Connect with us

Budaya dan Pariwisata

Pemred Media Online Cakratara Sambangi Baduy Luar

Herdi S

Published

on

By

Pemred Media Online Cakratara, Giri Putra dalam kunjungan nya ke anggota Media Online Cakratara wilayah Lebak, dirinya menyempatkan diri

LEBAK, CAKRATARA – Pemred Media Online Cakratara, Giri Putra dalam kunjungan nya ke anggota Media Online Cakratara wilayah Lebak, dirinya menyempatkan diri menyambangi Baduy Luar Kaduketug yang berada di Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak Banten tepatnya pada hari Minggu, 21/08/2022.

Dalam kunjungannya ke masyarakat Baduy Luar Kaduketug, Giri Putra selaku Pemred (Pemimpin Redaksi ) Media Online Cakratara juga bertemu langsung dengan Jaro Saija selaku Kepala Desa Kanekes.

“Kunjungan ini merupakan Saba budaya untuk bisa ketemu langsung dengan masyarakat sekitar dan sekaligus meninjau hasil kreatif kerajinan asli suku Baduy,” ujar Giri Putra.

Giripun menuturkan, Kerajinan yang dihasilkan oleh Suku Baduy tersebut di antaranya; Kain tenun, Golok, Tas Koja, Lomar, dan juga pernak-pernik seperti Gelang dan Gantungan Kunci. Selain hasil kerajinan, Baduy juga ternyata penghasil Gula Merah, dan Madu, sehingga masyarakat Baduy sekitar hampir semuanya mempunyai keterampilan dan kerajinan tangan. Tuturnya

Sementara itu, Sani yang merupakan salah satu pengrajin Kain Tenun asal warga Kampung Kaduketug mengatakan, “Saya selaku masyarakat Baduy selalu kompak dalam kebersamaan, sehingga semua masyarakat di sini hampir semua rata-rata bisa membuat tenunan dan juga kerajinan tangan,” terang Sani.

Advertisement

“Kain tenun yang kami buat dengan alat manual yang sangat sederhana, sehingga prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Seminggu paling hanya bisa menghasilkan satu tenunan saja,” Uangkapnya.

Sani pun menambahkan, “hasil tenunan kami jual langsung di tempat dengan di lengkapi oleh beberapa jenis hasil kerajinan dan ciri khas budaya Baduy. Alhamdulillah walau tidak setiap hari ramai dengan pengunjung, tetapi barang dagangan masyarakat kami sangat di sukai dan di cintai para pengunjung atau yang Saba Budaya Baduy,” imbuhnya.

“Dan kami juga Alhamdulillah penuh dengan dukungan dari Pemerintahan Desa Kanekes dan juga para pengunjung yang datang, semoga kedepannya hasil kerajinan dan hasil budaya kami di dukung penuh oleh semua pemerintahan agar kehidupan masyarakat kami ke depannya bisa semakin makmur dan sentosa,” tutupnya.

Reporter:
Cs Suteja

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending