LEBAK, CAKRATARA – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bangkit Kecamatan Sobang telah berhasil menggelar Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) diikuti sebanyak 32 siswa khusus untuk Paket C atau setara SMA yang digelar sejak Jumat (02/3/2021) sampai Minggu (04/3/2021).

Kegiatan UPK tersebut digelar dengan mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan siswa, pengawas maupun tutor menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain itu, panitia menyediakan fasilitas cuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum peserta masuk ruang ujian.

Hasil ujian kesetaraan sama dengan sekolah formal. Disamping itu, pendidikan Paket C bukan sebuah pelarian melainkan pilihan masyarakat yang tidak memiliki kesempatan masuk sekolah formal.

Dalam aturannya, lulusan pendidikan kesetaraan tetap bisa melanjut ke jenjang yang lebih tinggi termasuk di lembaga formal. Lulusan kesetaraan Paket C ini juga dapat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan lainnya.

Dalam kesempatannya, Kepala Bidang PAUD PNF dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Irawan hadir langsung meninjau pelaksanaan ujian dan mengapresiasi ujian kesetaraan tersebut.

“Leran PKBM sangat penting dalam memajukan pendidikan, termasuk di Kecamatan Sobang khususnya,” kata Irawan.

Selain mengapresiasi hadirnya PKBM Bangkit yang melaksanakan UPK setara Paket C di Sobang, Irawan juga menghimbau kepada para pengurus PKMB Sobang untuk turut serta memajukkan masyarakat Sobang melalui berbagai program yang ada dengan terus menjalin hubungan dengan instansi dan dinas terkait.

Kosasih
cakratara.com 2021