Connect with us

Nusantara

DBS Ekspresikan Kreativitas dengan Manfaatkan Bambu

Published

on

Ketua Dunia Bambu Sukabumi (DBS) mengekspresikan pemikiran dan kreativitasnya memanfaatkan bambu sebagai bentuk melestarikan lingkungan alam.

SUKABUMI, CAKRATARA – Ketua Dunia Bambu Sukabumi (DBS) mengekspresikan pemikiran dan kreativitasnya memanfaatkan bambu sebagai bentuk melestarikan lingkungan alam.

Hal tersebut dilakukan dengan banyaknya limbah limbah yang merusak lingkungan dan alam seperti sampah plastik.

Ketua DBS, Agus Ramdan yang begitu prihatin dengan limbah plastik sangat menyayangkan kekayaan alam Sukabumi yang begitu banyak didapat seperti bambu tidak diolah semaksimal mungkin.

“Ada 52 jenis bambu yang terdapat di Sukabumi, dengan banyaknya jenis bambu yang ada dapat menjadikan ekonomi terdongkrak bila serius memanfaatkan bambu menjadi suatu barang yang bisa menguasai pasaran seperti kita ketahui bambu dari akar sampai daun punya nilai yang luar biasa,” kata Agus kepada wartawan, Selasa (25/1/22).

DBS yang membidik tanaman bambu sebagai bahan serbaguna mencoba terus berinovasi dengan kreativitasnya tengah memberikan pelatihan kerajinan dari bahan baku bambu bagi masyarakat. Selain itu juga merubah kebiasaan masyarakat yang seolah sudah ketergantungan dengan segala sesuatunya mengunakan plastik.

Advertisement

“Membudidyakan tanaman bambu di Sukabumi sangat mudah karena bambu tumbuh subur di sini, selain udara tersaring dengan banyaknya hutan bambu juga dapat menjadikan sumber mata air yang terjaga,” papar Agus.

“Saya berharap pasaran bambu sudah masuk pasaran internasinal, dan harapan saya bukan kita masyarakat Sukabumi menjual bambu bahan mentahnya tapi barang dari bambu yang sudah jadi, selain kerajinan bambu juga dapat dijadikan alat musik bahkan jadi alat transportasi kedepanya yang bahan bakunya dari bambu,” tambahnya.

Pengrajin bambu di Sukabumi dengan adanya Dunia Bambu Sukabumi menjadi harapan lebih meningkatnya perekonomian. Bambu dari para perajin dalam perencanaan langkah kedepanya jadi barang ekspor yang diandalkan. Selain peningkatan ekonomi juga terjaga kesegaran udara alam Sukabumi yang bersih.

Nandang Setiawan (Meionk)
Cakratara

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications