Connect with us

TNI-Polri

Ditlantas Polda Banten Buka Lokasi Perpanjang SIM

Published

on

Ditlantas Polda Banten meningkatkan pelayanannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memperpanjang (SIM).

SERANG, CAKRATARA – Ditlantas Polda Banten meningkatkan pelayanannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).

Hal itu menindaklanjuti Insruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Provinsi Banten melalui Instruksi Gubernur Banten Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 yang berlaku pada  1 September 2021 hingga 6 September 2021.

Pasalnya, setiap pengendara kendaraan bermotor di jalan raya, wajib memiliki SIM. Sesuai kepanjangannya, Surat Izin Mengemudi, SIM sendiri merupakan tanda bahwa pemilkinya sudah kompeten untuk membawa kendaraan bermotor.

Namun yang perlu diingat, SIM juga memiliki masa berlaku. Jadi setiap lima tahun, pemilik SIM harus memperpanjang ke kantor Satpas SIM di Polres Domisili atau lewat Satpas Keliling di titik-titik tertentu.

Kapolda Banten Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto melalui Ditlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo membenarkan hal tersebut.

“PPKM Level 4, 3 dan 2 yang masih diterapkan ini membuat warga yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) kesulitan. Namun hal itu bisa dipermudah dengan adanya SIM keliling. Oleh karena itu, kami dari Ditlantas Polda Banten menyediakan 2 unit mobil SIM yang lokasinya berbeda tiap harinya,” kata Rudi Purnomo, Senin (06/09/21).

Lanjutnya, pelayanan SIM keliling ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan masker dan tetap jaga jarak dengan pemohon lainnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten Akbp Shinto Silitonga menyampaikan tentang syarat perpanjangan SIM yang harus disiapkan.

“Seluruh pemohon tentunya tidak boleh lupa membawa persyaratan untuk menurus perpanjangan surat izin mengemudinya di SIM keliling. Berkas yang harus dibawa adalah foto kopi SIM lama, foto kopi KTP dan bukti cek kesehatan. Sedangkan biaya untuk melakukan perpanjangan SIM A hanya Rp. 80.000. Sedangkan SIM C lebih murah, yakni Rp75.000,” ucap Akbp Shinto Silitonga.

Terakhir Akbp Shinto Silitonga juga menyampaikan waktu dan lokasi pelayanan SIM keliling yang ada di wilayah Hukum Polda Banten.

Berikut jadwal SIM Keliling di wilayah Hukum Polda Banten pada Hari Senin (06/09/2021), ialah berada di Polsek Anyer dan Alun-alun Kota Serang. Dan kegiatan SIM Keliling ini di mulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Selanjutnya, pada hari Selasa berada di Simpang 3 Labuan dan Alun – alun Kramatwatu Kota Serang.

“Jadi, masyarakat yang ingin memperpanjang SIM nya, silahkan datang ke lokasi yang ada tersebut,” tutup Akbp Shinto Silitonga.

Anton Hermawan
Cakratara

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Jelang Pilkades, Polres Pandeglang Galakkan Patroli Malam

Published

on

Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Polres Pandeglang melaksanakan patroli malam secara mobile untuk menjaga situasi Kamtibmas

PANDEGLANG, CAKRATARA – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Polres Pandeglang melaksanakan patroli malam secara mobile untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Pandeglang tetap aman dan kondusif, Sabtu (16/10/21).

Patroli malam secara mobile jelang Pilkades ini dilakukan di sejumlah lokasi di Kecamatan Cimanuk dan Kecamatan Saketi seperti di obyek vital, Kantor Sekertariat Pilkades, Perumahan, pemukiman warga perbankkan, SPBU dan tempat keramaian masyarakat.

Kasat Samapta Polres Pandeglang AKP Tulus Prayogo, SE mengatakan patroli mobile ini menyasar ke wilayah desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Pada kesempatan tersebut, petugas yang melaksanakan patroli juga tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi ini yaitu 5M memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Kami juga tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada masyarakat agar selalu mematuhi prokes guna menekan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cimanuk dan Kecamatan Saketi,” katanya, Sabtu (16/10/2021).

Ia menambahkan, dengan kegiatan ini jelas menunjukkan bahwa Polri terus mengupayakan keamanan demi terwujudnya situasi kondisi kamtibmas diwilayah hukum Polres Pandeglang terutama jelang Pilkades serentak tahun 2021.

“Semoga dengan kegiatan seperti ini masyarakat semakin mengerti betapa pentingnya bermitra dan juga rukun antar warga masyarakat sehingga diharapkan dalam Pilkades nanti berjalan dengan aman sukses dan kondusif,” tutupnya.

Yeyen Sudrajat
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

Kapolsek Simpang Jernih Jemput Bola Warga untuk Vaksinasi

Published

on

Dalam rangka mendukung program dalam percepatan penanganan Covid-19, Kapolsek Simpang Jernih bersama Tim Vaksinasi melakukan jemput bola

ACEH TIMUR, CAKRATARA – Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19, Kapolsek Simpang Jernih Ipda Sidir, S.H. bersama Tim Vaksinasi melakukan jemput bola di Desa Tampor Paloh, Sabtu (16/10/2021).

Perjalanan menuju Desa Tampur Paloh membutuhkan perjuangan. Hal itu dilakukan Kapolsek beserta rombongan harus melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu boat selama dua jam kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki satu jam untuk tiba di lokasi.

Ipda Saidir mengatakan, untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 pihaknya bersama Muspika Simpang Jernih terus mengimbau kepada warga untuk vaksin dengan strategi yang bermacam-macam, seperti antar jemput warga.

Kali ini Kapolsek Simpang Jernih mendatangi Desa Tampor Paloh karena jarak yang terlalu jauh dan keterbatasan sarana tranportasi.

“Kegiatan vaksinasi jemput bola ini kami lakukan untuk mengurangi beban warga Desa Tampur Paloh. Karena, selain jauh sarana transportasi juga terbatas untuk ke puskesmas dan Alhamdulillah masyarakat cukup antusias mengikuti vaksinasi,” ujar Kapolsek.

Disebutkannya, pada kegiatan vaksin door to door di Desa Tampur Paloh ini sebanyak 92 warga mendaftarkan diri untuk divaksin, namun yang bisa divaksin hanya 82 orang karena yang 10 tekanan darahnya tinggi sehingga belum bisa divaksin.

“Pelaksaan vaksin secara “door to door” kepada masyarakat akan terus dilakukan oleh Polsek Simpang Jernih bersama unsur Muspika yang lain agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat vaksinasi,” tutupnya.

Rahmat
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending