PAPUA, CAKRATARA – Tokoh Pemuda kharismatik Papua, Ali Kabiay mendukung TNI-Polri melakukan penindakan terhadap kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua. Hal ini ditegaskannya di Jayapura pada Jumat (23/4/2021).

Tokoh Pemuda Papua, Ali Kabiay mengatakan, peristiwa keji dan tidak berperikemanusiaan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Kabupaten Puncak, Distrik Beoga telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Perbuatan Kelompok Kriminal Bersenjata KKB itu, kata Ali Kibay, mengakibatkan 2 guru, 1 tukang ojek dan seorang anak sekolah meninggal dunia akibat ditembak.

“Kami mengutuk aksi keji yang dilakukan oleh KKB terhadap warga sipil di kabupaten Puncak, selain itu bangunan sekolah dan helikopter juga ikut dibakar, serta gadis- gadis desa diperkosa,” tandas Tokoh Pemuda Papua itu.

Lebih lanjut, Ali Kibay mengatakan, bahwa tindakan KKB telah melanggar HAM dan sangat menghambat upaya pemerintah dalam membangun Kabupaten Puncak.

“Sebagai anak Papua dan mewakili seluruh elemen Pemuda Papua, saya menyatakan mendukung TNI-Polri untuk melakukan penindakan dan penegakan hukum kepada KKB di Kabupaten Puncak,” tandas Ali Kibay

Menurut Ali, situasi di Distrik Beoga kini telah kembali aman dari gangguan KKB dan aktivitas masyarakat telah berjalan dengan normal kembali.

“Hal ini (keamanan) merupakan suatu keberhasilan dari sinergi TNI-Polri dalam memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat,” tutup Ali Kibay.

Asep Supena
Cakratara.com