Connect with us

Nasional

Menkominfo RI Hadiri Webinar Pendidikan di Aceh Timur

Published

on

opening speech Webinar pendidikan literasi digital bagi guru se-Kabupaten Aceh Timur Tahun 2021 yang dihadiri Menkominfo RI di Aula Sekdakab

ACEH TIMUR, CAKRATARA – Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH menjadi pembicara pada acara opening speech Webinar pendidikan literasi digital bagi guru se-Kabupaten Aceh Timur Tahun 2021 yang dihadiri Menkominfo RI bertempat di Aula Sekdakab Aceh Timur pada Rabu (6/10/2021) pukul 09.00 WIB.

Turut hadir, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G Plate, Ketua Umum Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, dr Himmatul Hasanah MP,  Ketua Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru.

Bupati Aceh Timur mengatakan, salah satu agenda pembangunan RPJM 2020-2024 yang terkait langsung dengan pendidikan di antaranya meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, yang arahan kebijakannya pada meningkatkan pemerataan layanan pendidikan berkualitas serta peningkatan literasi, inovasi dan kreativitas.

“Oleh karenanya, kegiatan webinar pendidikan hari ini yang merupakan sebagian dari program literasi digital nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” yang diprogramkan oleh Kementerian Kominfo RI merupakan suatu program yang diharapkan akan menghasilkan komunitas digital yang mumpuni  dalam menggunakan internet di segala aspek kehidupan termasuk di dunia kependidikan,” papar Bupati H Hasballah bin HM Thaib SH yang akrab disapa Rocky.

Rocky menambahkan, program tersebut dapat diseminarkan pada hari ini atas dukungan penuh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bersama Yayasan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Rocky juga turut mengucapkan terima kasih kepada Menkominfo RI, Ketua Apkasi dan kepada Yayasan Adiluhung Nusantara dan sahabat guru.

“Bapak menteri dan peserta webinar yang kami hormati, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kemampuan digital bagi para pelaku di dunia pendidikan dirasakan sangatlah penting apalagi di masa-masa pandemi Covid-19 ini.” ujar Rocky.

Menurut Bupati Aceh Timur ini, digital bukan hanya dirasakan sangat penting, akan tetapi sudah merupakan sebuah kebutuhan. Teknologi digital merupakan solusi bagi dunia pendidikan terutama kemudahan mengakses internet.

Jika semua satuan pendidikan (sekolah) bisa terakses atau terkoneksi jaringan internet, sambung Bupati Rocky, dirinya yakin dan percaya bahwa akan  membawa dampak yang signifikan bagi pembelajaran di dunia pendidikan sampai kepelosok-pelosok pendalaman.

“Alhamdulillah pemerintah Kabupaten Aceh Timur di tahun Anggaran 2021 ini telah menganggarkan dan bahkan sedang dalam proses pelelangan program pengadaan sarana jaringan internet sekolah daerah terpencil sebesar Rp 1 miliar rupiah. Program ini merupakan wujud nyata pemerintah Kabupaten Aceh Timur dalam mendukung program literasi digital nasional ‘Indonesia Makin Cakap Digital 2021,” tutur Rocky.

Menurutnya, dengan anggaran yang sebesar itu belum mampu memenuhi semua kebutuhan di daerah pelosok Aceh Timur, karena wilayah Aceh Timur sangat luas. Namun setidaknya pemkab Aceh Timur mampu untuk memulai melakukan terobosan awal.

Bupati berharap hendaknya Menteri Kominfo RI berkenan membantu Aceh Timur untuk tahapan selanjutnya dengan membantu fasilitas jaringan internet bagi sekolah-sekolah di pendalaman.

“Sehingga semua sekolah di wilayah pelosok atau sekolah terpencil bisa terakses internet di tahun 2023 sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden Ir H Joko widodo pada tanggal 20 Mei 2021,” harap H Hasballah Bin HM Thaib SH.

Pada kesempatan itu, Bupati Rocky atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Timur juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah saling bekerja sama.

“Semoga pelaksanaan webinar pendidikan literasi digital bagi guru Se-Kabupaten Aceh Timur tahun 2021 dapat terlaksana  sebagaimana yang kita harapkan bersama,” harap Rocky.

Rahmat
Cakratara

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Nasional

Walikota Padang Optimalisasi Wakaf Peningkatan Ekonomi

Published

on

Walikota Padang membuka kegiatan optimalisasi potensi wakaf dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, guna mewujudkan masyarakat madani.

PADANG, CAKRATARA – Walikota Padang membuka kegiatan optimalisasi potensi wakaf dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, guna mewujudkan masyarakat Kota Padang madani.

Kegiatan tersebut digelar di Hotel Kyriad Bumi Minang dan diikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari unsur DPRD, BI, OJK, Akademisi, SKPD Pemerintah Kota Padang, unsur kecamatan, serta pengurus koperasi syariah pada Selasa (26/10/2021).

Wali Kota Padang, Hendri Sapta mengatakan, masyarakat madani dapat diartikan masyarakat yang beradab dalam membangun serta memaknai kehidupan beragama. Artinya segala aspek kehidupan didasari norma dan aturan yang ada di ajaran agama, dan Kota Madani adalah kota yang beradab yang memiliki masyarakat patuh dengan aturan.

Walikota Padang mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan SDA Kota Padang tersebut.

Dikatakan Wako, masyarakat madani dengan kota madani merupakan istilah yang tidak boleh terlepas, harus melekat keduanya. Hal itu sesuai dengan visi kota Padang yaitu mewujudkan menciptakan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing

“Berbicara tentang kota madani tidak terlepas pula dari ekonomi syariah sebagai sistem ekonomi yang berlandaskan prinsip Islam. Sistem ekonomi syariah memberikan manfaat merata dan berkelanjutan bagi setiap elemen dalam perekonomian”, imbuh Wako.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Syahendri Barkah menyampaikan, prinsip ekonomi syariah adalah ukhuwah, tolong menolong dan rasa kepedulian sosial sesama umat.

“Maka filantropi dana sosial keumatan seperti wakaf menjadi salah satu solusi dalam membangkitkan perekonomian masyarakat secara mandiri, sebab potensi wakaf dapat digerakkan untuk pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di kota Padang,” jelasnya.

“Potensi wakaf dioptimalisasi melalui gerakan wakaf, yang dilaksanakan secara masif bekerja sama dengan Bank Nagari untuk memberikan hasil yang maksimal,” tutupnya.

Sepriyanto
Cakratara

Continue Reading

Nasional

Bakamla RI Terima Kunjungan Wakil Ketua DPD RI dan Wamenkumham 

Published

on

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, menerima sejumlah tamu penting. Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono

JAKARTA, CAKRATARA – Siang hari yang tidak biasa terjadi di Mabes Bakamla RI. Pasalnya hari ini Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, menerima sejumlah tamu penting. Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof. Dr. Edward Omar Sharif serta Ketua Komite I DPD RI Dr. Badikenita Putri Br. Sitepu berkunjung ke Mabes Bakamla RI, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin, Kamis (21/10/2021).

Bukannya tanpa alasan, pejabat tinggi negara tersebut diundang Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia untuk membahas aksi-aksi penguatan Bakamla RI, khususnya dalam sudut pandang hukum dan regulasi organisasi.

Dalam sambutan dan paparan singkatnya, Letjen TNI Marinir (Purn) Nono Sampono menyampaikan kronologis upaya-upaya optimalisasi sistem keamanan laut.

Paparan tersebut disambut baik oleh Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, yang turut menjabarkan latar belakang Bakamla RI serta tugas dan fungsi yang diemban. Trend tantangan keamanan laut yang terjadi saat ini juga turut disampaikan, disertai dengan kemampuan Bakamla RI saat ini. Puncaknya, rekomendasi penguatan dan perbaikan Bakamla RI disampaikan secara mendalam oleh pati berbintang tiga tersebut.

Bak gayung bersambut, dukungan juga diutarakan oleh Wamenkumham Prof. Dr. Edward Omar Sharif. Upaya perbaikan dalam sudut pandang hukum perlu dilakukan dan hal tersebut akan didukung penuh oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Walaupun pertemuan ini kental dengan suasana kekeluargaan, pembahasan hangat dan mendalam serta saran dan usulan yang kritis, tidak jarang tercetus di tengah-tengah pembicaraan.

“Hal ini dilakukan untuk NKRI. Kita harus bersatu untuk melindungi negara yang kita cintai ini,” ujar Letjen TNI (Purn) Nono Sampono.

Hal tersebut diamini oleh seluruh tamu undangan, yang telah membulatkan tekad untuk bersinergi demi NKRI.

Jakarta, Jumat 22 Oktober 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard).

Rahmat
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending