BANYUWANGI, CAKRATARA – Pemerintah Desa Mangir didampingi Babinsa Desa Mangir melaksanakan kegiatan normalisasi sungai sebagai upaya rekayasa untuk mengembalikan kapasitas tampung sungai di Dusun Kapelaan, Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (27/03/2021).

Normalisasi sungai tersebut dengan tujuan untuk menormalkan kembali lintasan aliran sungai hingga mampu menampung debit air yang meningkat disaat musim penghujan.

Dengan ketidakmampuan ruang kapasitas sungai untuk menjalankan fungsinya sebagai sarana lintasan air, maka dilaksanakan kegiatan normalisasi sungai dengan menggunakan alat berat atau ekskavator untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

Dalam kesempatannya, Babinsa Desa Mangir Serda Triyanto mengatakan, kegiatan tersebut agar berjalan lancar dan aman.

“Kami berharap dengan dilakukan normalisasi sungai, aliran sungai bisa kembali normal dan mampu menampung debit air yang meningkat disaat musim penghujan, sehingga bahaya bencana banjir pun bisa terminimalisir,” ujar Serda Triyanto.

Triyanto menjelaskan, salah satu masalah penyebab bencana banjir adalah sampah. Menurutnya, sampah yang masuk ke aliran sungai jumlahnya sangat banyak, sehingga menumpuk di beberapa titik seperti jembatan dan pinggiran sungai yang menghambat aliran sungai tersebut.

“Salah satu upaya kita untuk mencegah adanya banjir yaitu dengan melakukan normalisasi aliran sungai dari sampah dan material lain yang mengambat aliran air. Agar kegiatan ini tepat sasaran dan efektif kita mengajak para pemuda Desa Mangir dan warga setempat untuk melakukan kerja bakti atau gotong royong agar cepat selesai,” tutupnya.

Satrawi (Darwis)
Cakratara.com 2021