Connect with us

TNI-Polri

Seorang Guru di Puncak Papua Jadi Korban Pembunuhan KKB

Published

on

Seorang Guru bernama Oktovianus Rayo (43) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kampung Julukoma Distrik Beoga Kabupaten Puncak menjadi korban

PAPUA, CAKRATARA – Seorang Guru bernama Oktovianus Rayo (43) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kampung Julukoma Distrik Beoga Kabupaten Puncak menjadi korban pembunuhan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, seorang Guru Oktovianus Rayo tewas setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Sabinus Walker di bagian rusuk kanan dan perut sebelah kanan di kios miliknya pada Kamis (8/4/2021) pukul 09.30 WIT.

“Korban ditembak dengan senjata pendek saat berada di kios miliknya, dan meninggal dengan dua tembakan di bagian rusuk kanan dan perut. Pelaku penembakan adalah kelompok dari Sabinus Waker,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Dikatakan Kapolda Papua, saat penembakan itu beberapa rekan korban ada di lokasi kejadian dan karena ketakutan kemudian melarikan diri ke dalam hutan untuk berlindung. Namun pada akhirnya berhasil ditemukan oleh warga dengan selamat, meski dalam keadaan trauma.

Lebih lanjut, Kapolda Papua menerangkan, kejadian itu belum diketahui motif penembakan oleh Sabinus waker dan kelompoknya tersebut. Namun dari informasi yang diperoleh keberadaan Sabinus Waker di Puncak Ilaga atas undangan dari Lekagek Telenggen.

“Belum tahu pasti, yang jelas, Sabinus datang kesana atas undangan Lekage terkait dengan penyelesaian perang suku di Puncak,” ujarnya.

Kapolda juga mengatakan bahwa pembunuhan ini merupakan aksi biadab, lantaran korban merupakan pejuang kemanusiaan yang bertanggung jawab untuk mendidik anak bangsa.

“Seharusnya tenaga pendidikan dan kesehatan harus dilindungi, karena mereka adalah ujung tombak untuk membangun generasi penerus bangsa ke depan khususnya anak-anak Papua,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa dalam waktu cepat pihaknya akan menyusun perkuatan yang nantinya dikirim ke Ilaga Puncak untuk melakukan penindakan terhadap kelompok tersebut.

“Kami akan melakukan langkah-langkah penindakan untuk penegakan hukum kepada para pelaku,” tutup Kapolda Papua.

Asep Supena
Cakratara.com

Redaksi Cakratara.com melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI, apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

HUT Kodam I/BB, Kapolres Batu Bara Wujudkan Sinergitas TNI-Polri

Published

on

Kapolres Batu Bara bersama para Pejabat Utama melaksanakan kunjungan mewujudkan sinergitas dalam rangka merayakan HUT Kodam I Bukit Barisan

BATU BARA, CAKRATARA – Kapolres Batu Bara bersama para Pejabat Utama melaksanakan kunjungan mewujudkan sinergitas dalam rangka merayakan HUT Kodam I Bukit Barisan ke – 71 tanggal 20 Juni 1950 – 20 Juni 2021 ke Kodim 0208 / AS bertempat di Mako Kodim 0208/AS, Senin (21/6/21) sekitar pukul 12.00 WIB.

Kegiatan sinergisitas TNI-Polri dalam rangka HUT Kodam I/BB tersebut dihadiri Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis,SH,MH, Wakapolres Batu bara Kompol Rudy Candra,SH,MM., Kabag Ops Polres batu bara Kompol Hendri Nupia Dinka Barus,SH,S.I.K,. Kabag Sumda Kompol Elfrida Lumba Raja,SE,.Kasat Binmas Akp M.Safi’i,.Kasat Narkoba Akp Sastrawan Tarigan,SH,MH,.Kasubbag Polres Batu bara Akp Zulham,(Plh) Kasdim Kapten. Inf. Jamil,Pasi Intel Kapten. Kav. Basri Lubis,Pasi Ops. Letda. S.M. Butar Butar,Pasi Ter. Letda. R. Damanik,Danramil 13/BP Kapten. Inf. Mulyanto,Personil Polres Batu Bara yang terlibat dalam kegiatan tersebut, Serta Mitra Wartawan.

Rombongan Polres Batu Bara Tiba di Mako Kodim 0208/AS disambut oleh beberapa personel Kodim diantaranya, (plh) Kasdim Kapten. Inf. Jamil,Pasi Intel Kapten. (Kav)Basri Lubis,Pasi Ops. Letda. S.M. Butar Butar,Pasi (Ter) Letda. R. Damanik,Danramil 13/BP Kapten.(Inf) Mulyanto.

Dalam sambutannya, Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan Lubis,SH, MH,.mengucapkan selamat HUT TNI Kodam I/BB Ke 71. Kepada seluruh rekan-rekan kodim 0208/AS yang bertugas di wilayah hukum Kabupaten Asahan dan Batu Bara telah hadir menjalin sinergisitas TNI- Polri.

“Sejak saya resmi menjabat sebagai Kapolres Batu Bara sudah membuat agenda untuk selalu menjalin kekompakan serta meningkatkan sinergisitas dalam segala hal terutama menyambut HUT Kodam I/BB Ke 71 sekaligus pemotongan kue HUT Kodam I Bukit Barisan,” cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Polres Batu Bara melaksanakan pemotongan kue bersama PJU dan jajaran Kodim 0208/AS seraya mengucapkan rasa syukur masih bisa diberikan kesempatan dalam kunjungan ini.

Pisah sambut serta ucapan selamat dari Polres Batu Bara mengakhiri kunjungan sinergisitas TNI-Polri. Kegiatan ini berjalan lancar serta dalam situasi kondusif.

Rudi
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

Dua Pasien Covid19 Varian Baru Berhasil Disembuhkan

Published

on

Dua pasien dengan varian baru Delta B.1.617.2 (India) berhasil disembuhkan. disampaikan Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan

SURABAYA, CAKRATARA – Dua pasien dengan varian baru Delta B.1.617.2 (India) berhasil disembuhkan. Hal tersebut disampaikan Penanggungjawab Rumah Sakit Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp. BTKV saat jumpa pers di Surabaya, Senin (21/6/2021).

Lebih lanjut Laksma TNI dr. I Dewa Gede mengatakan bahwa hari ini RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya kembali “mewisuda” 33 pasien pada periode ke 359. Mereka dinyatakan sembuh oleh DPJP (Dokter Penanggung Jawab Pasien), menjalani prosesi “wisuda” penyintas covid-19 dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Laksma TNI dr I Dewa Gede menjelaskan terkait 33 pasien yang ke RS hari ini terdiri dari 2 orang PMI, 7 umum dan 24 orang dari klaster Bangkalan,dimana dua orang diantaranya adalah pasien yang kemarin terkonfirmasi varian baru Delta, yakni Mr. M dan Mr. N.

“Tanggal 6 Juni mereka masuk RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya, Px. 7529 Mr. M asal Bangkalan dengan Gejala Ringan (Meriang), Tanpa Komorbid. dan Px. 7520 Mr. N asal Sampang dengan Gejala Ringan (Panas), Tanpa Komorbid, setelah menjalani perawatan dan pengobatan hari ini 21Juni 2021 dinyatakan sembuh dan boleh pulang,” ujar Laksma TNI dr. I Dewa Gede.

dr. I Dewa Gede menyatakan bahwa RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya telah berhasil menangani dan menyembuhkan dua pasien Covid19 dengan varian baru Delta.

“Selamat kepada semua pasien yang sembuh hari ini (termasuk dua pasien Covid19 yang terkonfirmasi varian baru Delta). Kami berpesan untuk selalu menjaga dan menjalankan protokol kesehatan secara konsisten, terus berusaha menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh melalui makan makanan bergizi, asupan vitamin yang cukup (terutama yang bersumber dari buah-buahan), serta istirahat yang cukup saat badan melai teras lelah baik fisik maupun pikiran/mental,” tuturnya.

“Pesan ini tidak saja ditujukan pada mereka yang “wisuda” tapi juga dititipkan untuk disampaikan kepada saudara, keluarga, tetangga dan masyarakat luas lainnya,” tambah Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra.

Laksma TNI dr I Dewa Gede Nalendra juga menyampaikan bahwa Covid-19 itu bisa ditangani dan disembuhkan, masyarakat tidak perlu terlalu takut. Namun demikian, harus tetap waspada dengan tipologi varian baru yang lebih cepat menular dan menyebar, lebih cepat daya rusaknya (apabila tidak segera ditangani) serta menyerang pula pada orang usia muda.

“Tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan (ini yang baru) menghindari makan bersama, adalah langkah yang harus dijalankan selama pandemi belum berakhir, dan dijadikan kebiasaan baru yang dapat menjaga diri dari paparan Covid-19,” pesan Laksma TNI dr. I Dewa Gede.

Lebih jelas Laksma TNI dr.I Dewa Gede menjabarkan  bahwa sejak Mei 2021, RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya total telah menerima konfirmasi 7 pasien varian baru B.117 (Strain Inggris) 1 orang, B.1351 (strain Afrika Selatan) 1 orang dan B.1.617.2 (strain India) 5 orang. Strain Inggris dan Afsel didapat dari sampel Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan strain India semua berasal dari Klaster Bangkalan, yang dikirimkan oleh Satgas Covid-19 Surabaya, hasil dari tracing Pencegatan Suramadu sisi Surabaya pada tanggal 6 Juni 2021.

“Pasien dengan varian B.117 (Strain Inggris) dan B.1351 (strain Afrika Selatan) dari PMI ditangani dengan baik. Ms. P dirawat 14 hari dan Mr. M dirawat 18 hari, 2x swab negatif dan sudah dinyatakan sembuh. Seorang pasien varian baru India pindah faskes 12 Juni 2021 RS di Bojonegoro dengan pertimbangan lebih dekat domisili. 2 orang sembuh hari ini dan 2 orang masih dirawat dengan kondisi yang stabil,” jelas Laksma TNI dr. I Dewa Gede.

“Yang masih dirawat tetap mendapatkan penangan khusus yaitu di ruangan tersendiri, dengan monitoring dan observasi sesuai ketentuan KMK dan tata laksanan pelayanan pasien khusus. Kondisi klinis akan dimonitoring dengan ketat, serta penangan lebih serius dari para dokter dan nakes RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya  serta didampingi penanganan non medis oleh relawan pendamping Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya,” pungkas dr I Dewa Gede.

Pada kesempatan yang sama, Radian Jadid selaku Ketua Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 RS lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya membeberkan data relawan hari ini.

“Jumlah pasien yang dirawat per Hari ini Senin, 21 Juni 2021 Pukul  13.30 WIB. sejumlah 341 orang terdiri dari PMI 58, Klaster Madura 204, dan Umum/Mandiri 79 orang. Jumlah inden (antri masuk) 65 orang,” kata Radian Jadid.

“Daya tampung RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya 410 bed, sekarang terisi 341 pasien. Masih ada space 69 bed, dengan jumlah inden 65 calon pasien. Hingga hari ini RS Lapangan Kogabwilhan II Indrapura Surabaya, total sudah melayani 8.016 pasien dan telah berhasil menyembuhan 7.342 orang. Tingkat kesembuhan 96,76 persen dengan angka kontribusi tingkat Nasional 0,44 persen, Jawa Timur 5,09 persen dan Surabaya 31,83 persen,” tutup Radian Jadid.

Asep Supena
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi