KEPULAUAN YAPEN, CAKRATARA – Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Serda Mujianto melaksanakan pemantauan kondisi masyarakat yang ada di wilayah binaannya termasuk menyambangi kediaman warga yang sedang melakukan pembibitan rumput laut di Kampung Sarawandori II, Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen pada Minggu (18/04/2021).

Pemantauan tersebut sebagai wujud kepedulian Babinsa Yapsel di wilayah kepulauan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk selalu memantau kondisi masyarakat yang ada di wilayah binaannya.

Babinsa Yapsel, Serda Mujianto menjelaskan, bahwa kehadirannya merupakan salah satu bentuk dukungan kepada salah satu warganya yang berprofesi sebagai petani rumput laut.

“Ini sangat bagus karena pembudidayaan rumput laut ini sangatlah mudah, biayanya pun murah, serta perawatan yang mudah pula, dengan lahan yang tak begitu luas, namun hasilnya pun sangat memuaskan,” kata Babinsa.

Babinsa Serda Mujianto menambahkan bahwa dengan adanya usaha pembudidayaan rumput laut ini tentunya dapat membawa keuntungan bagi para petani, sehingga mereka yang juga berprofesi sebagai nelayan ini, tak selalu bergantung dengan hasil ikan dilaut, tetapi mendapatkan pemasukan dari budidaya rumput laut ini.

“Dengan bantuannya dalam melakukan pembibitan ini, diharapkan dapat meningkatkan motivasi petani dalam membudidayakan rumput laut, sehingga hasilnya lebih banyak lagi dan tentunya dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” harap Babinsa.

Sementara itu, Yosep Takanyuai sebagai petani rumput laut terlihat tersenyum lebar, turut memberikan apresiasinya kepada Babinsa.

“Kami sekeluarga sangat tersanjung atas kehadiran bapak Babinsa untuk membantu kami dalam pembibitan rumput laut ini, terima kasih telah mendukung kami, semoga Tuhan selalu memberkatimu dalam tugas dan juga memberkati segala usaha yang kita lakukan,” tutupnya.

Asep Supena
Cakratara.com