Connect with us

Nusantara

UAS: Sumut Contoh Membangun Kebhinekaan

Published

on

Ustaz Abdul Somad (UAS) mengatakan Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki masyarakat beragam etnis, budaya dan agama.

MEDAN, CAKRATARA – Ustaz Abdul Somad (UAS) mengatakan Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki masyarakat beragam etnis, budaya dan agama. Meski berbeda dan beragam, namun kerukunan masyarakat dapat terus terjaga di Sumatera Utara (Sumut).

Oleh karena itu, Sumut diharapkan dapat menjadi contoh dalam membangun kebhinekaan, lantaran sudah sejak dulu terus menjaga kerukunannya.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Abdul Somad (UAS) kepada wartawan usai bersilaturahmi dengan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan pada Rabu (09/06/2021).

“Sumut adalah contoh atau model membangun Kebhinekaan, sejak zaman Kesultanan Deli orang-orang datang kemari, dari Pulau Jawa datang kemari, dari India, di sini juga ada orang Tionghoa, kerukunan yang luar biasa, mari kita jaga kerukunan karena cita-cita besar kita, yang dibangun berdasarkan Bhineka Tunggal Ika,” ujar UAS.

Dalam pertemuan kurang lebih dua jam tersebut, kerukunan merupakan salah satu hal yang dibahas UAS bersama Gubernur. Selain kerukunan, permasalahan umat, masalah kesehatan juga dibahas.

“Kita tadi membahas masalah umat, kerukunan, masalah kesehatan masyarakat, hingga bagaimana menjalankan ajaran agama dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” katanya.

Bersilaturahmi dengan Gubernur Sumut merupakan salah satu agenda UAS saat berada di Sumut. Selain itu, Ia juga bersilaturahmi dengan masyarakat umum, tokoh masyarakat hingga kepala daerah.

“Saya ke Sumut balek (pulang) ke kampung halaman saya, jatah saya kemari setahun tiga kali, setiap pulang saya silaturahmi dengan masyarakat, tokoh adat, agama termasuk pimpinan kita di Sumut,” kata UAS.

Senada dengan Ustadz Abdul Somad, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan kerukunan antar-umat beragama, etnis dan suku harus terus dijaga. Di Sumut terdapat banyak perbedaan yang harus dihadapi dan dikesampingkan.

“Saya harap kerukunan terus terjaga, begitu beragamnya etnis dan agama di Sumut, kita harus pahami betul perbedaan yang ada, mari kita rawat ini sesuai dengan bingkai NKRI,” tutup Gubernur, didampingi Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Sumut Afifi Lubis dan Kadis Kominfo Sumut Irman Oemar.

MS Nasution
Cakratara

Redaksi Cakratara.com melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI, apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Nusantara

Aksi Solidaritas Wartawan Desak Polisi Tangkap Pembunuh Marshal

Published

on

Wartawan Siantar-Simalungun menggelar aksi solidaritas meminta pihak kepolisian segera menangkap pelaku pembunuhan terhadap Pimpinan Media

PEMATANGSIANTAR, CAKRATARA – Wartawan Siantar-Simalungun menggelar aksi solidaritas meminta pihak kepolisian segera menangkap pelaku pembunuhan terhadap Pimpinan Media Lassernewstoday, Mara Salim Harahap akrab disapa Marshal Harahap yang ditembak OTK saat menuju pulang ke rumahnya pada Jumat (18/6/2021) malam.

Seruan “Tangkap Pembunuh Marsal” menjadi viral di media sosial, bahkan kali ini meninggalnya Wartawan Siantar – Simalungun, Provinsi Sumut menjadi perhatian para Media, Ormas, OKP, Jurnalis, Wartawan dan Pers seluruh Indonesia.

Wartawan Siantar – Simalungun yang merasa prihatin saat ini berkabung atas meninggalnya Marshal Harahap dengan melakukan aksi solidaritas menyerukan “Tangkap Pembunuh Marsal” yang berlangsung di depan Balai Kota Pematangsiantar pada Senin (21/6/21) pukul 09.15WIB.

Setelah membacakan penyataan sikap di hadapan masyarakat dan ratusan insan pers, kembali melakukan aksi long march ke depan Polres Pematangsiantar.

Di depan Polres Pematangsiantar, para wartawan yang melakukan aksi solidaritas meminta supaya Polri khususnya Kepolisian Pematangsiantar dan Polres Simalungun bersinergi segera menangkap pelaku dan otak pembunuhan Marshal dengan menggunakan peluru tajam.

“Kami meminta dan berharap Aparat Penegak Hukum supaya segera menangkap pembunuh Marsal, kami akan selalu desak dan maju,” kata para wartawan sambari menyerahkan pernyataan sikap langsung kepada Kapolres Pematangsiantar.

Kapolres Pematangsiantar, AKBP. Boy Sutan Binanga Siregar SIK yang langsung menerima dan menghadapi rekan rekan pers yang melakukan aksi mengatakan sangat mendukung aspirasi rekan rekan pers dan meminta dukungan serta doa supaya pihak Kepolisian segera mengungkap tragedi pembunuhan Marshal Harahap sebagaimana juga telah diperintahkan.

“Kami dari jajaran Kepolisian sangat mendukung rekan rekan pers dan kami minta doa dan dukungan dari rekan rekna pers supaya kami mampu mengungkapnya” ucap Kapolres Pematangsiantar.

Setelah melakukan aksi solidaritas, Wartawan Siantar – Simalungun kembali bergerak menuju Polres Simalungun di Pamatang Raya untuk menyampaikan aspirasi dan pernyataan sikap untuk segera menangkap pembunuhan Marshal Harahap.

MS Nasution
Cakratara

Continue Reading

Nusantara

Puskesmas Majasari Kembali Gelar Vaksinasi Covid19

Published

on

Puskesmas Majasari menggelar vaksinasi Covid19 di Puskesmas dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid19 yang kembali meningkat

PANDEGLANG, CAKRATARA – Puskesmas Majasari menggelar vaksinasi Covid19 di Puskesmas dalam upaya mencegah terjadinya penyebaran Covid19 yang kembali meningkat di Kabupaten Pandeglang, Banten pada Senin (21/6/21).

Salah seorang peserta Vaksin Adik Rama ( 50 ) mengungkapkan kepada awak media bahwa kewajiban setiap masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, apalagi dirinya sebagai Lurah Karaton Kecamatan Pandeglang sering berinteraksi dengan masyarakat.

“Sebagai kepala Kelurahan Karaton saya wajib turut serta untuk vaksinasi karena sering berinteraksi dengan masyarakat. Alhamdulillah vaksinasi ini tahap ke 2,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Wisnu Supardan, SH.i,. MM mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Saya sudah melaksanakan vaksinasi yang ke 2 kalinya dan saya mengajak kepada warga masyarakat Majasari khususnya agar mengikuti vaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan,” tutupnya.

Lia Barokah
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi