SERANG, CAKRATARA – Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada mahasiswa usai melaksanakan vaksinasi yang berlangsung di Klinik Biddokkes Polda Banten (Polwil) Jalan Ki Masjong, Kotabaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten pada Rabu (18/8/21).

Paket sembako bagi mahasiswa usai vaksinasi tersebut diberikan secara simbolis kepada enam perwakilan mahasiswa Cipayung Plus Banten yang merupakan perwakilan dari organisasi mahasiswa KAMMI, PMII, GMNI, HMI, IMM dan GMKI.

Kapolda Banten berharap apa yang diberikannya dapat bermanfaat dan dapat sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak di masa pandemi ini.

“Semoga bantuan sosial ini bisa membantu kebutuhan sehari-sehari,” kata Kapolda Banten, Rabu (18/8/2021).

“Penyaluran bantuan sosial ini merupakan komitmen kami terhadap kebijakan yang diambil sekaligus sebagai wujud kehadiran negara ditengah-tengah masyarakat,” tambah Kapolda Banten.

Sementara itu perwakilan mahasiswa Solahudin yang merupakan Ketua PMII mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kapolda Banten.

“Saya perwakilan dari Mahasiswa Cipayung Banten Plus mengucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Banten atas bantuan sosial yang diberikan, bantuan ini sangat membantu kami di masa pandemi seperti saat ini,” tutup Solahudin.

Program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah ini diharapkan mampu membawa ekonomi Indonesia kembali tumbuh akibat hantaman pandemi yang berkepanjangan juga berdampak besar pada sektor ekonomi. Pasalnya, kondisi Pandemi Covid-19 ekonomi Indonesia terkontraksi akibat virus Covid19.

Namun, sebagian kecil masyarakat masih belum memahami manfaat vaksin bagi kepentingan bersama ini. Langkah terbaik untuk memberikan kesadaran dan ketenangan bagi keraguan masyarakat adalah dengan memberikan contoh langsung oleh pimpinan dan tokoh masyarakat.

Masyarakat juga perlu diberi pendekatan komunikasi edukasi maupun contoh yang lebih baik agar memahami bahwa kepentingan program vaksinasi ini adalah kepentingan bersama yang diharapkan berdampak luas bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Anton Hermawan
Cakratara