Connect with us

TNI-Polri

Pasca Gempa Bumi, Kabid Humas Polda Banten Himbau Warga Tak Panik

Published

on

Pasca gempa bumi tektonik yang mengguncang Selatan Jawa, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menghimbau masyarakat tetap tenang

SERANG, CAKRATARA – Pasca gempa bumi tektonik yang mengguncang Selatan Jawa, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik.

Seperti diketahui, gempa tektonik yang terjadi pada hari Rabu, 14 April 2021 pukul 13.28.40 WIB, mengguncang  wilayah Selatan Jawa.

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo  M=5,1 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=4,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 21 km.

“Sesuai informasi dari BMKG, berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Dan kepada masyarakat, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Edy Sumardi, Rabu (14/04/2021).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Guncangan pasca gempa bumi ini dirasakan di daerah Kalapanunggal, Cisaat Kab. Sukabumi III MMI, Jakarta, Bayah, Pelabuhan Ratu, Palangpang Ciemas, Sagaranten, Curug Kembar II MMI.

Kabid Humas mengatakan, setelah melakukan konfirmasi ke seluruh Polres jajaran, situasi aman dan tidak ada kerusakan apa apa.

“Kami himbau warga untuk pastikan informasi resmi, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, seperti website, instagram, twitter akun BMKG,” tutupnya.

Asep D Mulyadi
Cakratara.com

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Meningkatkan Sinergitas Kapolsek Bayah Sowan Kepada Tokoh Masyarakat

Published

on

AKP R. Ampri, SH, M.H dalam menindak lanjuti program Kapolda Banten dalam meningkatkan sinergitas dan kedekatan Polisi dengan masyarakat

LEBAK, CAKRATARA – Kepala Kepolisan Sektor Bayah Resort Lebak AKP R. Ampri, SH, M.H dalam menindak lanjuti program Kapolda Banten dalam meningkatkan sinergitas dan kedekatan Polisi dengan masyarakat, melakukan sowan kepada tokoh masyarakat (Tokmas) Desa Cisuren Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Senin (29/11/2021).

Kehadiran Kapolsek Bayah, yang melakukan kunjungan silahturahmi dan sowan kepada tokoh masyarakat dalam meningkatkan sinergitas dengan berbagai elemen, disambut baik oleh tokoh masyarakat (Tokmas) di Kampung Cisuren Desa Cisuren Kecamayan Bayah Kebupaten Lebak.

Dikatakan Kapolsek Bayah Polres Lebak, bahwa silaturahmi ini dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Bayah khususnya Desa Cisuren yang kondusif, dan mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan tokoh masyarakat (Tokmas). Selain itu, pada kegiatan ini juga mengajak para tokoh masyarakat agar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Prokes Covid-19.

Sesuai arahan Kapolres Lebak AKBP Teddy Rayendra, S.I.K, M.I.K melalui Kapolsek Bayah AKP R. Ampri, SH, M.H menjelaskan, kunjungan ini kami laksanakan dalam rangka memperkenalkan diri saya kepada tokoh masyarakat dan mempererat tali silaturahmi Polri dengan tokoh masyarakat (Tomas) dalam menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Kecamatan Bayah khususnya Desa Cisuren,” ujar Kapolsek

Kapolsek Bayah juga menjelaskan, kegiatan sowan melakukan silaturahmi
kepada para tokoh agama (Toga) tokoh masyarakat (Tomas) dan tokoh pemuda (Toda) ini, selain mempererat silaturahmi, kegiatan ini juga untuk mengetahui permasalahan dan harapan masyarakat guna menjaga Kamtibmas dan Kondusifitas,” Imbuhnya.

AKP R. Ampri menambahkan, dengan adanya komunikasi diharapkan akan terjalin dengan baik sinergitas antara Polri dan para tokoh-tokoh masyarakat maupun masyarakat di Kecamatan Bayah, terutama dalam hal mendukung program pemerintah percepatan Vaksinas Covid-19.

“Dengan sinergitas penanganan terpadu, tentunya peran tokoh masyarakat sangat dibutuhkan. Melalui silaturahmi atau sowan ini diharapkan mampu menyerap aspirasi dan dapat menekan potensi gangguan Kamtibmas di masyarakat,” tukasnya.

Red
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

Anev Mingguan Polda Banten Rincikan Pembagian Jutaan Masker

Published

on

Polda Banten melaksanakan Analisa dan Evaluasi (Anev) mingguan terkait gangguan Kamtibmas dan kejadian menonjol yang terjadi

SERANG, CAKRATARA – Polda Banten melaksanakan Analisa dan Evaluasi (Anev) mingguan terkait gangguan Kamtibmas dan kejadian menonjol yang terjadi di wilayah hukum Polda Banten minggu ke-IV November 2021.

Paparan Anev mingguan ini dipaparkan langsung oleh Karoops Polda Banten KBP Amiludin Roemtaat di ruangan Vicon Polda Banten, Senin (29/11/21).

Dalam kesempatan ini Roemtaat menjelaskan jumlah pembagian masker di wilayah hukum Polda Banten dalam minggu ini Polda Banten dan Polres jajaran telah membagikan masker sebanyak 17.739.912.

“Pembagian masker di Polda Banten dan Polres jajaran rincian pembagian masker per wilayah sebagai berikut, Polda Banten sebanyak 442.744, Polresta Tangerang sebanyak 8.447.505, Polres Serang Kota sebanyak 2.109.185, Polres Serang sebanyak 2.840.504, Polres Cilegon sebanyak 704.414, Polres Pandeglang sebanyak 1.628.750,  dan Polres Lebak sebanyak 1.566.810,” ungkap Roemtaat merincikan pembagian masker.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengatakan tujuan dari kegiatan anev mingguan adalah untuk menganalisa dan evaluasi terkait adanya kejadian di Wilayah Hukum Polda Banten.

“Kegiatan anev ini bertujuan untuk menganalisa dan evaluasi terkait adanya kejadian yang terjadi di Wilayah Hukum Polda Banten,” ujar Kabid Humas Polda Banten.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut juga dibahas antisipasi terhadap isu-isu yang yang bisa menimbulkan keresahan di masyarakat khususnya di Banten sehingga dapat terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polda Banten.

Anton Hermawan
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications