Cakratara.com – Polda Banten menggelar Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Sebagai bentuk antisipasi persiapan Polri dalam pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, bertempat di Lapangan Polda Banten pada Kamis (01/02).

Kegiatan dihadiri langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif, Karo Ops Polda Banten Kombes Pol Dedy Suhartono beserta sejumlah Pejabat Utama Polda Banten lainnya.

Dalam sambutanya Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim menyampaikan bahwa latihan simulasi pengamanan TPS ini dilaksanakan sebagai bentuk antisipasi persiapan Polri dalam pengamanan Pemilu 2024. Ia juga menegaskan bahwa pengamanan TPS merupakan hal yang sangat penting, sehingga masyarakat dapat menyalurkan hak suaranya dengan aman dan lancar.

“Pengamanan TPS harus dilakukan secara profesional dan humanis. Personel Polri yang terlibat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam pengamanan TPS,” ujar Kapolda Banten.

Dalam simulasi tersebut, digambarkan berbagai skenario pengamanan TPS, mulai dari situasi yang aman hingga situasi yang anarkis. Personel Polri yang terlibat simulasi tampak serius dan sigap dalam menjalankan tugasnya.

Abdul Karim menambahkan, bahwa dalam menghadapi proses tahapan Pemilu ini Polda Banten telah menyiapkan personel pengamanan untuk memberikan rasa aman dan kelancaran pada saat pelaksanaan Pemilu 2024 ini.

“Kami mengapresiasi kegiatan Simulasi ini sebagai langkah proaktif dalam memastikan kelancaran proses Pemilu, mengingat pentingnya peran petugas pemilihan dan partisipasi masyarakat untuk menjaga integritas dan transparansi dalam pelaksanaan proses demokrasi. Kami dari Polda Banten telah menyiapkan personel yang nantinya bertugas mengawal dan mengamankan proses pendistribusian surat suara serta perlengkapan Pemilu sampai selesai pendistribusian ke TPS,” tambahnya.

Kapolda Banten kembali menegaskan, bahwa pihaknya akan terus meningkatkan koordinasi sebagai wujud sinergi antara pihak keamanan, penyelenggara dan pelaksana Pemilu dalam menjaga seluruh rangkaian tahapan Pemilu 2024 ini agar berjalan aman, lancar, damai serta kondusif.

“Kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Provinsi Banten untuk bersama mengawal dan menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif di seluruh rangkaian Pemilu 2024 ini. Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada seluruh personel Polda Banten mengenai tugas dan tanggung jawabnya dalam pengamanan TPS,” tutupnya. (Bidhumas)