Connect with us

TNI-Polri

Jelang Ramadhan Kapolri Kunjungi Ponpes Salafiah Tajul Falah Lebak

Published

on

LEBAK, CAKRATARA – Jelang Ramadhan mobilitas Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. melasanakan kunjungan silaturahmi ke Ponpes Salafiah Tajul Falah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada (10/4/2021) akhir pekan ini.

Jelang Ramadhan kunjungan Kapolri Sigit ke Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiah Tajul Falah akan menggunakan helikopter langsung menuju Lebak mendarat di Batalion Mandala Yudha.

Mengetahui hal itu, Kapolda Banten, Irjen Pol. Rudy Heriyanto Adi Nugroho, S.H., M.H., pada Kamis (8/4/21) meninjau lokasi-lokasi rangkaian kunjungan Kapolri itu.

“Kapolri sekalian silaturahmi juga ke Pesantren ‘Tajul Falah’,” ungkap Kapolda Rudy sepulang dari Lebak didampingi pejabat utama Polda Banten seperti Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol. Rudi Purnomo, S.I.K., Kabid Humas, Kombes Pol. Edy Sumardi P., S.I.K., M.H., dan Kapolres Lebak, AKBP Ade Mulyana, S.I.K.

Sigit pernah menjadi Kapolda Banten pada 5 Oktober hingga 13 Agustus 2018 menggantikan Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, kini Irjen Pol Kapolda Jabar yang waktu itu alih tugas menjadi Kapolda Yogyakarta.

Dikatakan Kapolda Banten, selama menjadi Kapolda Banten, Sigit dikenal amat dekat dengan kalangan pesantren dan ulama.

“Hingga kini pun, ia tetap ingat dan dekat dengan kalangan ulama,” kata Rudy, Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021, yang juga dekat dengan kalangan ulama Banten.

Pesantren Salafi ‘Tajul Falah’ berlokasi di Kampung Babakan Pedes, Dea Sipayung, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak. Kini, dipimpin K.H. Muhammad Suryana, generasi penerus alm. Abuya Umar, ulama dan pejuang kemerdekaan Indonesia di Banten. Pesantren tertua di Provinsi Banten ini didirikan pada 1948.

Kini di bangunan-bangunan yang menempati lahan seluas 9.000 meter persegi itu, tengah menjalani pendidikan sebanyak 65 santri dan 55 santriwati (120 orang). Alumni keluaran pesantren ini tak kurang dari 2.150 santri dan santriwati.

Bangunan pesantren ‘Tajul Falah’ terdiri atas gedung utama yang terdiri dari lantai  satu untuk kamar putri, lantai dua kamar putri dan majelis, dan perpustakaan di lantai tiga. Selain itu juga ada lagi tiga bangunan asrama untuk laki-laki –satu di antaranya merupakan bangunan baru.

“Lantai satu untuk kamar santriwati, merupakan bantuan Jenderal Sigit sewaktu masih menjadi Kapolda Banten,” kata Humas Polda Banten, Kombes Edy.

Seperti pengakuan Muhammad Suryana, ketika masih Kapoda Banten, Sigit juga banyak memberangkatkan marbot (ahli masjid) masjid dan musalah di daerah ini. “Ketika sudah  bertugas sebagai Kabareskrim di Jakarta, Pak Sigit juga tidak melupakan Banten,” ungkapnya.

Di bulan Desember 2020 ketika tahu Pesantren ‘Tajul Falah’ sedang membangun penambahan gedung, Sigit diam-diam mengirimkan bantuan berupa keramik, besi dan semen.

“Alhamdulillah, berkat bantuan Pak Sigit dan donatur lainnya, penambahan bangunan sudah rampung delapan puluh persen,” tutup Kiai Suryana ketika itu.

Anton Hermawan
Cakratara.com

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

TNI-Polri

Respon Cepat Polres Metro Jakarta Barat Diapresiasi Korsel

Published

on

Respon cepat Polres Metro Jakarta Barat menanggapi laporan kehilangan anak Korea Selatan mendapat apresiasi dari negeri penghasil ginseng.

JAKARTA, CAKRATARA – Respon cepat Polres Metro Jakarta Barat menanggapi laporan kehilangan anak WNA asal Korea Selatan (Korsel) mendapat apresiasi dari negeri penghasil ginseng.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya kedatangan dari Atase Kepolisan pihak Kedubes Korea Selatan untuk memberikan apresiasi berupa sertifikat penghargaan dari Kedubes Korea Selatan yang telah berhasil menemukan anak hilang (WNA) asal Korsel.

Hal tersebut, kata Ady merupakan salah satu bentuk pelayanan kepolisian kepada masyarakat bukan hanya warga pribumi saja warga negara asing berhak mendapatkan pelayanan dari kepolisan.

“Kami tak memandang siapa saja dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, siapa saja berhak mendapatkan pelayanan dari kami” tuturnya

Dalam kesempatan yang sama Atase Kepolisian kedubes korsel Mr. Byun Changbum mengatakan saya mewakili dari pihak kedubes korea Selatan sangat mengapresiasi atas kecepatan dan tanggap nya menerima informasi adanya anak hilang (WNA) asal korsel yang bernama Kim Ha Na

“Walaupun kami tidak membuat laporan hanya melalui dari ucapan saja respon dari polres metro jakarta barat sangat luar biasa sehingga bisa menemukan anak hilang tersebut,” ujarnya

Menurutnya ini merupakan hal yang luar biasa dan patut mendapat apresiasi atas keberhasilan tersebut

Pihaknya sudah menerima laporan tersebut sudah lama sekitar 6 bulan yang lalu dari keluarga namun tidak berhasil kami temukan, kemudian pihaknya berbincang dengan Polres Metro Jakarta Barat

“Alhasil anak tersebut bisa segera ditemukan oleh satreskrim Polres Metro Jakarta Barat dalam hal ini Subnit Jatanras, itu luar biasa sekali,” katanya

Oleh karena itu kami dari Atase Kepolisian Kedubes Korea Selatan sangat mengapresiasi gerak cepat dalam hal ini kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo dan kasat reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono dan jajaran sat reskrim Polres Metro Jakarta Barat

“Kami sangat mengapresiasi dan Kedatangannya tersebut untuk memberikan sertifikat penghargaan dari kedubes Korsel Mr. Park Tae Sung,” ucapnya

Dalam kehadirannya tersebut tampak terlihat pihak Polres Metro Jakarta Barat menyambut hangat atas kedatangan pihak korsel yang dikenal sebagai negeri ginseng tersebut

Setelah beramah tamah kemudian tampak terlihat pihak kedubes Korea Selatan kemudian memberikan sertifikat penghargaan yang diwakili oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo didampingi oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Joko Dwi Harsono

Untuk diketahui dalam hal ini pihak kedubes Korea Selatan memberikan penghargaan kepada anggota sat reskrim Polres Metro Jakarta Barat diantaranya Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat Akp Avrilendy Akmam Ajie Sulistyo, Kasubnit Jatanras Polres Metro Jakarta Barat Ipda M Rizky Ali Akbar beserta 13 personel anggota Jatanras Polres Metro Jakarta Barat.

Achmad Sulaiman (Eman)
Cakratara

Continue Reading

TNI-Polri

Ribuan Warga Ikuti Vaksinasi Massal Akabri 1990 di Sumbar

Published

on

Ribuan warga mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) angkatan 1990

PADANG, CAKRATARA – Ribuan warga mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan Alumni Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) angkatan 1990 secara serentak di seluruh Indonesia dalam momen 31 Tahun Gelar Akabri 90 Mengabdi Untuk Negeri, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Untuk di Sumatera Barat yang diikuti ribuan warga penyelenggaraan vaksinasi dilangsungkan di Hall Exhibition Universitas Putra Indonesia (UPI), Hall serba guna HTT, dan di Auditorium Universitas Negeri Padang, Selasa (26/10/21).

Kombes Pol K. Rahmadi, MH selaku alumni Akabri 1990 yang bertugas sebagai Irwasda Polda Sumbar mengatakan, pergelaran vaksinasi yang berlangsung di tiga lokasi tersebut melebihi dari yang ditargetkan.

“Untuk di UPI sendiri kita menargetkan 2.000 orang, namun sampai sekarang sudah mendekati itu. Di HTT kita targetkan 100 orang, pendaftarnya sudah sampai 1.300 orang. Kemudian Di UNP kita targetkan 2.000, Insya Allah kita sudah mendekati 2.000,” katanya saat meninjau vaksinasi di UPI.

Kombes Pol K. Rahmadi menerangkan, untuk sasaran vaksinasi tersebut adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Untuk kategori anak sekolah (pelajar) dilaksanakan di UPI.

“Kalau untuk di HTT sasarannya adalah untuk masyarakat umum, di UNP sebagian dari adik-adik kita mahasiswa dan sebagiannya lagi untuk masyarakat umum,” ucapnya.

Lanjutnya, khusus pergelaran vaksinasi yang dilakukan oleh Akabri 90 di Sumbar, awalnya ditargetkan untuk 2.000 orang. Namun ia meminta tambahan vaksin untuk lebih dari target awal tersebut.

“Kami minta tambahan minimal 5.000 orang di Sumatera Barat,” pungkasnya.

“Dengan diadakannya vaksinasi yang dilakukan oleh Akabri 90 ini diharapkan dapat menambah jumlah capaian vaksinasi di Provinsi Sumatera Barat,” tutupnya.

(Damrizal)
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending