Connect with us

Nusantara

Warga Parungsari Tolak Kandang Ayam Dekat Sekolah

Published

on

Warga Desa Parungsari menyatakan keberatan atas adanya rencana akan dibangunnya kandang ayam yang tak jauh dari sarana pendidikan (sekolah)

LEBAK, CAKRATARA – Warga Desa Parungsari menyatakan keberatan atas adanya rencana akan dibangunnya kandang ayam ‘close house‘ yang tak jauh dari sarana pendidikan (sekolah) yakni berjarak sekitar 500 m dan dianggap menganggu kesehatan di Kampung Pasir Waru, Desa Parungsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Dalam surat pernyataan keberatan itu, warga Parungsari meminta agar pemerintah meninjau ulang perizinan lingkungan rencana pembangunan kandang ayam tersebut.

Menanggapi hal itu, H. Moch. Arief, Anggota DPRD Lebak, Fraksi Nasdem mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Lebak harus segera merespon aspirasi masyarakat Lebak. Menurutnya, jangan terlalu memaksakan investasi tapi mengabaikan hak-hak Warga Parungsari Kabupaten Lebak.

Terkait keberadaan rencana pembangunan kandang ayam dekat sarana pendidikan di area tersebut, lanjut Moch. Arief, ini tentunya yang harus menjadi skala prioritas dalam memberikan keamanan dan kenyamanan peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Jangan justru diganggu dengan adanya ternak tersebut, ini jelas telah menghambat para siswa dalam belajar di sekolah tersebut. Selain itu pula, tentunya akan berdampak pula terhadap kesehatan lingkungan sekitar termasuk yang ada di lingkungan sekolah, baik siswa, pendidik dan tenaga kependidikan,” kata Moch. Arief kepada wartawan pada Jumat (17/4/2021).

Advertisement

Jadi, kata Moch. Arief, terkait rencana ternak di area tersebut sebaiknya dibatalkan dan Pemerintah Kabupaten Lebak harus mengkaji ulang rencana pembangunan kandang ayam tersebut.

“Kalau dihitung nilai investasi berapa jumlah rupiahnya masuk PAD dibandingkan dengan dampaknya, kadang suka heran apakah izin tidak melalui survey sehingga jarak dengan sekolah diabaikan,” tutupnya.

Anton Hermawan
Cakratara.com

Advertisement
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications