LEBAK, CAKRATARA – Kepolisian Resor (Polres) Lebak siapkan Pasukan Ops Ketupat Maung 2021 yang diawali dengan apel gelar pasukan di Alun-alun Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Rabu (5/5/2021).

Apel gelar Pasukan Ops Ketupat Maung dipimpin oleh Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya,SE,MM didampingi Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana,SIK, Dandim 0603 Lebak Letkol INF Nurwahyudi,M.I.Pol.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Forkopimda Lebak Serta diikuti oleh Personil Gabungan TNI, Polri, Sat Pol PP Lebak, Dishub, BPBD, Tagana, Dinkes dan Banser.

Bupati Lebak Hj. Iti Oktavia Jayabaya,SE,MM dalam Keterangan persnya mengatakan, Polres Lebak siapkan pasukan Ops Ketupat Maung 2021 untuk mempersiapkan menjaga pos-pos penyekatan, karena sudah jelas ada pelarangan mudik guna meminimalisir penyebaran covid-19.

“Sekarang Alhamdulillah Kabupaten Lebak berada di zona kuning yang ini merupakan korelasi 3 bulan lalu, jangan sampai terjadi lonjakan angka covid-19” ujarnya

Sementara itu Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Ade Mulyana,SIK kepada awak media bahwa Polres Lebak siapkan jumlah personil yang diterjunkan dalam pengamanan Idul Fitri 1442 H seluruh stackholder ada 412 orang. Untuk Polri terdiri dari Personil Polres Lebak dan Polsek Jajaran sebanyak 147 orang, jumlah pos ada 12 ( dua belas) pos terdiri dari 7 pospam, 2 Posyan dan 3 Pos Check Point di perbatasan Lebak dengan Sukabumi dan Bogor.

“Untuk masa pelarangan mudik mulai tanggal 06 – 17 Mei 2021, warga yang nekad mudik akan diputar balik. Sebagaimana orang masuk kategori pengecualian sesuai surat edaran satgas Covid-19 pusat harus dilengkapi surat perjalanan dinas dan surat keterangan Rapid Tes antigen,” kata Ade.

Menurutnya, Pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik dengan berbagai pertimbangan dalam rangka menekan sebaran covid-19. Hal itu berdasarkan pengalaman – pengalaman Idul Fitri tahun lalu mengalami peningkatan dan pengalaman di negara lain.

“Kami menghimbau kepada warga masyarakat tidak mudik, lebih baik di tempat masing-masing dan bisa melaksanakan silaturahmi melalui virtual,” tutup Kapolres Lebak AKBP Ade Mulyana.

Anton Hermawan
Cakratara.com