LEBAK, CAKRATARA – Warga Kampung Keong menyambut girang adanya bantuan air bersih yang didistribusikan oleh BPBD Kabupaten Lebak menggunakan Mobil tangki air.

Warga Kampung Keong langsung menyerbu dengan membawa ember, panci, baskom dan galon air ketika Mobil tangki air tiba di Kampung Keong, Desa Cikatapis, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak.

“Kami Warga Kampung Keong berharap bantuan air bersih diberikan secara rutin sehari minimal dua kali, pagi hari dan sore hari,” kata Herianto kepada Cakratara.com, Senin (5/4/21).

Menurut Heriyanto, bantuan air bersih sangat dibutuhkan Warga Kampung Keong karena sudah satu pekan air PDAM Tirta Multatuli tidak mengalir dan belum diketahui secara pasti penyebabnya.

“Denger – denger sih karena mesin pompanya rusak. Matinya air PDAM ya membuat kita kesulitan dalam menjalankan aktivitas harian, mau ini dan itu susah termasuk mau wudhu juga gak ada air,” katanya.

Pada saat ini, di dapur banyak piring kotor dan baju kotor, soalnya belum bisa nyuci kalau airnya gak ada.

“Tahu sendiri kalau nyuci baju itu kan gak butuh air seember. Kalau beli air isi ulang ya harus berapa galon, makanya sudah satu pekan ini kita juga jarang ganti baju kalau gak kotor – kotor amat,” katanya.

Ia berharap, air PDAM kembali mengalir karena menjadi kebutuhan pokok. Mudah-mudahan pihak PDAM cepat memperbaiki kendala kerusakannya.

“Tak ada air sehari saja kita sudah kelimpungan karena gak punya bak penampung air,” katanya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Febby Rizki Pratama menuturkan, sebanyak 2 unit armada Mobil Tangki Air dikerahkan mendistribusikan air bersih kepada pelanggan PDAM.

“Sudah seminggu tiap hari 2 ritase, seputar kalanganyar, ke Kampung Keong, Bojongkapunah, Aweh, Cirende.  Atas permintaan PDAm, dan inisiatif BPBD membantu mengurangi gejolak warga yang alami kekurangan air bersih,” katanya.

Kepala PDAM Tirta Multatuli Cabang Kawaci Dede menuturkan, satu mesin distribusi sudah datang.

“Baru mau dipasang dan diujicoba. Mohon do’anya semoga lancar dan air dapat secepatnya mengalir normal,” tutupnya.

Wahid Abdullah
Cakratara.com