Connect with us

TNI-Polri

Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Tegaldlimo Resmi Dikukuhkan

Published

on

Kampung Siaga Bencana (KSB) Purwo Buwono Kecamatan Tegaldlimo yang dilaksanakan di halaman Lapangan Desa Kedungasri Kecamatan Tegaldlimo

BANYUWANGI, CAKRATARA – Koramil 0825/09 Tegaldlimo bersama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi bersama-sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dalam rangka pengukuhan Kampung Siaga Bencana (KSB) Purwo Buwono Kecamatan Tegaldlimo yang dilaksanakan di halaman Lapangan Desa Kedungasri Kecamatan Tegaldlimo, Kamis (15/04/2021).

Dalam kegiatan tersebut Danramil bersama anggota Babinsa laksanakan Apel Siaga Bersama yang dipimpin oleh wakil Bupati Banyuwangi Bapak Sugirah, dalam hal ini mewakili Bupati Banyuwangi yang pesertanya terdiri dari para Tagana (Taruna Tanggap Bencana) Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Banyuwangi bersama dengan Relawan Kampung Siaga Bencana Purwo Buwono Kecamatan Tegaldlimo, para Pelajar dan Instansi terkait, yang dilanjutkan dengan penyerahan Bahan Pemberian Logistik Bencana (Bufferstock) yang merupakan bentuk dukungan dari Kemeterian Sosial RI melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tmur yang diserahkan oleh Wakil Bupati Banyuwangi, kepada Relawan Anggota KSB “Purwo Buwono” dilakukan secara simbolis.

Tujuan dibentuknya Kampung Siaga Bencana adalah mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan bencana diperlukan basis yang kuat dari warga masyarakat itu sendiri agar penanggulangan bencana tidak hanya menjadi kebutuhan sampingan, tetapi melembaga sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, maka keberadaannya perlu mendapat pengukuhan dan penetapan yuridis formal dalam sistem penanggulangan bencana nasional agar dapat disetarakan dengan unsur-unsur penanggulangan bencana formal lainnya untuk menumbuhkan semangat relawan dan rasa tanggung jawab sosial.

KSB pada hakekatnya adalah relawan yang direkrut dan dilatih dari masyarakat yang menjunjung nilai-nilai ketulusan dan keikhlasan bagi kemanusiaan serta bukan keterpaksaan, artinya berbuat untuk sesama secara rela tapi dilaksanakan dengan suka cita tanpa berpamrih apapun.

Dipenghujung kegiatan tersebut para Relawan KSB “Purwo Buwono” bersama Unit Recue Dinas Sosial  Provinsi Kalteng dan Dinas Sosial Kabupaten Gumas dibantu Instansi terkait bersama-sama melakukan unjuk kebolehan dalam Simulasi Penanggulangan Bencana, sandainya terjadi bencana alam melanda yang sukses dilakukan dengan sangat baik dan terlatih.

Kapten Inf Ali Mukhaedori Danramil 0825/09 menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Jawa Timur, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan para Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Jawa Timur serta semua pihak yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga dapat terlaksana dengan baik,”ucapnya

“Kegiatan simulasi ini dilakukan untuk melatih masyarakat agar tanggap bencana, meski di Kabupaten Banyuwangi sendiri terkait bencana alam tidak begitu mengkhawatirkan,”ujarnya

“Secara eskalasi bencana di Kabupaten Banyuwangi tidak mengkhawatirkan, seperti Gunung Meletus, bencana angin puting beliung pun tergolong jarang sekali bahkan tidak ada‎,” tutupnya.

Satrawi (Darwis)
Cakratara.com

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Posko Mobil Polres Lebak Terus Himbau Prokes

Published

on

Belum berakhirnya pandemi covid-19, Posko Mobile Masker Polres Lebak Polda Banten Keliling Himbau Prokes dan Bagikan Masker ke Warga

LEBAK, CAKRATARA – Belum berakhirnya pandemi covid-19, Posko Mobile Masker Polres Lebak Polda Banten Keliling Himbau Prokes dan Bagikan Masker ke Warga masyarakat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Rabu (27/10/2021)

Kegiatan tersebut dipimpin Kasat Binmas Iptu Supar, SH didampingi KBO Sat Binmas IPDA Tjick Denmark bersama Personil Sat Binmas Polres Lebak bagikan masker dan berikan himbauan prokes ke warga di seputaran kota Rangkasbitung.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Teddy Rayendra,SIK,M.I.K. melalui Kasat Binmas Iptu Supar, SH mengatakan,
“Belum berakhirnya Pandemi Covid-19, Posko Mobile Masker Polres Lebak Polda Banten terus Keliling Himbau Prokes dan Bagikan Masker ke Warga masyarakat wilayah Kabupaten Lebak,” ujar Supar.

Kasat Binmas menjelaskan, “Posko Mobile Masker Polres Lebak ini diadakan guna mengingatkan warga agar selalu taat kepada Prokes untuk mewujudkan Kabupaten Lebak yang bebas Covid-19,” jelas Supar.

“Hari ini posko mobile masker menghimbau warga masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan bagikan masker di seputaran kota Rangkasbitung seperti di pasar Rangkasbitung, sekitar jalan sunan Kalijaga dan terminal, ” ungkapnya.

“Jangan lengah, jangan abai akan protokol kesehatan karena pandemi covid-19 belum berakhir, dan terakhir ayo ikuti giat vaksinasi yang belum vaksin ayo vaksin,” tutupnya.

Herdi
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

Bhabinkamtibmas Polsek Carita Jalin Komunikasi

Published

on

Bhabinkamtibmas Polsek Carita Polres Pandeglang, laksanakan sambang dan mendatangi beberapa masyarakatdalam upaya penggalangan

PANDEGLANG, CAKRATARA – Bhabinkamtibmas Polsek Carita Polres Pandeglang, laksanakan sambang dan mendatangi beberapa masyarakat dalam upaya penggalangan dan menyampaikan pesan Kamtibmas serta mengajak untuk bekerjasama dan mendukung program pemerintah agar selalu menjaga dan laksanakan Prokes, Rabu (27/10/2021).

Bhabinkamtias Polsek Carita yang lakukan giat Patroli dan sambang di Kampung Pasawahan Desa Carita Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, mendapat apresiasi dari Bahrudin selaku tokoh pemuda Kampung Pasawahan Desa Carita Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, wilkum Polsek Carita menyambut baik giat patroli sambang dari Polsek carita ini.

Dalam kegiatan sambang ini, Kapolsek Carita mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga dan memelihara Kamtibmas dan agar memperhatikan Protokol kesehatan dalam segala bentuk kegiatan masyarakat ini merupakan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID 19.

Dalam kesempatan itu Kapolsek Carita Iptu Dadan memberikan himbauan kepada masyarakat agar terus menjaga Kamtibmas dan selalu laksanakan 5 M sesuai anjuran pemerintah

“Kita berharap masyarakat Carita terbebas dari segala bentuk gangguan Kamtibmas dan dari penyebaran virus COVID 19 serta terjalinnya kerjasama dalam upaya pencegahan penularan virus COVID 19 di wilkum Polsek Pandeglang,” ajak Kapolsek Carita.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat menyadari dan penuh rasa kesadaran untuk laksanakan vaksinasi dan bisa dilakukan dengan baik, pungkasnya.

Saripin
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending