Cakratara.com – Menjelang detik-detik pemilu bukan hal yang aneh jika banyak bohir (agen politik) berkeliaran menyebarkan uang di tengah-tengah masyarakat, ini menjadi persoalan yang dari tahun ke tahun menjadi rahasia umum.

Padahal jika diusut lebih serius hal seperti itu bisa di minimalisir dikarenakan jika terus-terusan dibiarkan akan merusak tatanan demokrasi karena bentuk nyata praktik money politik.

Seorang pemimpin yang harusnya berkontestasi secara gagasan malah menggelontorkan uang untuk suara yang mereka dapatkan, itu jelas bukan cara berpolitik yang sehat” ujar ilham haikal selaku ketua semar.

Masyarakat awam tentu tidak akan menilai sosok caleg dari kepiawaiannya dalam memimpin namun akan langsung tergiur kepada caleg yang memberikan nominal paling besar.

“Beberapa malam kedepan kami akan melakukan ronda sekaligus pengawasan untuk mengikis gerakan para bohir, setidaknya meminimalisir kebebasan mereka dalam melakukan praktik money politik,” tandas Rohmatullah salah satu anggota SEMAR.