Connect with us

Politik

Pendiri AMC Soal Bendungan Cikopo: Dokumen Dukungan Diterima Presiden dan PUPR

Published

on

Pendiri Aliansi Masyarakat Cerdas atau AMC. (Carkatara)

LEBAK, CAKRATARA – Pendiri Aliansi Masyarakat Cerdas (AMC) Buya Sujana Karis menegaskan ketidakbenaran adanya permintaan tanda tangan surat penolakan dari para Kepala Desa mewakili masyarakat terdampak Bendungan Cikopo di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Pasalnya, masyarakat sudah menentukan dukungannya pada survey kajian sosial pada saat Tim Konsultan dari BBWSC3 melaksanakan kajian sosial yang kemudian diserahkan kepada Kementerian PUPR dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Jika ditemukan dokumen surat penolakan yang mengatasnamakan pihak desa, maka Kepala Desa menyatakan patut diragukan keabsahannya,” tegas Buya, Selasa (30/3/21).

Pendiri AMC yang juga Ketua, Buya mengatakan, penyerahan dokumen klarifikasi dan dukungan tersebut telah diterima yang mana hal ini sejalan dengan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun Jalan Tol sebagai salah satu komponen strategis dalam membantu kelancaran akses di seluruh Wilayah di indonesia.

Presiden RI Ir.H.Joko Widodo juga mendorong pembangunan di semua lini agar semua kegiatan perekonomian di Indonesia dapat berjalan secara paralel mendukung sektor lainnya sehingga dapat mendongkrak kemajuan Bangsa Indonesia di masa depan.

Diterangkan Buya, sebelumnya para Kepala Desa dan masyarakat dianggap menolak adanya Bendungan Pasirkopo Leuwidamar, kemudian dijadikan lampiran pada surat Bupati Lebak Nomor : 611.11/ 3607 / – PEM/2020 perihal “Penolakan Rencana Pembangunan Bendungan Pasirkopo di Kecamatan Leuwidamar”.

“Hal ini yang kemudian mengganggu proses tahapan pembangunan Bendungan Pasirkopo Leuwidamar, dikarenakan surat Bupati tersebut dianggap tidak mendukung program Presiden RI Joko Widodo yang begitu perhatian mementingkan kepentingan Negara dan masyarakat banyak,” kata Buya.

Apalagi, kata dia, dalam surat Bupati menyebutkan keinginan dipindah ke lokasi lain yang diduga sama sekali belum pernah ada kajiannya yang terkesan mempermainkan program pemerintah.

“Kajiannya sudah dari tahun 1995 dan mengeluarkan banyak biaya kok ditolak, sedangkan tempat yang diinginkan Bupati diduga sama sekali belum ada kajiannya, aneh bin ajaib, patut diduga syarat kepentingan segelintir orang,” tandas Buya Karis yang juga Ketua Umum Badak Banten.

Sementara, para Kepala Desa dan masyarakat terdampak bersama-sama menyatakan sikap dan pernyataan mendukung hasil survey dan kajian sosial oleh Konsultan BBWSC3 yang menyatakan masyarakat tidak berkeberatan direlokasi dan siap mensukseskan di bangunnya Bendungan Pasirkopo Leuwidamar.

“Sebagai bahan dukungan maka AMC menyerahkan dokumen klarifikasi penolakan serta pernyataan dukungan percepatan pembangunan Bendungan Pasirkopo Leuwidamar kepada Kementrian PUPR, dan Presiden RI melalui Kantor Kepresidenan di Jakarta pada ( 29/03/2021),” terangnya.

Selain itu, dokumen juga telah disampaikan ke Kantor BBBWSC3, Gubernur Banten, DPRD Banten, dan tembusan lainnya akan disampaikan ke stakeholder lainnya.

“Semoga penyerahan fakta ini merupakan sebuah pembelajaran bahwa keadilan harus tetap dikibarkan oleh masyarakat. Pemerintah Pusat yang saat ini sedang membangun beberapa project di wilayah Banten harus diapresiasi. Karena perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan dan daya dukung sektor perekonomian di wilayah Banten salah satunya ditopang dengan dibangunannya akses Jalan Tol, Pembangunan Bendungan, Embung dan Normalisasi Situ telah menjadi hal yang kongkrit,” kata Buya.

Dalam kesempatan itu, Apih Hanapi Juru Bicara (AMC) mengatakan, hal yang tidak boleh diabaikan yakni soal pergantian lahan yang dipakai harus sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku, sehingga masyarakat tidak merasa dirugikan. Hal lainnya, kata dia, terkait adanya pembangunan akses tersebut juga harus mangindahkan akses jalan lingkungan bagi warga yang tinggal di perbatasan area tersebut.

“Semoga adanya pembangunan di wilayah Kabupaten Lebak menjadi titik awal kebangkitan Kabupaten Lebak sebagai wilayah penyangga Ibukota yang cukup diperhitungkan baik oleh pemerintah maupun pihak investor,” tutup Hanapi.

Anton Hermawan
Cakratara.com 2021

 

Redaksi Cakratara.com melayani HAK JAWAB, dan HAK KOREKSI, apabila ada keberatan atau ketidakpuasan dengan pemberitaan kami dan menjadi sengketa.

Politik

PKS Selenggarakan Sunat Massal Gratis di Cirinten

Published

on

Partai Keadilan Sosial (PKS) menyelenggarakan sunatan massal secara gratis diikuti 23 anak yang dilaksanakan di Jalan Perapatan Citiis Raya

LEBAK, CAKRATARA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyelenggarakan sunatan massal secara gratis diikuti 23 anak yang dilaksanakan di kediaman Dowi di Jalan Perapatan Citiis Raya, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten pada Sabtu (19/6/21) pukul 08.00 WIB.

Penyelenggaraan sunatan massal ini dipimpin langsung oleh H.Muktaf selaku Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera Cirinten, H. Muktaf Cirinten beserta jajarannya yang disaksikan oleh Iip Makmur selaku Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Lebak Banten.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD PKS, Iip Makmur mengatakan, bahwa pihaknya akan senantiasa terus melayani dengan membantu sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat.

“Jangan sampai berhianat kepada masyarakat. Insya Allah kami akan selalu hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena kami lahir dari masyarakat, kami hadir bersama rakyat, kami akan berjuang bersama takyat, kami pun akan merasakan hidup dan mati bersama rakyat,” tutur Ketua DPD PKS, Iip Makmur.

Sementara itu, salah seorang warga Kelepu, yang merupakan orang tua anak yang mengikuti sunatan massal, Ani merasa senang dengan adanya sunatan massal gratis ini, karena disaat pandemi dengan sulitnya ekonomi dirinya merasa sangat terbantu.

Ani juga mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya sunatan massal ini yang diselenggarakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mana kebetulan anaknya sampai saat ini belum di sunat karena belum ada rezekinya.

Alhamdulillah berkat kepedulian PKS anak kami dan yang lainnya bisa di sunat,” kata Ani.

“Kami juga sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sudah menyelenggarakan sunatan massal secara gratis. Semoga ke depannya PKS semakin sukses dan tetap selalu ada untuk masyarakat,” tutupnya.

Cs Suteja
Cakratara

Continue Reading

Politik

DPW PKB Kuatkan Mesin Partai Dorong Ketum Presiden 2021

Published

on

DPW PKB Banten terus melakukan berbagai kegiatan penguatan mesin di seluruh wilayah Provinsi yang diawali pengurus tingkat Kecamatan

PANDEGLANG, CAKRATARA – DPW PKB Banten terus melakukan berbagai kegiatan penguatan mesin PKB di seluruh wilayah Provinsi Banten yang diawali oleh segenap pengurus PKB tingkat Kecamatan dapil 3, 4 dan 5 Kabupaten Pandeglang berlangsung di Gedung PGRI Cibungur Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang, Banten, Jum’at (11/6/2021).

Menurut Ahmad Fauzi Ketua DPW PKB Banten, kegiatan ini merupakan follow up dari amanah Muswil DPW PKB Banten 2020, yaitu mendorong Ketum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) untuk ikut dalam kontestasi Presiden tahun 2024 nanti dan kegiatan up grading ini mejadi forum penyamaan persepsi serta maping program pemenangan.

Lebih lanjut Fauzi menyampaikan up grading dengan dapil terbatas sebagai upaya penguatan pemenangan, hal ini dilakukan lebih mikcro yaitu berbasis kecamatan juga dapil terbatas agar semua program elektoral bisa langsung dilaksanakan serta diharapkan memiliki dampak positif pada kemajuan elektoral PKB dan suksesnya Gus A. Muhaimin Iskandar ( Gus AMI) sebagai Presiden 2024.

Sekretaris DPW PKB Banten H. Umar Barmawi hadir memberikan sambutan dan arahan, Up grading ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, tidak terlalu banyak yang akan dibahas karena fokus pada langkah tehnis pemenangan.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pandeglang Nawawi Nurhadi,SE menuturkan kegiatan ini sepenuhnya diselenggarakan DPW PKB Banten, karena peserta yang diundang dari DPAC yang memang dalam pembinaan menjadi domain DPW PKB Banten, setelah ini kami DPC PKB Kabupaten Pandeglang akan melaksanakan kegiatan yg serupa dengan peserta dari pengurus ranting atau tingkat desa.

“PKB ini partai besar yang didirikan oleh para ulama, saya mengharapkan dengan diadakannya kegiatan Upgrading ini pengurus dari tingkat ranting, PAC dan semua tingkatan agar lebih solid lagi, terutama PKB di Kabupaten Pandeglang dan kami juga akan menyelenggarakan kegiatan yang sama dengan peserta dari pengurus ranting agar kedepan PKB Kabupaten Pandeglang bisa mencapai target 10 kursi DPRD Kabupaten Pandeglang,” ucapnya

Ditempat yang sama Khumaedi, SE selaku wakil ketua Fraksi PKB menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kepengurusan Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta pengurus ranting di 3 dapil yakni dapil 3, 4 dan dapil 5 hal ini bertujuan untuk misi PKB kedepan, dan bukan dapil 3,4,5 saja semua dapil akan diselenggarakan upgrading ini baru awal selanjutnya menyusul.

“Selain itu kami (Dewan) PKB Kabupaten Pandeglang khususnya akan terus berusaha memikat dan mendekatkan diri pada lapisan masyarakat mulai dari kaum millenial yang berbagai profesi, ulama, santri untuk mencoba dekat dan terus mengajak menjadi kader maupun partisan PKB kedepan dengan warisan pendiri oleh para ulama untuk tetap menjaga keharmonisan,” tutupnya.

Yeyen Sudrajat
Cakratara

Continue Reading
Advertisement

Facebook

Trending

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi