Connect with us

Nusantara

TP-PKK Kota Padang Jadi Tuan Rumah Launching Gerakan Gemar Membaca

Published

on

Ketua TP-PKK Kota Padang Genny Hendri Septa menyambut baik dan menyampaikan selamat datang kepada rombongan TP-PKK Pusat

PADANG, CAKRATARA – Ketua TP-PKK Kota Padang Genny Hendri Septa menyambut baik dan menyampaikan selamat datang kepada rombongan TP-PKK Pusat yang telah hadir ke Kota Padang, Jumat (12/11/2021).

Genny Hendri Septa beserta sejumlah Pengurus TP-PKK Kota Padang pun menyambut dengan suka cita kedatangan rombongan TP-PKK Pusat yang dipimpin Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Ninuk Triyanti Zudan.

Diketahui, Ketua Bidang II Ninuk dan rombongan ke Padang dalam rangka melihat secara langsung Launching Gerakan Gemar Membaca Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 yang dilangsungkan di Komplek Jihad Indah Persada RT 02 RW 10 Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Gerakan Gemar Membaca Tingkat Sumbar Tahun 2021 tersebut dilaunching oleh Ketua TP-PKK Sumbar Harneli Mahyeldi. Acara ini dihadiri sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Padang selaku pembina TP-PKK Padang, Camat Koto Tangah Junie Nursyamza bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Koto Tangah, Lurah beserta Ketua dan Kader TP-PKK Batang Kabung Ganting termasuk Ketua LPM, Ketua RT/RW serta segenap elemen masyarakat di Kelurahan Batang Kabung Ganting.

Selain itu juga diikuti Ketua dan Pengurus Dasawisma Aglonema Kelurahan Batang Kabung Ganting, serta juga hadir perwakilan Baznas Sumbar dan Baznas Kota Padang,

“Alhamdulilllah, atas nama TP-PKK Kota Padang kita bersyukur dan berterima kasih sekali khususnya kepada TP-PKK Sumbar, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kota Padang sebagai tuan rumah launching Gerakan Gemar Membaca Tingkat Sumbar 2021. Dengan adanya kegiatan ini kita berharap akan ada peningkatan pengetahuan dan pendidikan bagi pengurus dan kader-kader PKK serta masyarakat terutama generasi muda di Kota Padang,” harap  Genny Hendri Septa dalam sambutannya.

Di hadapan rombongan pengurus TP-PKK Pusat, Istri Wali Kota Padang Hendri Septa itu pun membeberkan alasan pihaknya memilih launching Gerakan Gemar Membaca Tingkat Sumbar 2021 di Kelurahan Batang Kabung Ganting.

Sebagaimana diketahui, kegiatan ini digelar guna mendukung peluncuran Gerakan Keluarga Indonesia untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi) sebagai bahagian program unggulan TP-PKK Pusat kelompok kerja (Pokja) II yang lebih memfokuskan pada kegiatan pendidikan dan ekonomi.

“Sengaja kita lakukan launching Gerakan Gemar Membaca di sini karena di tempat ini terdapat kelompok dasawisma berprestasi tingkat Kota Padang tahun 2021 yang akan mewakili Kota Padang dalam penilaian dasawisma tingkat provinsi nantinya. Jadi ini merupakan penghargaan dari kami bagi kelompok dasawisma aglonema Batang Kabung Ganting,” ungkapnya.

Genny juga menjelaskan, adapun pihaknya telah dan akan terus berupaya menumbuhkan minat baca bagi masyarakat Kota Padang yang dimulai dari anak-anak usia dini.

Diantaranya mulai dari mendonasikan buku kepada sekolah PAUD bekerja sama dengan Mobil Pintar, serta Gerakan 30 Menit Membaca Orang Tua Bersama Anak, menggiatkan sosialisasi tentang Paredi (Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital-red) melalui dukungan DP3AP2KB dan Disdikbud Kota Padang, hingga membuat pojok literasi di setiap kantor OPD/masjid/musala bahkan sampai ke kelompok dasawisma.

“Hari ini sama-sama kita lihat di kelompok dasawisma ini pojok literasi dibangun di pos ronda agar anak-anak dapat membaca untuk menambah ilmu pengetahuannya dengan didampingi oleh orang tua.”

“Kita tentu berharap melalui launching Gerakan Gemar Membaca ini para kader PKK di Kota Padang akan lebih giat lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat terutama generasi muda di wilayahnya masing-masing untuk gemar membaca. Karena memang membaca itu gudang ilmu pengetahuan apa saja, dan generasi muda hari ini selaku calon pemimpin di masa datang harus kita bekali dengan ilmu pengetahuan tentunya,” harap ibu dua anak tersebut bersemangat.

Sementara itu Ketua II TP-PKK Pusat Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga TP PKK Pusat, Ninuk Triyanti Zudan menyebutkan, kehadiran pihaknya selama tiga hari di Sumbar dalam rangka menggelar beberapa kegiatan diantaranya meluncurkan Gerakan Gemar Membaca Tingkat Sumbar tahun 2021 di Kota Padang.

“Kita juga melakukan pemberian bantuan modal kepada kader UP2K PKK serta pelaku usaha binaan PKK. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada TP-PKK Kota Padang yang didukung TP-PKK Sumbar atas hari ini resmi meluncurkan Gerakan Gemar Membaca yang mendukung program unggulan kita di Pokja II TP-PKK Pusat. Semoga hal ini dapat ditiru daerah lainnya se-Indonesia,” imbuh Ninuk yang disambut antusias hadirin saat itu.

Sepriyanto

Cakratara

Nusantara

Menjelang Milad GAM, Bupati Aceh Timur Himbau Perdamaian

Published

on

Menjelang Milad GAM ke-45 tahun pada 4 Desember 2021 mendatang, Bupati menghimbau masyarakat Aceh Timur tidak anarkis

ACEH, TIMUR, CAKRATARA – Menjelang Milad GAM ke-45 tahun pada 4 Desember 2021 mendatang, Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH menghimbau masyarakat Aceh Timur tidak anarkis dan tetap menjaga perdamaian.

“Tolong pada empat Desember khusus kombatan dan umumnya masyarakat Aceh Timur jangan ada yang anarkis dan tetap menjaga perdamaian yang telah kita capai ini dengan baik,” harap Bupati Aceh Timur yang akrab disapa Rocky ini, dalam siaran pers yang dikeluarkan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur, Senin (29/11/2021).

Menurut Rocky, untuk kegiatan seperti bakti sosial dan doa bersama tidak jadi persoalan, apalagi bersifat untuk kebaikan dan kemaslahatan ummat. Asal jangan melakukan tindakan anarkis yang dapat melanggar dengan hukum.

“Kalau melakukan kegiatan bakti sosial maupun doa bersama itu silahkan saja, karena tidak tidak bertentangan dengan hukum apalagi tujuannya juga baik, yang penting dalam merayakan Milad 4 Desember tidak anarkis. Berbuat baik kepada masyarakat lebih bagus dari pada melakukan tindakan yang melanggar dengan hukum,” kata Rocky.

Terkait persoalan menaikkan bendera, menurut Bupati Aceh Timur ini alangkah baiknya menunggu intruksi pimpinan, kalau pimpinan katakan boleh baru bisa dinaikkan, namun jika kata pimpinan tidak boleh, maka tidak boleh dilakukan.

“Kalau terkait penaikan bendera Bintang Bulan kita tunggu intruksi dari pimpinan, jika intruksi dari pimpinan boleh baru bisa, kalau tidak maka tidak boleh,” tandas Bupati Aceh Timur Rocky.

Sebagai kepala daerah di Aceh Timur, Rocky sangat berharap agar kondisi di Aceh Timur tetap kondusif, dan masyarakat diminta tetap menjaga perdamaian Aceh yang telah berjalan selama 16 tahun sejak ditandatanganinya MoU Helsinki, pada 15 Agustus 2005 lalu.

“Menjelang Milad GAM yang ke 45 tahun, saya turut mengucapkan selamat, semoga Aceh tetap dalam kedamaian demi menuju masa depan Aceh yang lebih baik,” ucap Rocky mengakhiri keterangannya.

Rahmat
Cakratara

Continue Reading

Nusantara

Desa Mekarmanik Melaksanakan Perbaikan Jalan Tanjakan Kadusati

Published

on

Lokasi jalan ini memang titik lokasi yang benar-benar parah dan perlu perbaikan selain jalan utama menuju Desa Mekarmanik

LEBAK, CAKRATARA – Pemerintah Desa Mekarmanik, H Aliyudin melakukan sosialisasi dengan masyarakat setempat, untuk pengurugan dan sekaligus perbaikan jalan tanjakan kadusati pada hari Senin (29/11/2021).

Lokasi jalan ini memang titik lokasi yang benar-benar parah dan perlu perbaikan selain jalan utama menuju Desa Mekarmanik, lokasi ini juga merupakan perbatasan Desa Bojongmanik yang selama ini benar-benar butuh perbaikan dan sekaligus pembangunan.

Aliyudin mengharapkan kepada pemerintahan Lebak, agar bisa membantu dan mendukung pembangunan-pembangunan akses jalan poros Desa, yang selama ini perlu di perbaiki dan di bangun.

Saya sebagai kepala Desa Mekarmanik, berharap semoga kedepannya akses jalan menuju ke Mekarmanik bisa lebih bagus lagi karena dengan bagusnya akses jalan,sangat mempengaruhi kepada tumbuhnya perekonomian masyarakat.jadi kalau akses jalan bagus,masyarakat yang penghasilannya dari bertani,masyarakat kami pun bisa menjual hasil panen dengan harga bagus dan mudah untuk di pasarkan, tuturnya.

Entus yang merupakan salah satu warga Bojongmanik juga menuturkan kepada Awak Media,”Betul pak,jalan ini memang sudah lama rusak dan berlobang, dari mulai perbatasan Desa Bojongmanik sampai kampung baru.akses jalan ini bener-bener sulit untuk di lalui kendaraan karena selain jalanan hancur,juga badan jalan berlubang, ucap Entus.

Sekarang termasuk aga mendingan pak.dulu sangat parah,namun dulu sempat di urug dan di perbaiki oleh pemerintah Desa Mekarmanik (H Aliyudin)sehingga Alhamdulillah akses jalan menjadi sedikit mudah dan lancar untuk para pengguna jalan.

Sekarang Alhamdulillah, H. Aliyudin juga melakukan pengurugan lagi bersama masyarakat setempat untuk di perbaikinya.saya selaku masyarakat,mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Desa Mekarmanik yang begitu peduli,sekalipun beliau harus kehujanan, beliau tetap semangat dan selalu menyatu dengan masyarakat, tutupnya.

Suteja
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications