Connect with us

Politik

Ketua DPD PKS Lebak Serukan Baca Kitab Kuning Harus Dipertahankan

Published

on

Iip Makmur menyatakan tradisi baca kitab kuning harus dipertahankan di tengah kemajuan zaman yang semakin digital.

LEBAK, CAKRATARA – Ketua DPD (Dewan Pengurus Daerah) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak, Iip Makmur menyatakan tradisi baca kitab kuning harus dipertahankan di tengah kemajuan zaman yang semakin digital.

Hal ini disampaikan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak dalam pembukaan lomba baca kita kuning yang diadakan oleh PKS kabupaten Lebak, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua fraksi PKS DPRD kabupaten Lebak Yayan Ridwan, pengurus DED Lebak, dan pengurus DPD PKS kabupaten serta pengurus DPC PKS lainnya.

Sementara, juri pada lomba ini adalah Dr. Muhammad Rum, LC; KH. Hikmatullah, dan Ustazd. Ansori.

Yayan Ridwan mengatakan bahwa lomba baca kita kuning ini rutin digelar oleh PKS.

“Lomba ini sudah lima kali diadakan. PKS mengadakan kegiatan ini sebagai bagian menjaga tradisi membaca kitab kuning, sekaligus bukti PKS peduli dengan pesantren,” ujarnya.

Yayan juga meminta dukungan santri agar wakil rakyat PKS bisa terus berkiprah di parlemen.

“Untuk mengupayakan perda-perda yang berpihak pada santri juga,” pungkasnya.

Sementara itu, Iip Makmur berharap lomba ini dapat membudayakan literasi baca kitab kuning di pesantren.

“Banyak ilmu yang dapat digali dari kitab kuning. Tradisi membaca kitab kuning harus terus dipertahankan walaupun zaman semakin digital,” katanya.

Iip yang juga merupakan santri ini memotivasi santri agar terus berkiprah di selanjutnya.

“Tahun lalu di tingkat nasional pemenangnya dari Lebak. Semoga tahun ini bisa dipertahankan,” harapnya.

“Bukan tidak mungkin, santri akan menjadi pemegang kekuasaan di negeri ini. Maka, santri harus persiapkan diri dengan serius belajar di pesantren,” pesannya.

Sebanyak sembilan santri yang mendaftar di lomba ini. Setiap peserta mendapatkan satu nomor undian dengan beberapa pertanyaan dari tiga juri. Kitab yang dibaca adalah kitab Fathul Mu’in.

Tidak jarang peserta mendapatkan ilmu tambahan dari koreksi para juri. Pertanyaan juri semakin mengorek pengetahuan peserta.

Dari penilaian juri, berikut ini juaranya.
Juara 1 Upiani mendapatkan Rp. 1 juta,
Juara 2 Muhtadin mendapatkan Rp. 700 ribu dan Juara 3 Rifki mendapatkan Rp. 500 ribu.

Herdi

Cakratara

Politik

Rapat Konsolidasi Partai Kebangkitan Nusantara Bentuk PAC di Banyumas

Published

on

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mengadakan rapat konsolidasi persiapan pembentukan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC)

BANYUMAS, CAKRATARA – Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mengadakan rapat konsolidasi persiapan pembentukan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) sekaligus perekrutan angota untuk menghadapi verifikasi serta memperkuat jariangan di beberapa kecamatan di wilayah Banyumas, Jawa Tengah.

Rapat Konsolidasi Partai Kebangkitan Nusantara berlangsung di Aula Sekretariat Partai Kebangkitan Nusantara) Jalan Raya Jipang Kecamatan Karang Lewas, Banyumas, Jawa Tengah pada Minggu (23/1/22).

Partai Kebangkitan Nusantara sebagai Ketua umum I Gede Pasek Suardika ini di dalamnya kader parpol yang mayoritas eks kader Partai Demokrat dan perhimpunan pergerakan Indonesia yang merupakan loyalis Anas Urbaningrum.

Sesuai aturan UU pengurusan kemenkum HAM RI pengurus DPD harus 100 persen di Indonesia DPC minimal 70 persen terbentuk kecamatan DPAC 50 persen tambah 1 agar bisa lolos menuju Pemilihan umum 2024 mendatang.

H. Sabar Santoso yang didaulat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten Banyumas menggelorakan semangat dengan kebangkitan Nusantara di Banyumas sebagai kota satria bersatu nusantara maju.

“Mari kita jalankan peraturan organisasi sesuai AD ART PKN bersama sama, saya tidak bisa menjalankan partai tanpa adanya kerja sama dari para pengurus yang ada,” kata Ketua DPC.

Sementara itu, H Widodo Dwi pratowo berpesan gotong royong akan lebih ringan dan dengan nama partai kebangkitan nusantara itu sudah dengan nusantara melekat di hati masyarakat Indonesia.

“Nusantara pernah mengalami kejayaan jaman kerajaan majapahit dengan Patih Gajah Mada yang terkenal dengan sumpah palapa,” tutupnya.

Hasil notulen rapat konsolidasi pengurus yang disimpulkan oleh sekretaris dewan pimpinan cabang Kabupaten Banyumas sebagai laporan untuk ke DPD Jateng yang bacakan oleh Rio Novel.

Rapat ditutup dengan doa untuk kemajuan partai dan kekuatan para pengurus yang dipimpin oleh tokoh agama Ustadz Cahyo.

Budi Santoso
Cakratara

Continue Reading

Politik

Tidar Banten dan Kota Tangerang Rapat Kembangkan Partai Gerindra

Published

on

Sebagai sayap Partai Gerindra, Tunas Indonesia Raya (Tidar) Banten dan Kota Tangerang mengadakan pertemuan dalam rangka mempererat sinergitas

KOTA TANGERANG, CAKRATARA – Sebagai sayap Partai Gerindra, Tunas Indonesia Raya (Tidar) Banten dan Kota Tangerang mengadakan pertemuan dalam rangka mempererat sinergitas untuk mengembangkan Partai Gerindra di skala nasional maupun tingkat lokal.

Pada pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Sekretariat DPC Gerindra Kota Tangerang, Cimone, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang pada Minggu (23/1/22) dihadiri oleh Pontjo Prayogo, SP (Ketua DPC Gerindra Kota Tangerang), H. Junadi (Ketua OKK Gerindra Kota Tangerang), Sekretaris Gerindra PAC Jatiuwung, Ketua Tidar Banten, Tidar Kota Tangerang dan jajarannya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang, Pontjo Prayogo dalam sambutannya mengatakan Tidar adalah sayap Partai Gerindra yang merupakan vitamin bagi Partai Gerindra untuk membantu mengembangkan partai baik skala nasional maupun tingkat lokal.

“Tidar merupakan vitamin bagi Partai Gerindra yang mana salah satunya di pundak Tidar diharapkan kita semua pada tahun 2024 Partai Gerindra menang skala nasional ataupun di setiap tingkat lokal untuk menjadikan H. Prabowo Subianto menjadi Presiden,” kata Pontjo Prayogo.

Sementara itu, Ketua OKK Gerindra Kota Tangerang, H. Junadi mengharapkan kepada pengurus Tidar harus lebih maju dari pengurus Partai Gerindra. Sebab, kata dia, Tidak Banten dan Kota Tangerang ini mayoritas anak-anak muda.

“Kami berharap ke depannya Tidar ini harus lebih maju, pengurusnya harus mengakar sampai bawah, pemilih milenial di 2024 hampir 60%, maka Tidar harus benar-benar meraih hati anak muda untuk Gerindra,” harap H. Junadi.

“Harapan itu bisa secara langsung ataupun tidak langsung, misalkan melalui Medsos dan sebagainya. Tetap semangat kami akan suport kawan-kawan semua untuk Gerindra,” tutup H. Junadi.

Mustofa Ali
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending