Connect with us

TNI-Polri

Rangkaian Pilkades Kondusif, Kapolda Banten Berterimakasih Kepada Personel Pengamanan

Published

on

Rangkaian pemilihan kepala desa (Pilkades) di beberapa kabupaten di wilayah hukum Polda Banten pada Oktober 2021 telah selesai

SERANG, CAKRATARA – Rangkaian pemilihan kepala desa (Pilkades) di beberapa kabupaten di wilayah hukum Polda Banten pada Oktober 2021 telah selesai dilaksanakan. Upaya pengamanan dari personel Kepolisian, bekerjasama dengan TNI dan Pemda telah berhasil mewujudkan pelaksanaan Pilkades yang aman, sehat dan kondusif. “Ini semua berkat kerjasama dari berbagai pihak yang terlibat dalam pengamanan, terutama personel Polda Banten dan BKO dari Korps Brimob Polri yang bekerjasama dengan unsur TNI dan Pemda pelaksana Pilkades,” kata Kabidhumas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga.

Pesta demokrasi tingkat desa yang diselenggarakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 memang membutuhkan strategi pengamanan yang tepat guna mencegah munculnya potensi Pilkades sebagai treager cluster Covid-19. “Jauh sebelum Pilkades dilaksanakan, saya telah menginstruksikan semua Kapolres untuk memprioritaskan pelaksanaan vaksinasi bagi warga di desa pemilihan dan meminta peran tiap Kepala Daerah untuk menyediakan gerai-gerai vaksin di TPS serta pemenuhan sarana protokol kesehatan di tiap-tiap TPS, dan ternyata, strategi inilah yang telah membuat seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkades pada Oktober 2021 lalu berjalan dengan sehat, tidak ada cluster baru Covid-19 dalam rangkaian Pilkades tersebut,” tegas Kapolda Banten, IJP Dr. Rudy Heriyanto.

Pola pengamanan juga telah diformulakan adaptif dengan hasil pemetaan terhadap kerawanan dalam rangkaian tahapan Pilkades yang ada. “Penegasan Kapolda Banten untuk pengamanan Pilkades harus dilakukan dengan over estimate, sehingga seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan selalu siap mensolusikan permasalahan yang muncul bahkan senantiasa siaga menghadapi beragam kontijensi, termasuk bencana alam bila memang terjadi dalam Pilkades,” kata Karoops Polda Banten, KBP Amiludin Roemtaat. Dengan pola pengamanan over estimate ini, ribuan personel Polda Banten dilibatkan dalam pengamanan TPS, dan penugasan pasukan taktis dengan mobilitas tinggi dari personel Brimob tidak hanya dari Satbrimob juga dari Korps Brimob juga diterjunkan terutama pada tempat-tempat pemilihan yang dikategorikan sangat rawan dari hasil pemetaan. “Aktivitas personel Brimob yang senantiasa patroli bermotor di berbagai tempat telah mereduksi peluang pihak lain yang ingin menggangu keamanan dan ketertiban selama Pilkades berlangsung,” kata Shinto Silitonga.

Selain itu, Kapolda Banten bahkan menugaskan para pejabat utama (PJU) Polda Banten untuk menjadi pengamat wilayah di tiap-tiap Polsek saat Pilkades, berperan tidak hanya sebagai supervisor namun juga menjadi problem solver bila terjadi permasalahan di desa pemilihan termasuk pengambil keputusan bila berhadapan dengan kontijensi tertentu. “Saya telah perintahkan seluruh pejabat utama Polda Banten untuk turun menjadi supervisor pengamanan di tiap Polsek, sekaligus memberi masukan dan pendampingan bagi para Kapolsek untuk menjalankan manajemen pengamanan dengan baik,” jelas Rudy Heriyanto.

Kapolda Banten juga memberikan perhatian khusus bagi personel pengamanan di tiap TPS untuk tidak membawa senjata api, sehingga dapat menghindari terjadinya tindakan eksesif dari personel. Selain itu, penegasan Kapolda Banten untuk setiap personel harus bersikap netral, tidak memihak calon kades manapun dalam kontestasi, menjadi atensi khusus yang harus dilaksanakan tiap personel. “Kapolda Banten telah tegas menyampaikan kepada seluruh personel pengamanan di tiap TPS agar tidak membawa senjata api dan harus bersikap humanis, serta menegaskan agar netralitas personel dilaksanakan sebagai komitmen,” tegas Shinto.

Dengan strategi ini, rangkaian Pilkades yang dilaksanakan di 64 desa di Kabupaten Tangerang, 206 desa di Kabupaten Pandeglang, 265 desa di Kabupaten Lebak dan 144 desa di Kabupaten Serang telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hingga saat ini tidak terdapat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berarti dalam rangkaian pelaksanaan Pilkades tersebut. Pelantikan Kepala Desa hasil Pilkades di Kabupaten Tangerang pada 14 Oktober 2021 lalu, juga pelantikan di Kabupaten Lebak pada 3 November lalu telah dilaksanakan dengan khidmat. “Kita juga optimis pelantikan para Kepala Desa di Pandeglang yang dijadwalkan 8 November 2021 serta pelantikan di Kabupaten Serang nantinya juga dapat berjalan dengan aman,” kata Shinto Silitonga.

Kapolda Banten mengapresiasi pelaksanaan pengamanan yang telah diselenggarakan sesuai pola dan strategi yang telah di formulakan bersama. “Dari hati yang paling dalam, saya sebagai pimpinan Polda Banten mengapresiasi dan berterimakasih dengan tulus kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan rangkaian Pilkades di wilayah Banten. Semoga pengabdian kita ini menjadi ladang ibadah bagi kita semua dan menjadi wujud pelayanan kita untuk masyarakat, bangsa dan negara,” tutup Rudy.

Red
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

TNI-Polri

Vaksinasi dosis (1) dan (2) Polsek Bayah Diikuti 200 Warga Darmasari

Published

on

Team Drive Thru Polsek Bayah Polres Lebak melaksanakan gebyar vaksinasi dosis (1) dan (2) vaksin sinovac secara massal

LEBAK, CAKRATARA – Guna mendukung Program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Team Drive Thru Polsek Bayah Polres Lebak melaksanakan gebyar vaksinasi dosis (1) dan (2) vaksin sinovac secara massal di aula Kantor Desa Darmasari Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Senin (29/11/2021).

Dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Tiem Drive Thru Polsek Bayah ini, tidak kurang dari 200 orang warga ikut antrian untuk mendapat vaksinasi dosis (1) dan (2) vaksin sinovac.

Dalam kesempatan ini juga dihimbau, agar para penerima vaksin wajib melakukan tahapan screening terlebih dahulu sebelum di lakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

Pada giat Vaksinasi kali ini, Polsek Bayah Polres Lebak bekerjasama dengan Team Drive Thru, tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Rawat Inap Bayah dan Kepala Desa Darmasari, serta melibatkan Bhabinkamtibmas Desa Darmasari Bripka Agus Sofyan, Koramil 0315 Bayah, Satgas Covid-19 Desa Darmasari dan jajaran Perangkat Desa.

Sesuai arahan Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Teddy Rayendra, S.I.K, M.I.K melalui Kapolsek Bayah AKP R. Ampri, SH, M.H mengatakan, guna mendukung program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus digenjot oleh Team Drive Thru Polsek Bayah Polres Lebak dan Nakes Puskesmas, guna ciptakan Herd Immunity warga Kecamatan Bayah khususnya warga Desa Darmasari.

“Target hari ini 200 orang dengan sasaran untuk umum, Dosis (1) dan (2) jenis vaksin sinovac, dengan 5 ( lima ) orang petugas Team Drive Thru Polsek Bayah Polres Lebak, diantaranya Briptu Restu Pramudi (Operator P’care), Briptu Ade Restu Irwanto (Operator P’care), Rila Septi Quraeni, Amd. Keb (Nakes), Muhamad Ridwan, S.Kep. Ners (Nakes) dan 1 (satu) orang vaksinator Rita Rosida, S.Tr. Keb (Nakes) yang disiapkan oleh Puskesmas Bayah.

Kegiatan Vaksinasi ini akan terus kita lakukan, dengan harapan seluruh masyarakat Bayah khsusnya Desa Darmasari di masa pandemi ini dapat meningkatkan herd immunity.

R. Ampri juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada warga Desa Darmasari yang telah mengikuti anjuran pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 ini.

Sebelumnya, lanjut Kapolsek, dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya juga sudah menyasar dan mengelar vaksinasi di desa-desa se-Kecamatan Bayah.

“Kesadaran dan antusias warga masyarakat Kecamatan Bayah untuk mengikuti vaksin semakin meningkat, hal ini tentunya berkat sosialisasi dan kerjasama yang baik antara semua pihak terkait,” kata Kapolsek.

Sekertaris Desa (Sekdes) Darmasari Supyani mengucapkan terimakasih kepada Team Drive Thru Polsek Bayah yang telah menggelar vaksinasi Dosis pertama (1) dan (2) ini.

“Saya ucapkan banyak-banyak kasih kepada Team Drive Thru Polsek Bayah Polres Lebak, Koramil 0315/ Bayah beserta Nakes Puskesmas Bayah yang telah mengadakan vaksinasi Covid-19 di Desa Darmasari guna percepatan dan menciptakan herd immunity warga kami. Terlihat warga Desa Darmasari begitu sangat antusias mengikuti vaksinasi ini, mudah mudahan kedepannya lebih banyak lagi warga masyarakat Desa Darmasari yang mau di Vaksin, ungkap Supyani.

Red
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading

TNI-Polri

Meningkatkan Sinergitas Kapolsek Bayah Sowan Kepada Tokoh Masyarakat

Published

on

AKP R. Ampri, SH, M.H dalam menindak lanjuti program Kapolda Banten dalam meningkatkan sinergitas dan kedekatan Polisi dengan masyarakat

LEBAK, CAKRATARA – Kepala Kepolisan Sektor Bayah Resort Lebak AKP R. Ampri, SH, M.H dalam menindak lanjuti program Kapolda Banten dalam meningkatkan sinergitas dan kedekatan Polisi dengan masyarakat, melakukan sowan kepada tokoh masyarakat (Tomas) Desa Cisuren Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Senin (29/11/2021).

Kehadiran Kapolsek Bayah, yang melakukan kunjungan silahturahmi dan sowan kepada tokoh masyarakat dalam meningkatkan sinergitas dengan berbagai elemen, disambut baik oleh tokoh masyarakat (Tomas) di Kampung Cisuren Desa Cisuren Kecamayan Bayah Kebupaten Lebak.

Dikatakan Kapolsek Bayah Polres Lebak, bahwa silaturahmi ini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Bayah khususnya Desa Cisuren yang kondusif, dan mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan tokoh masyarakat (Tomas). Selain itu, pada kegiatan ini juga mengajak para tokoh masyarakat agar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19.

Sesuai arahan Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra, S.I.K, M.I.K melalui Kapolsek Bayah AKP R. Ampri, SH, M.H menjelaskan, kunjungan ini kami laksanakan dalam rangka memperkenalkan diri saya kepada tokoh masyarakat dan mempererat tali silaturahmi Polri dengan tokoh masyarakat (Tomas) dalam menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Bayah khususnya Desa Cisuren,” ujar Kapolsek

Kapolsek Bayah juga menjelaskan, kegiatan sowan melakukan silaturahmi
kepada para tokoh agama (Toga) tokoh masyarakat (Tomas) dan tokoh pemuda (Toda) ini, selain mempererat silaturahmi, kegiatan ini juga untuk mengetahui permasalahan dan harapan masyarakat guna menjaga Kamtibmas dan Kondusifitas,” Imbuhnya.

AKP R. Ampri menambahkan, dengan adanya komunikasi diharapkan akan terjalin dengan baik sinergitas antara Polri dan para tokoh-tokoh masyarakat maupun masyarakat di Kecamatan Bayah, terutama dalam hal mendukung program pemerintah percepatan Vaksinas Covid-19.

“Dengan sinergitas penanganan terpadu, tentunya peran tokoh masyarakat sangat dibutuhkan. Melalui silaturahmi atau sowan ini diharapkan mampu menyerap aspirasi dan dapat menekan potensi gangguan Kamtibmas di masyarakat,” tukasnya.

Red
Cakratara

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications