Connect with us

Metropolitan

Lurah Pegadungan Pimpin Penataan dan Penertiban Bangunan Liar di Lahan Aset Pemda

TIM/RED

Published

on

By

Bangunan liar di sepanjang Jalan 1 Maret RT 02/04 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres.

CAKRATARA.com – Puluhan aparat gabungan dari Kecamatan Kalideres dan Kelurahan Pegadungan, dikerahkan untuk menertibkan bangunan liar di sepanjang Jalan 1 Maret RT 02/04 Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Penertiban dan penataan kawasan tersebut, dalam rangka menindaklanjuti Surat Permohonan dari pemilik Aset yaitu RSU Kecamatan Kalideres, kepada pihak Kelurahan Pegadungan, yang meminta asetnya diamankan dan ditata.

Kegiatan tersebut juga sekaligus menindaklanjuti instruksi PJ Gubernur, dalam pengamanan aset dan refungsi aset milik Pemda DKI Jakarta dan penegakan Perda 8 Tahun 2007, tentang ketertiban umum.

Lurah pegadungan Adit Pratama mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan sudah memberikan himbauan kepada warga penghuni bangunan liar, yang ada dalam aset milik RSUD dan juga yang berada di atas saluran di Jalan 1 maret.

“Hari ini kita menindak lanjuti surat permohonan dari RSUD Kalideres, serta menindaklanjuti Instruksi Pj Gubernur, untuk melakukan penataan kawasan dan pengamanan aset milik pemda DKI Jakarta.” ujar Adit saat di lokasi (30/11/22).

Advertisement

Masih dikatakan Lurah Pegadungan Adit, penertiban dan penataan wilayah ini melibatkan sekitar 80 personel gabungan terdiri dari Satpol-PP, Polisi, TNI, Dishub, Pertamanan, RT/RW, LMK dan PPSU.

“Sedikitnya ada 50 bangunan liar, yang kita tertibkan yang di luar Jalan 1 maret dan yang di dalam aset milik RSUD, semua kita tertibkan. Untuk yang di luar ini memang sebelumnya itu PKL Lokasi Sementra (Loksem), namun sudah 2 tahun tidak kami perpanjang izinnya, sehingga dilakukan penataan dan refungsi kembali.” ungkap Adit.

Untuk selanjutnya kata Adit, setelah dilakukan penertiban dan penataan akan dilakukan Beutifikasi dan refungsi saluran, trotoar dan penghijauan.

“Nantinya para pedagang yang ada akan kami relokasi ke tempat yang sesuai dengan aturannya,” tutur Adit.

Pantauan media, di lokasi para petugas Satpol PP dan PPSU, bahu membahu, membongkar bangunan liar yang ada di atas saluran di sepanjang di Jalan 1 Maret Kelurahan Pegadungan.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications