JAYAPURA, CAKRATARA – Hendrikus Sumaghai adalah seorang anak Asmat Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, yang berhasil mengejar impiannya sedari kecil untuk menjadi TNI.

Hendrikus Sumaghai atau biasa dipanggil Hendrik adalah salah satu dari delapan orang Calon Taruna Akademi Militer (Akmil) asal pengiriman Provinsi Papua yang telah dinyatakan lulus pada tanggal 29 Juli 2021 untuk mengikuti pendidikan di Akmil Magelang.

Saat ini, anak Asmat Hendrik sedang mengikuti Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarrit) di Akmil Magelang sejak tanggal 1 Agustus 2021 bersama 449 orang Calon Prajurit Taruna Akmil lainnya yang berasal dari seluruh penjuru tanah air dan direncanakan dilantik menjadi Prajurit Taruna pada tanggal 28 Oktober 2021.

Anak pertama dari tiga bersaudara buah hati dari pasangan Yoppy Baransano dan Emerensina Genoveva  ini memang bercita-cita untuk menjadi anggota TNI sejak masih kecil.

Yoppy berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Distrik di Kabupaten Asmat yang baru saja diangkat dan demikian juga dengan Ibu Emerensina yang bekerja sebagai PNS Distrik di Kabupaten Asmat.

Keberhasilan Putra Asli Papua ini untuk menjadi seorang anggota TNI khususnya Taruna Akmil menunjukkan bahwa siapa saja bisa meraih cita-citanya asalkan memenuhi semua persyaratan dan lulus dari semua tes yang dilaksanakan.

Hendrik telah dapat menunjukkan bahwa putra Asmat yang berada di Indonesia bagian timur pun dapat menjadi Taruna Akmil bersama dengan putra terbaik Indonesia lainnya.

Calon Prajurit Taruna Hendrikus Sumaghai merupakan bukti nyata bahwa dengan kemauan dan tekad yang kuat siapapun bisa berhasil untuk mengabdikan diri menjadi anggota TNI.

Asep Supena
Cakratara