Connect with us

Politik

Pendiri AMC Soal Bendungan Cikopo: Dokumen Dukungan Diterima Presiden dan PUPR

Published

on

Pendiri Aliansi Masyarakat Cerdas atau AMC. (Carkatara)

LEBAK, CAKRATARA – Pendiri Aliansi Masyarakat Cerdas (AMC) Buya Sujana Karis menegaskan ketidakbenaran adanya permintaan tanda tangan surat penolakan dari para Kepala Desa mewakili masyarakat terdampak Bendungan Cikopo di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pasalnya, masyarakat sudah menentukan dukungannya pada survey kajian sosial pada saat Tim Konsultan dari BBWSC3 melaksanakan kajian sosial yang kemudian diserahkan kepada Kementerian PUPR dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Jika ditemukan dokumen surat penolakan yang mengatasnamakan pihak desa, maka Kepala Desa menyatakan patut diragukan keabsahannya,” tegas Buya, Selasa (30/3/21).

Pendiri AMC yang juga Ketua, Buya mengatakan, penyerahan dokumen klarifikasi dan dukungan tersebut telah diterima yang mana hal ini sejalan dengan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun Jalan Tol sebagai salah satu komponen strategis dalam membantu kelancaran akses di seluruh Wilayah di indonesia.

Presiden RI Ir.H.Joko Widodo juga mendorong pembangunan di semua lini agar semua kegiatan perekonomian di Indonesia dapat berjalan secara paralel mendukung sektor lainnya sehingga dapat mendongkrak kemajuan Bangsa Indonesia di masa depan.

Diterangkan Buya, sebelumnya para Kepala Desa dan masyarakat dianggap menolak adanya Bendungan Pasirkopo Leuwidamar, kemudian dijadikan lampiran pada surat Bupati Lebak Nomor : 611.11/ 3607 / – PEM/2020 perihal “Penolakan Rencana Pembangunan Bendungan Pasirkopo di Kecamatan Leuwidamar”.

“Hal ini yang kemudian mengganggu proses tahapan pembangunan Bendungan Pasirkopo Leuwidamar, dikarenakan surat Bupati tersebut dianggap tidak mendukung program Presiden RI Joko Widodo yang begitu perhatian mementingkan kepentingan Negara dan masyarakat banyak,” kata Buya.

Apalagi, kata dia, dalam surat Bupati menyebutkan keinginan dipindah ke lokasi lain yang diduga sama sekali belum pernah ada kajiannya yang terkesan mempermainkan program pemerintah.

“Kajiannya sudah dari tahun 1995 dan mengeluarkan banyak biaya kok ditolak, sedangkan tempat yang diinginkan Bupati diduga sama sekali belum ada kajiannya, aneh bin ajaib, patut diduga syarat kepentingan segelintir orang,” tandas Buya Karis yang juga Ketua Umum Badak Banten.

Sementara, para Kepala Desa dan masyarakat terdampak bersama-sama menyatakan sikap dan pernyataan mendukung hasil survey dan kajian sosial oleh Konsultan BBWSC3 yang menyatakan masyarakat tidak berkeberatan direlokasi dan siap mensukseskan di bangunnya Bendungan Pasirkopo Leuwidamar.

“Sebagai bahan dukungan maka AMC menyerahkan dokumen klarifikasi penolakan serta pernyataan dukungan percepatan pembangunan Bendungan Pasirkopo Leuwidamar kepada Kementrian PUPR, dan Presiden RI melalui Kantor Kepresidenan di Jakarta pada ( 29/03/2021),” terangnya.

Selain itu, dokumen juga telah disampaikan ke Kantor BBBWSC3, Gubernur Banten, DPRD Banten, dan tembusan lainnya akan disampaikan ke stakeholder lainnya.

“Semoga penyerahan fakta ini merupakan sebuah pembelajaran bahwa keadilan harus tetap dikibarkan oleh masyarakat. Pemerintah Pusat yang saat ini sedang membangun beberapa project di wilayah Banten harus diapresiasi. Karena perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan dan daya dukung sektor perekonomian di wilayah Banten salah satunya ditopang dengan dibangunannya akses Jalan Tol, Pembangunan Bendungan, Embung dan Normalisasi Situ telah menjadi hal yang kongkrit,” kata Buya.

Dalam kesempatan itu, Apih Hanapi Juru Bicara (AMC) mengatakan, hal yang tidak boleh diabaikan yakni soal pergantian lahan yang dipakai harus sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku, sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan. Hal lainnya, kata dia, terkait adanya pembangunan akses tersebut juga harus mangindahkan akses jalan lingkungan bagi warga yang tinggal di perbatasan area tersebut.

“Semoga adanya pembangunan di wilayah Kabupaten Lebak menjadi titik awal kebangkitan Kabupaten Lebak sebagai wilayah penyangga Ibukota yang cukup diperhitungkan baik oleh pemerintah maupun pihak investor,” tutup Hanapi.

Anton Hermawan
Cakratara.com 2021

 

Redaksi Cakratara.com melayani Hak Jawab, dan Hak Koreksi apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Politik

DPD PAN Sukabumi Adakan Pelatihan Pembekalan Kader

Published

on

(DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukabumi mengadakan kegiatan Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) yang diikuti para pengurus

SUKABUMI, CAKRATARA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukabumi mengadakan kegiatan Latihan Kader Amanat Dasar (LKAD) yang diikuti para pengurus dan perwakilan tiap wilayah yang ada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat bertempat di Gedung BK3D Cibadak pada Kamis (2/12/21).

Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Deni Sasmedi menjelaskan, bahwa latihan kader amanat dasar ini dilakukan secara menyeluruh di seluruh Indonesia, dan tadi sudah diadakan pemberian materi langsung oleh DPP PAN secara virtual.

“Tujuan diadakannya latihan kader amanat dasar ini yaitu membina para kader untuk lebih memahami arti perjuangan politik. Selain itu para kader ditekankan untuk menjalankan misi dan visi yaitu bersosialisasi berdekatan dengan masyarakat dan merealisasikan yang diharapkan oleh masyarakat,” ucap Deni Sasmedi.

Partai PAN merupakan salah satu partai yang berhasil menempatkan perwakilan dewan dari tiap wilayah pemilihan di Kabupaten Sukabumi dari 6 wilayah pemilihan Partai PAN semua ada perwakilan yang menjadi dewan di DPRD Sukabumi.

Kegiatan LKAD PAN yang dihadiri 60 peserta berjalan lancar dan para peserta begitu serius dalam mengikuti pelatihan.

Salah satu peserta menambahkan, bahwa kegiatan ini sangat positif untuk pembekalan bagi para kader dalam mewujudkan cita cita partai.

“Para kader nantinya akan lebih terlatih dalam bertugas untuk memenangkan Partai PAN di tiap wilayahnya,” tutup salah satu peserta LKAD.

Nandang Setiawan (Meionk)
Cakratara

Continue Reading

Politik

Dorong Masyarakat Sejahtera, Anggota DPRD Banten Salurkan UEP

Published

on

Sebagai bentuk bantuan dorong masyarakat Banten sejahtera, Anggota DPRD Banten menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

TANGERANG, CAKRATARA – Sebagai bentuk bantuan dorong masyarakat Banten sejahtera, Anggota DPRD Banten Muhammad Nizar bersama Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Banten didampingi Camat Jatiuwung menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) di Kota Tangerang pada Selasa (30/11/21).

“Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) menyasar kepada masyarakat yang mulai usaha tapi minim modal baik itu usaha warungan atau usaha Tataboga, kriteria masyarakat yang mendapatkan bantuan ini jelas masyarakat yang tidak mampu atau kekurangan modal, kami di legislatif bersama pemerintah Banten sepakat bentuk bantuan dorong masyarakat Banten sejahtera ini berupa barang langsung seperti Beras, Gula, Oven, Blender, tepung terigu dan sebagainya yang sesuai dengan kriteria bentuk usahanya,” terang Muhammad Nizar.

Pada kesempatan ini, Muhammad Nizar mengatakan di masa Covid-19 bantuan-bantuan usaha sangat penting agar ekonomi masyarakat stabil.

“Mudah-mudahan bantuan UEP Benten ini bermanfaat untuk penerima. Harapan kami penerima bantuan ini benar-benar memaksimalkan untuk usaha, hasilnya bisa terus berkembang sehingga program ini bisa berlanjut di tahun yang akan datang,” harap Muhammad Nizar

Bantuan UEP ini awalnya target penerima 2.500 Warga Banten, namun karena dampak Covid-19 penerima hanya 1.900 Warga Banten.

“Kedepan kita akan naikan jumlah penerima bantuan UEP ini, agar merata menyentuh ke semua warga Banten. Saya sebagai Ketua Komisi V yang membidangi kesejahteraan masyarakat, dari awal saya dilantik menjadi Anggota DPRD Banten konsen saya mengenai bagaimana dorong masyarakat Banten sejahtera dan jumlah masyarakat miskin Banten menurun,” tutup Muhammad Nizar.

Diketahui, Muhammad Nizar Anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Gerindra Dapil A Kota Tangerang.

Mustofa Ali
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Cakratara.com Klik allow notifications untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Dismiss
Allow Notifications