Connect with us

TNI-Polri

Seorang Guru di Puncak Papua Jadi Korban Pembunuhan KKB

Published

on

Seorang Guru bernama Oktovianus Rayo (43) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kampung Julukoma Distrik Beoga Kabupaten Puncak menjadi korban

PAPUA, CAKRATARA – Seorang Guru bernama Oktovianus Rayo (43) di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kampung Julukoma Distrik Beoga Kabupaten Puncak menjadi korban pembunuhan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengatakan, seorang Guru Oktovianus Rayo tewas setelah ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Sabinus Walker di bagian rusuk kanan dan perut sebelah kanan di kios miliknya pada Kamis (8/4/2021) pukul 09.30 WIT.

“Korban ditembak dengan senjata pendek saat berada di kios miliknya, dan meninggal dengan dua tembakan di bagian rusuk kanan dan perut. Pelaku penembakan adalah kelompok dari Sabinus Waker,” ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Dikatakan Kapolda Papua, saat penembakan itu beberapa rekan korban ada di lokasi kejadian dan karena ketakutan kemudian melarikan diri ke dalam hutan untuk berlindung. Namun pada akhirnya berhasil ditemukan oleh warga dengan selamat, meski dalam keadaan trauma.

Lebih lanjut, Kapolda Papua menerangkan, kejadian itu belum diketahui motif penembakan oleh Sabinus waker dan kelompoknya tersebut. Namun dari informasi yang diperoleh keberadaan Sabinus Waker di Puncak Ilaga atas undangan dari Lekagek Telenggen.

“Belum tahu pasti, yang jelas, Sabinus datang kesana atas undangan Lekage terkait dengan penyelesaian perang suku di Puncak,” ujarnya.

Kapolda juga mengatakan bahwa pembunuhan ini merupakan aksi biadab, lantaran korban merupakan pejuang kemanusiaan yang bertanggung jawab untuk mendidik anak bangsa.

“Seharusnya tenaga pendidikan dan kesehatan harus dilindungi, karena mereka adalah ujung tombak untuk membangun generasi penerus bangsa ke depan khususnya anak-anak Papua,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa dalam waktu cepat pihaknya akan menyusun perkuatan yang nantinya dikirim ke Ilaga Puncak untuk melakukan penindakan terhadap kelompok tersebut.

“Kami akan melakukan langkah-langkah penindakan untuk penegakan hukum kepada para pelaku,” tutup Kapolda Papua.

Asep Supena
Cakratara.com

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Pangdam XVII/Cenderawasih Ikuti Vicon Bahas Covid -19 dan Nataru dengan Panglima TNI

Published

on

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19,

JAYAPURA, CAKRATARA – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A mengikuti Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19, Vaksinasi serta Pengamanan Menghadapi Natal dan Tahun Baru yang dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P melalui Video Conference di Ruang Puskodalops Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (26/10/2021).

Dalam arahannya, Panglima TNI  menyampaikan bahwa saat ini penanganan Covid-19 di Indonesia sudah cukup baik, dimana secara umum kasusnya sudah menurun sampai dengan 5 %. Ditambahkan juga bahwa hal tersebut tidak boleh membuat penanganan menjadi lengah namun tetap harus waspada.

Selanjutnya Panglima TNI juga menegaskan bahwa kelonggaran aktivitas sosial dan ekonomi sudah dilaksanakan serta pembelajaran tatap muka sudah dimulai di beberapa daerah di Indonesia. Terkait hal tersebut Provinsi yang akan menjadi tuan rumah belajar tatap muka untuk pertama kalinya adalah Bali dan Lombok.

Panglima TNI juga menambahkan tentang program Testing dan Tracing yang dilakukan bagi mereka yang bergejala sakit pada saluran pernapasan serta kontak erat dengan penderita Covid-19. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di daerah masing-masing.

Terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru yang sudah semakin dekat, Panglima TNI mengarahkan kepada para Pangdam untuk berkoordinasi dengan instansi lainnya dalam mewaspadai rencana mudik di daerah masing-masing sehingga tidak terjadi lonjakan kasus.

Lebih lanjut ditekankan juga bahwa program vaksinasi terus dilakukan terutama di wilayah-wilayah yang diperkirakan masyarakatnya akan melakukan mudik Natal sehingga pada bulan November ini diharapkan capaian vaksinasi Covid-19 bagi daerah yang belum mencapai 50% harus sudah mencapai 50%. Selain itu diharapkan pada bulan Desember semua daerah sudah mencapai 70%. Khusus bagi Provinsi Aceh dan Papua cakupan vaksinasi belum mencapai 70 % dan masih sangat kurang.

Sementara itu di akhir arahannya, Panglima TNI berpesan agar senantiasa tetap mempedomani Protokol Kesehatan dan wajib melaksanakan 3 M yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan yang harus terus disampaikan kepada masyarakat. Selain itu ditekankan juga agar pelaksanaan 3 T tetap dioptimalkan dan meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah masing-masing yang masih kurang serta melaksanakan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi agar kesemuanya dapat berjalan dengan lancar.

Turut hadir Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Veryanto Napitupulu, Aster Kasdam XVII/ Cenderawasih Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi dan Kakesdam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr I Nyoman Linggih.

Red Cakratara

 

 

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading

TNI-Polri

Kogabwilhan I Terima Kunjungan Kerja Tim Itjen TNI

Published

on

Kogabwilhan I dalam hal ini diwakili oleh Ir Kogabwilhan I Laksma TNI Sri Gunanto, C.Fr.A. menerima kunjungan kerja dari tim Itjen TNI

TANJUNG PINANG, CAKRATARA – Kogabwilhan I dalam hal ini diwakili oleh Ir Kogabwilhan I Laksma TNI Sri Gunanto, C.Fr.A. menerima kunjungan kerja dari tim Itjen TNI bersama tim yang dipimpin Laksma TNI Agus Priyatna, S.T., M.M., M.Tr.Ap., C.Fr.A, bertempat di Mako Kogabwilhan I Jl. Letjen M.T. Haryono Km 3,5 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (26/10/2021).

Tim Itjen TNI berkunjung ke Kogabwilhan I dalam rangka melaksanakan audit kinerja periode IV tahun 2021. Kegiatan diawali dengan kegiatan entry briefing di Ruang Rapat Mako Kogabwilhan I yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama dan staff Kogabwilhan I bersama tim dari Itjen TNI.

Pada kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr. Opsla yang diwakili oleh Ir kogabwilhan I menyampaikan bahwa kegiatan audit kinerja ini merupakan bagian dari kegiatan yang harus dilalui sebagai bahan evaluasi dan koreksi bagi Kinerja Kogabwilhan I. Dijelaskan pula bahwa Kogabwilhan I sudah berjalan selama dua tahun.

Sementara itu, Irops Itjen TNI Laksma TNI

Sebelumnya1 dari 2

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending