LEBAK, CAKRATARA – Warga Terjangkit DBD sehingga Puskesmas Bayah menurunkan tim untuk melakukan pengasapan atau Fogging di Kampung Bayah 1, Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kabupaten Banten, Jum’at (09/4/2021).

Pengasapan atau Fogging ini dilakukan pihak Puskesmas Bayah atas permohonan warga yang belakangan ini diresahkan oleh merebaknya Warga Terjangkit DBD yang menjangkit beberapa orang warga terdiri dari balita, anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh karena itu, mengantisipasi Warga Terjangkit DBD serta untuk memutus perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti sebagai pembawa penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) ini, tim dari Puskesmas Bayah melakukan Fogging di area pemukiman Kampung Bayah 1 ( satu ) Desa Bayah Barat.

Kepala Puskesmas Bayah dr. Erwan berharap, untuk memutus perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti, DBD diharapkan masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dan di rumah-rumah agar membersihkan dan memusnahkan tempat-tempat yang sekiranya akan menjadi sarang atau berkembang biak jentik nyamuk.

“Saya berharap agar pengendalian pengembangbiakan jentik dan nyamuk Aedes Aegypti ini bisa maksimal, masyarakat bisa menjaga kebersihan di lingkungan dan rumahnya masing-masing. Jangan sampai Fogging dilakukan tetapi kebersihan lingkungan tidak terjaga,” ujar dr. Erwan melalui pesan WhatsApp.

Adanya pelaksanaan Fogging ini, mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari Kepala Desa Bayah Barat M. Ridwan. Ia juga berpesan kepada warga masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada dr. Erwan selaku Kepala Puskesmas Bayah yang telah cepat tanggap terhadap permohonan warga untuk melakukan Fogging, yang belakangan ini dikhawatirkan dengan adanya wabah DBD yang menjangkiti warga,” ujar Kades.

“Saya juga berharap kepada warga, karena untuk membunuh atau memusnahkan perkembang biakan nyamuk Aedes Aegypti ini bukan hanya dilakukan Fogging saja, akan tetapi kita juga harus menjaga kebersihan, terutama jangan ada genangan-genangan air yang akan dijadikan sarang nyamuk. Semoga kedepan tidak ada lagi warga yang terjangkit DBD,” imbuh Ridwan.

Sementara itu, warga Kampung Bayah 1 ( satu ) melaui ketua RT 05 /RW 04 Desa Bayah Barat Purnama menyampaikan terima kasih kepada pihak Puskesmas Bayah yang telah menurunkan tim untuk melakukan Fogging di lingkungan dan rumah-rumah warga.

“Saya atas nama warga mengucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Bayah, khususnya dr. Erwan yang telah melakukan Fogging di rumah-rumah warga dan lingkungan kami. Semoga tidak ada lagi kekhawatiran dan tidak ada lagi warga yang terjangkit DBD,” harapnya.

“Saya juga berharap agar masyarakat melaksanakan apa yang dianjurkan oleh dr. Erwan, yaitu untuk dapat menjaga kebersihan,” tutup Purnama.

Asep D Mulyadi
Cakratara.com