LEBAK, CAKRATARA – Sebagai bentuk kepedulian PT Cemindo Gemilang Tbk kepada masyarakat, pada akhir tahun 2021 ini kembali akan melaksanakan Program Kesehatan melalui kegiatan operasi hydrochepalus. Penyakit Hydrochepalus merupakan menumpuknya cairan di dalam rongga jauh di dalam otak. Kelebihan cairan menekan otak dan dapat menyebabkan kerusakan otak. Kondisi ini paling sering terjadi pada bayi dan orang berusia lanjut. Hidrosefalus ditandai dengan pembesaran kepala pada bayi. Penanganan umumnya berupa operasi pemasangan selang (shunt) yang dimasukkan ke dalam ruangan di otak yang berisi cairan tersebut untuk mengalirkan kelebihan cairan yang ada ke perut.

PT. Cemindo Gemilang Tbk sebagai perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Lebak, selalu sadar dan peduli bahwa masih banyak anak-anak terutama di wilayah selatan Kabupaten Lebak yang belum bisa mendapatkan akses ke Rumah Sakit. Oleh sebab itu, melalui kolaborasi dengan kepedulian PT Cemindo Gemilang Tbk kepada masyarakat, pada akhir tahun 2021 ini kembali akan melaksanakan Program KesehatanYayasan Sinar Pelangi pada bulan ini akan mengoperasi anak penderita Hydrochepalus.

 

Pada anak-anak gejala hidrosefalus yang muncul tergantung pada usia penderita. Gejala-gejala tersebut antara lain mual dan muntah, gangguan penglihatan, gangguan koordinasi tubuh, gangguan keseimbangan, kesulitan menahan buang air kecil dan pembesaran kepala. Hidrosefalus yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan dalam perkembangan fisik dan intelektual anak.

Pasien yang akan menjalani operasi tersebut adalah seorang anak asal Kampung Sinar Sari, Desa Karangkamulyan Kecamatan Cihara bernama Siti Nurul Padilah bin Hae. Pasien tersebut saat ini berumur 2 tahun 4 bulan. Kabar mengenai keberadaan anak ini perusahaan didapatkan dari bantuan warga sekitar rumahnya yang menyampaikan dari media sosial. Setelah melakukan survey dan ditemukan bahwa anak tersebut sebelumnya sudah pernah melakukan pemeriksaan namun proses pemeriksaan yang cukup rumit dan bantuan yang kurang lengkap membuat keluarga pasien menyerah dalam melaksanakan tahapan-tahapannya.

Saat ini pasien tersebut sedang berada di Rumah Singgah Yayasan Sinar Pelangi di Jatibening Bekasi Barat untuk persiapan berbagai pemeriksaan sebelum menjalani operasi. Pemeriksaan yang menyeluruh akan dilakukan mulai dari pemeriksaan darah, fungsi organ-organ, hingga pengambilan gambar bagian dalam kepala anak tersebut didampingi oleh yayasan tersebut.

Kerjasama perusahaan dengan yayasan yang fokus dalam penanganan kesehatan anak berkebutuhan khusus ini diharapkan agar kedepannya apabila akan mempermudah dalam penanganan program ini, sehingga kualitas hidup anak-anak di Kabupaten Lebak dapat terus meningkat dan menjadi lebih baik lagi.

Red
Cakratara