri Bintan Pura trayek yang dilalui cukup padat antara lain ke Dabo Singkep, Karimun, Anambas, Natuna, dan Batam. Launching penegakan prokes ini akan dilaksanakan di 3 pelabuhan yaitu Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Punggur Batam, dan Sekupang Batam. Tahap pertama dilaksanakan selama 3 bulan mulai 1 April 2021 di Pelabuhan Sri Bintan Pura,” jelas Junaidi.

Dalam kegiatan tersebut Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan dan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad berkesempatan memasang atribut kepada Petugas Satgas Covid-19 berupa ban lengan dan rompi kepada perwakilan Petugas Satgas dan penyerahan secara simbolis bantuan Bina Lingkungan PT Pelindo I berupa 1 unit boat untuk anak sekolah senilai Rp. 100.000.000,- di Kampung Padang Banang Desa Pulau Batang. Selanjutnya meninjau kesiapan penegakan Protokol Kesehatan di Beberapa titik di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Adapun pejabat yang hadir yaitu Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, Kajati Kepri diwakili oleh Koordinator Kajati Kepri Firman, Danlanud RHF Kolonel Prb. Andi Wijanarko, Danrem 033/WP diwakili Kasilog Korem Kolonel Inf Edison Sidabutar, Kapolda Kepri diwakili Kabid Dokkes dr. Muhammad Haris dan Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, Danguskamla yang diwakili Kaban Pers Ali Subhan, Kabinda Kepri diwakili Korwil I Binda Kepri Suko S. Kepala Perwakilan BPKP Kepri Iksan Fuadi, Kepala Perwakilan BPK Kepri diwakili Pemeriksa Madya Koko Adi Sukmono, GM PT. Pelindo Yusrizal dan para Kepala OPD Provinsi Kepri.

Asep Supena
Cakratara.com 2021

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Pangdam XVII/Cenderawasih Ikuti Vicon Bahas Covid -19 dan Nataru dengan Panglima TNI

Published

on

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19,

JAYAPURA, CAKRATARA – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Vaksinasi serta Pengamanan Menghadapi Natal dan Tahun Baru yang dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P melalui Video Conference di Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (26/10/2021).

Dalam arahannya, Panglima TNI  menyampaikan bahwa saat ini penanganan Covid-19 di Indonesia sudah cukup baik, dimana secara umum kasusnya sudah menurun sampai dengan 5 %. Ditambahkan juga bahwa hal tersebut tidak boleh membuat penanganan menjadi lengah namun tetap harus waspada.

Selanjutnya Panglima TNI juga menegaskan bahwa kelonggaran aktivitas sosial dan ekonomi sudah dilaksanakan serta pembelajaran tatap muka sudah dimulai di beberapa daerah di Indonesia. Terkait hal tersebut Provinsi yang akan menjadi tuan rumah belajar tatap muka untuk pertama kalinya adalah Bali dan Lombok.

Panglima TNI juga menambahkan tentang program Testing dan Tracing yang dilakukan bagi mereka yang bergejala sakit pada saluran pernapasan serta kontak erat dengan penderita Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

Terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru yang sudah semakin dekat, Panglima TNI mengarahkan kepada para Pangdam untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya dalam mewaspadai rencana mudik di daerah masing-masing sehingga tidak terjadi lonjakan kasus.

Lebih lanjut ditekankan juga bahwa program vaksinasi terus dilakukan terutama di wilayah-wilayah yang diperkirakan masyarakatnya akan melakukan mudik Natal sehingga pada bulan November ini diharapkan capaian vaksinasi Covid-19 bagi daerah yang belum mencapai 50% harus sudah mencapai 50%. Selain itu diharapkan pada bulan Desember semua daerah sudah mencapai 70%. Khusus bagi Provinsi Aceh dan Papua cakupan vaksinasi belum mencapai 70 % dan masih sangat kurang.

Sementara itu di akhir arahannya, Panglima TNI berpesan agar senantiasa tetap mempedomani Protokol Kesehatan dan wajib melaksanakan 3 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan yang harus terus disampaikan kepada masyarakat. Selain itu ditekankan juga agar pelaksanaan 3 T tetap dioptimalkan dan meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah masing-masing yang masih kurang serta melaksanakan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi agar kesemuanya dapat berjalan dengan lancar.

Turut hadir Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Veryanto Napitupulu, Aster Kasdam XVII/ Cenderawasih Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi dan Kakesdam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr I Nyoman Linggih.

Red Cakratara

 

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading

TNI-Polri

Kogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja Tim Itjen TNI

Published

on

Kogabwilhan I dalam hal ini diwakili oleh Ir Kogabwilhan I Laksma TNI Sri Gunanto, C.Fr.A. menerima kunjungan kerja dari tim Itjen TNI

TANJUNG PINANG, CAKRATARA – Kogabwilhan I dalam hal ini diwakili oleh Ir Kogabwilhan I Laksma TNI Sri Gunanto, C.Fr.A. menerima kunjungan kerja dari tim Itjen TNI bersama tim yang dipimpin Laksma TNI Agus Priyatna, S.T., M.M., M.Tr.Ap., C.Fr.A, bertempat di Mako Kogabwilhan I Jl. Letjen M.T. Haryono Km 3,5 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (26/10/2021).

Tim Itjen TNI berkunjung ke Kogabwilhan I dalam rangka melaksanakan audit kinerja periode IV tahun 2021. Kegiatan diawali dengan kegiatan entry briefing di Ruang Rapat Mako Kogabwilhan I yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama dan staff Kogabwilhan I bersama tim dari Itjen TNI.

Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla yang diwakili oleh Ir kogabwilhan I menyampaikan bahwa kegiatan audit kinerja ini merupakan bagian dari kegiatan yang harus dilalui sebagai bahan evaluasi dan koreksi bagi Kinerja Kogabwilhan I. Dijelaskan pula bahwa Kogabwilhan I sudah berjalan selama dua tahun.

Sementara itu, Irops Itjen TNI Laksma TNI

Sebelumnya1 dari 2

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending