Connect with us

Nusantara

Perbaikan Jalan Ciwaru Curug Sodong Perjuangan Taopik Guntur Direalisasikan

Joko Purwono

Published

on

Melalui proses yang cukup panjang dan perjuangan, perbaikan atau rehab jalan Ciwaru Curug Sodong dengan panjang 2,5 Km

SUKABUMI, CAKRATARA – Melalui proses yang cukup panjang dan perjuangan, perbaikan atau rehab jalan Ciwaru Curug Sodong dengan panjang 2,5 Km, yang berada di wilayah Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi akhirnya dapat dilaksanakan pada hari Selasa (17/05/22) dilakukan oleh 4 CV yang telah mendapatkan pekerjaan tersebut dengan menggunakan anggaran DPU sebanyak Rp 700 juta rupiah.

Perlu diketahui, bahwa salah satu yang memperjuangkan pembangunan atau perbaikan jalan Ciwaru Curug Sodong tersebut agar cepat terselenggara adalah Taopik guntur Kepala Desa Ciwaru. Dua bulan kebelakang, tepatnya pada tanggal 28 Maret 2020, sekitar pukul 10:00 Wib, dirinya bersama jajaran lainnya mendatangi Dinas PU untuk meminta bantuan agar segara dilaksanakannya perbaikan jalan tersebut.

Untuk Segmen pelaksanaan perbaikan jalan tersebut, yang  dikerjakan oleh 4 CV. Yang diantaranya CV Chevan Abadi, CV Amira Putri, CV Cipta Karya, CV Putra Bungsu dan CV Surya Kencana

Saat ini, yang melaksanakan pekerjaan Lapen (Lapis Penetrasi) Macadam jalan Ciwaru Curug Sodong itu. Dengan menggunakan dana anggaran sebesar Rp.196.765.000, segmen pertama. Dari sumber dana DPA SKPD Kabupaten Sukabumi TA 2022. Selama 60 hari kalender, yaitu CV Cipta Karya. Dengan nomer SPK PG.01.02/03/SPK.RK 07/DPU/2022

Saat dikonfirmasi di lokasi perbaikan jalan Ciwaru Curug Sodong, Taopik Guntur mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak pihak terkait, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas PU Binamarga yang di pimpin Pa Kadis PU Asep Japar, juga kepada Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Badan Pengelolaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Dengan apa yang pernah kita suarakan mengenai rehabilitasi atau perbaikan jalan Ciwaru Curug Sodong, yang merupakan PR bersama.

Advertisement

“Ini juga merupakan upaya kita bersama untuk menghadapi penilaian dari tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) terhadap perkembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Kami bersama warga Ciwaru yang berada di sekitaran jalan yang dibangun ini, tentunya sangat bangga atas eksistensi dan perhatian dari pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk keberlangsungannya Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini,” ungkapnya.

Selain itu, selaku Kepala Desa Ciwaru Taopik guntur juga sangat Apresiasi terhadap Pemkab Sukabumi.

“Tentunya saya selaku Kepala Desa Ciwaru sangat bangga dan Apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Sukabumi, dalam hal ini  Bupati, Ketua Dewan serta Dinas terkait lainnya, yang tetap eksis mau mempertahankan keberlangsung Geopark Ciletuh ini. Tanpa ada sinergitas yang bangun dengan baik dengan semua stakeholder, kerja yang nyata dan bisa dirasakan warga masyarakat. Tidak mungkin pembangunan jalan ini bisa terealisasi,” ucapnya.

Diakhir wawancara dengan Taopik guntur, dirinya berharap dan bahkan berjanji akan membuktikan maksimal dari hasil pekerjaan tersebut

“Saya Standing applause tentunya, terhadap semua pihak. Semoga Sinergitas  kedepannya semakin erat dan nyata lagi untuk membangun Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini. Dan cepat terhadap tujuan kita sebenarnya, bahwa Geopark itu hadir untuk memuliakan bumi, mensejahterakan masyarakat. Dan saya juga  jamin, insyaallah walaupun dengan anggaran ratusan juta, tapi dengan hasil yang tidak jauh berbeda dengan nilai Miliaran,”pungkasnya.

Advertisement

Ayi Nandang Permana, selaku warga yang menerima manfaat dari pembangunan jalan tersebut pun mengungkapkan rasa bahagianya,

“Saya tentunya selaku warga penerima manfaat jalan ini, banyak mengucapkan terima kasih kepada  Kades Ciwaru taopik guntur  termasuk pemerintah Kabupaten Sukabumi yang mau melakukan perbaikan jalan diwikayah kami. Ini tentunya akan meningkatkan tarap ekonomi warga lokal,” tutupnya.

Nandang Setiawan (Meionk)
Cakratara

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications