Cakratara.com – Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian alam, Kodim 0603/Lebak bekerjasama dengan Polres Lebak dan Forkopimda Lebak, melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam aksi kebersih sungai yang dilaksanakan di Kp. Muara Kebon Kelapa Kel. Muara Ciujung Barat Kec Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Senin (15/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asda I Pemda Lebak Al Kadri, Kapolres Lebak AKBP Suyono, SIK, Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erik Novianto, S.Sos, Kadishub Lebak Rully E, Dansubdenpom Lebak Letda CPM Eman S.Ip dan kegiatan tersebut diikuti oleh Personil Brigif 14/MY, Personil Kodim 0603 Lebak, Personil Polres Lebak, Dishub Lebak , BNPB Lebak, Dinas Lingkungan hidup Lebak, Pemuda Pancasila, FKPPI, Masyarakat dan para pelajar.

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan personel militer, namun juga melibatkan aparatur Pemda, Ormas dan warga masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erik Novianto, S.Sos mengatakan, kegiatan ini sebagai komitmen Bersama untuk menjaga kebersihan dan Kesehatan lingkungan.

“Kegiatan pembersihan sungai ini adalah bentuk nyata dari komitmen bersama untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dengan melibatkan semua pihak, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk kita semua.” Ujarnya

Masih kata Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erik Novianto, S.Sos mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir yang rawan terjadi di Wilayah Kabupaten Lebak, kita bersama -sama membersihkan sampah dan mengangkutnya dengan menggunakan truk sampah, apabila ada sampah yang menyumbat aliran air sungai maka kita bersihkan dengan menggunakan perahu karet.

“Selain itu kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan atau membuang sampah ke sungai karena akan menyebabkan kedangkalan sungai,”tandasnya

Editor : Anton Hermawan